Taḥlīl Al-Akhtā’ Al-Lughawiyyah Fī Al-Muhādaṡah Al-Yaumiyyah Ladā Aṭ- Ṭālibāt bi Maskani Al-Madrasah Aṡ-Ṡānawiyyah Ad-Dīniyyah Al-Ḥukūmiyyah Al-Khāṣṣah Sūrākartā / Analysis Of Muhādasah Yaumiyyah Errors in MAPK MAN 1 Surakarta Students

Authors

  • Hidayatul Khoiriyah MA Sunan Pandanaran Yogyakarta
  • Muhammad Jafar Shodiq Pendidikan Bahasa Arab

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2021.072-02

Keywords:

Language Error Analysis, Muhādasah Yaumiyyah, MAPK MAN 1 Surakarta, Analisis Kesalahan Berbahasa

Abstract

This study aims to determine the forms of muhādasah yaumiyyah errors, determine the factors that cause these errors and efforts to reduce muhādasah yaumiyyah errors that occur in the MAPK MAN 1 Surakarta Girls Dormitory. This is qualitative research and is descriptive-analytic. Data collection techniques were carried out using observation, interviews, and documentation methods.

The results of this study indicate that: (1) The forms of language errors that occur in muhādasah yaumiyyah consist of 3 kinds, namely: morphological errors as much as 10.8%, syntactic errors as much as 48.6%, and language interference errors or daily dialects. day as much as 40.5%. (2) The factor causing the muhādasah yaumiyyah error is low motivation in Arabic. This is shown from the statistical results of the students' lack of interest in Arabic as much as 43.75%. As for the lack of mastery of students' mufrādat. This is shown from the statistical results as much as 62.5% of students lack mastery of Arabic mufrādat. (3) Efforts made to reduce muhādasah yaumiyyah errors are to increase interest and motivation in Arabic for students, teachers, and musyrīfah. In addition, according to the researcher, additional intensive efforts are needed, namely by holding regular Islāh al-lughah every week.

Keywords: Language Error Analysis, Muhādasah Yaumiyyah, MAPK MAN 1 Surakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan muhādasah  yaumiyyah,  mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut dan upaya untuk mengurangi kesalahan muhādasah yaumiyyah yang terjadi di Asrama Putri MAPK MAN 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang terjadi dalam muhādasah yaumiyyah terdiri dari 3 macam yaitu : kesalahan morfologi sebanyak 10,8%, sintaksis sebanyak 48,6%, dan kesalahan interferensi bahasa atau dialek sehari-hari sebanyak 40,5%. (2) Faktor penyebab kesalahan muhādasah yaumiyyah adalah motivasi yang rendah dalam berbahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik kurangnya minat siswa terhadap bahasa Arab sebanyak 43,75%. Adapun kurangnya penguasaan mufrādat siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik sebanyak 62,5% siswa kurang menguasai mufradat bahasa Arab. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan muhādasah yaumiyyah  adalah dengan meningkatkan minat dan motivasi berbahasa Arab bagi siswi, guru, dan musyrifah. Selain itu, menurut peneliti juga diperlukan upaya intensif tambahan yaitu dengan mengadakan Islāh al-lughah rutin setiap minggunya.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan Berbahasa, Muhādasah Yaumiyyah, MAPK MAN 1 Surakarta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ajrami, Ali Mona, dan Hala Hosni Beidas. “Tahlīl Al-Akhtā’ Al-Lughawiyyah Li Dirāsiy Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Al-Mustawā Ar-Rābi’ Min Aṭ-Ṭalabah Kūriyyīna (Korean) Fī Markāz Al-Lughāt/ Al-Jāmi’ah Al-Urdūniyah (Jordan).” Dirāsat : Al-‘Ulūm al-Insāniyyah, no. 42 (2015).

Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Damhuri. “Al-Akhtā’ Al-Lughawiyyah Al-Kitābiyah Ladā Aṭ-Ṭullāb Qismu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah (Dirāsah Li Ṭullāb Qismu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah bi Jāmi’ah Sultan Amai Al-Islāmiyyah Al-Hukūmiyyah Gorontalo.” LANGKAWI Vol. 2, no. 2 (2016).

Fadillah, Roojil. “Tahlīl Al-Akhtā’ An-Nahwiyyah Al-Lughawiyya Fī Al-Khiṭābah Al-Minbariyyah (Dirāsah Ḥāliyah).” Jurnal MAHARAT Vol. 1, no. 1 (2018). https://doi.org/10.18196/mht.115.

———. “Tahlīl Al-Akhtā’ An-Naḥwiyyah Al-Lughawiyyah ‘Inda Al-Muhādaṡah Al-Yaumiyyah (Dirāsah Ḥāliyah Muqāranah).” LISANIA Vol. 1, no. 2 (2017).

Haniah. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.” Arabi Vol. 3, no. 1 (2018). http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i1.62.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Jassem, Ali Jassem. Nażariyyat Tahlīl Al-Akhtā’ Fī Turāṡ Al-‘Arabiy. Saudi: Madīnah Al-Munawwarah : Ma’had Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Ghairi An-Nāṭiqin Bihā, 2010.

Nurkholis. “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol. 1 (2018).

Pranowo. Analisis Pengajaran Bahasa: Untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Guru Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University, 1996.

Qadir, Abdul. “Tahlīl Akhtā’ Al-Imlā’iyyah Fī Kitābati Aṭ-Ṭullāb Fī Al-Mustawā Ar-Rābi’ (Dirāsah Waṣfiyyah Fī Qismi Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah bi Jāmi’ati Hāsyim Asy’arī Al-islāmiyyah Tebu Ireng Jombang).” Jurnal At-Tadrīs Vol. 5, no. 1 (2017). https://doi.org/10.21274/tadris.2017.5.1.

Sumardi, Mulyanto. Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa, 1988.

Tarigan, Henry Guntur, dan Djago Tarigan. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1995.

———. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung, Indonesia: Angkasa, 1995.

———. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2011.

Toimah, Rusydi Ahmad. Al-Mahārat Al-Lughawiyyah: Mustawiyātuhā, Tadrīsuhā, Ṣu’ūbātuhā. Kairo: Dār Al-Fikr Al-‘Arabiy, 2004.

Umroh, Ida Latifatul. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum.” Dar El Ilmi Vol. 5, no. 2 (2018).

Verhaar, J.W.M. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.

Wahyudi, Imam, dan Sri Wahyuni Hakim. “Tahlīl Al-Akhtā’ Al-Lughawiyyah At-Taḥrīriyyah Fī Kitābati At-Tarkīb Al-Waṣfiy Ladā Ṭullāb Al-Madrasah Al-Mutawassitah Al-Islāmiyyah bi Ma’had Al-Kauṡar Al-‘Aṣri Pekanbaru.” Al-Manar: English And Arabic Journal Vol. 10, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24014/al-manar.v10.il.7984.

Downloads

Published

2021-10-28

Issue

Section

Articles