Penerapan, Kelebihan, dan Kelemahan Teka-teki Silang sebagai Instrumen Penilaian Formatif Kemampuan Pasif-Reseptif Kosakata Bahasa Arab Siswa/The Application, Strengths, and Weaknesses of Crossword Puzzles as a Formative Assessment Instrument for Students
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2021.072-08Keywords:
Crossword Puzzle, Teka-Teki Silang, Instrumen Penilaian Formatif, Kosakata bahasa Arab, Arabic Vocabulary, Formative Assessment InstrumentAbstract
This study examines the application of crossword puzzles as an assessment instrument because, researchers have the assumption that crossword puzzles have the potential as a formative assessment instrument for elementary school (SD) level. In this study, the authors use a mixed method research which begins with quantitative research and is refined with qualitative research. Quantitative in the form of experiments while qualitative uses descriptive analysis to support the experiments carried out. The research steps were carried out in three stages, namely the preparation, implementation and data analysis stages. Furthermore, there are five kinds of assessment instrument feasibility tests in this study, namely validity, reliability, objectivity, practicality, and economic tests. For the validity test there are some that are invalid so that they become a reference for researchers to see student competence and improve learning for the future, and the reliability test gets a high score of 0.825. Thus, Crossword Puzzle as formative assessment instrument in this research is said to be feasible as a formative assessment instrument in assessing students' passive-receptive vocabulary skills.
Keywords: Crossword Puzzle, Formative Assessment Instrument, Arabic Vocabulary
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pengaplikasian teka-teki silang sebagai instrumen penilaian karena peneliti memiliki asumsi bahwa media teka-teki silang berpotensi sebagai instrumen penilaian formatif untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian mix method yang diawali dengan penelitian kuantitatif dan disempurnakan dengan penelitian kualitatif. Kuantitatif dengan bentuk eksperimen sedangkan kualitatif menggunakan analisis deksriptif untuk mendukung eksprimen yang dilakukan. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Lebih lanjut, terdapat lima macam uji kelayakan instrumen penilaian dalam penelitian ini, yaitu uji validitas, reliabilitas, objektivitas, praktikalitas, dan ekonomis. Untuk uji validitas terdapat beberapa yang tidak valid, sehingga menjadi acuan peneliti untuk melihat kompetensi siswa dan memperbaiki pembelajaran untuk kedepannya dan uji reabilitas mendapatkan nilai yang tinggi yaitu 0,825. Maka, Teka-teki Silang (TTS) sebagai instumen penilaian formatif dalam penelitian ini diyatakan layak sebagai instrumen penilaian formatif dalam menilai kemampuan pasif-reseptif kosakata siswa.
Kata Kunci: Teka-Teki Silang, Instrumen Penilaian Formatif, Kosakata Bahasa Arab
Downloads
References
Abidin, Rahmat Zainal. “Penilaian Formatif Dan Penilaian Sumatif,” 2016.
Amalia, Nur Hikmah, and Nur Hidayat. “Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 1 (2018): 119–34.
Arif, Muh. “Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9, no. 1 (June 16, 2020): 1. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.1.1-15.2020.
Arikunto, Suharsimi. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi),” 2019.
Ashari, Ade Nur, Erwin Putera Permana, and Muhamad Basori. “Model Pembelajaran Scramble Didukung Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10, no. 1 (2022): 151–61.
Fajriah, Zahratun. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015): 107–26.
Febriansari, Ivaline, Ayi Sobarna, and Nurul Afrianti. “Pengaruh Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 4 Bandung,” 2021.
Hikmah, Nur, Fatkhul Ulum, and Mantasiah Mantasiah. “Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang.” Pinisi Journal of Education 1, no. 3 (n.d.): 187–95.
Huda, Nisa Fahmi. “Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2020): 100–115.
Listiana, Sanda Ayu. “Efektivitas Penggunaan Instrumen Penilaian Praktik Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Jurusan Tata Boga Kelas XI SMKN 3 Klaten,” 2013.
Mawaresna, Anis, and Muh Anwar. “Hubungan Antara Penguasaan Kosakata (Wortschatz) Dengan Kemampuan Membaca Memahami (Leseverstehen) Teks Bahasa Jerman Siswa Kelas XI.” Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics 1, no. 2 (2020): 153–58.
Nurazizah, Siti. “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Narasi Tulisan Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Di SDN Pangulah Selatan II Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2019-2020),” 2020.
Nurjanah, Sena Siti. “Penerapan Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Hasil Siswa Kelas Viii B Smp Muhammadiyah 6 Bandung,” 2014.
Nurjannah, Nurjannah. “Efektivitas Bentuk Penilaian Formatif Disesuaikan Dengan Media Pembelajaran.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 29, no. 1 (2017): 75–90.
Rakhmat, Jalaluddin. “Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Dan Analisis Statistik: Cetakan Ke 16,” 2014.
Riska, Riska, Muh Bachtiar Syamsuddin, and Misnawaty Usman. “Hubungan Antara Penguasaan Mufradat (Kosakata) Dengan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Di Kota Makassar.” Pinisi Journal of Education 1, no. 3 (n.d.): 144–50.
Ritonga, Apri Wardana. “Pengaruh Media Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School.” Studi Arab 11, no. 2 (2020): 73–86.
Riyanto, Slamet, and Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish, 2020.
Rosyidi, Abdul Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab,” 2011.
Setyawan, Ovi Gumelar. “Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV.” Jurnal Ortopedagogia 1, no. 4 (2015): 289–95.
Sida, Rahayu. “Implementasi Metode Qowa’id Wa Tarjamah Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Kelas V MIN 8 Panjang Utara Bandar Lampung,” 2021.
Sopyan, Danang Irawan. “Otak Atik Otak TTS & Sudoku.” Jakarta: Puspa Swara, 2015.
Subur, Subur. “Pembelajaran Kosakata Arab Pada Siswa Madrasah Aliyah Di Kabupaten Banyumas.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 1 (2021): 111–23.
Sugiyono. METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D). 3rd ed. Bandung: Alfabeta, 2017.
———. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” CV. Alfabeta, Bandung, 2008.
Sujarweni, V Wiratna. “Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami,” 2014.
Supriyati, Ninik. “Metode Penelitian Gabungan (Mixed Methods).” Widyaiswara BDK, 2015, 1–24.
Taufik Hidayat, TPG140665, Rts Magdalena, and Siti Maria Ulfah. “Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi,” 2018.
Wahidah, Robbiatul. “Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Bahasa Arab Daring Via WhatsApp Di Madrasah Tsanawiyah.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6, no. 6 (2020): 506–19.
Wahyuningsih, Sri. “Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Melalui Media Permainan Pohon Pintar.” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 2, no. 1 (2018): 18–32.
Yanti, Ayu Retno Duwi Prima, and Feri Tirtoni. “Parenting Patterns of Working Parents at Home and Working Parents Outside the Home in Formation of Children’s Character During the Covid-19 Pandemic.” Academia Open 6 (2022): 10–21070.