Implementation of Student Team Achievement Divisions (STAD) Learning Methods to Improve Nahwu Learning Outcomes for Class 4 Students at KMI Darussalam Gontor Modern Islamic Boarding School for Girls

Authors

  • Ihwan Mahmudi Darussalam Gontor University
  • Sammay Alfi Darussalam Gontor University
  • Azhar Nor Istanbul Zaim University

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2022.081-02

Keywords:

Learning Methods, Student Team Achievement Divisions (STAD), Learning Outcomes, Naḥwu, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the Student Team Achievement Divisions (STAD) method in improving the learning outcomes of Nawu for KMI Islamic Boarding School Darussalam Gontor Students. The research subjects were students of KMI class 4E. This research uses classroom action research (CAR) with Kemmis and McTaggart models. The research was conducted in three cycles, and each cycle consisted of four stages: planning, action, observation, and reflection. The results of the study showed that the application of theStudent Team Achievement Divisions (STAD) method couldimprove the learning outcomes of Nawu students of Kulliyyatu l-Mu'allimat Al-Islamiyah (KMI) Islamic Boarding School Darussalam Gontor for Girls campus onethe academic year 1440-1441 H. Although there was a decline at the cycle stage 2 after being developed and improved again, the Student Team Achievement Divisions (STAD) method can significantly increase the value of student learning outcomes. It can increase student activity in the learning process. Student learning outcomes in the first cycle with an average of 85, in the second cycle with an average of 83.1, and in the third cycle with an average of 90.45. These results indicate that the average cycle I to cycle II decreased and increased after the third cycle was held.

Keywords: Learning Methods, Student Team Achievement Divisions (STAD), Learning Outcomes, Nawu.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Nawu pada Siswi KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Subjek penelitian adalah siswi KMI kelas 4E. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Naḥwu siswi Kulliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1 tahun ajaran 1440-1441 H. Meskipun terjadi penurunan pada tahap siklus 2 namun setelah dikembangkan dan diperbaiki kembali metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan secara signifikan nilai hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswi pada siklus I dengan rata-rata 85, pada siklus II dengan rata-rata 83,1, dan pada siklus III  dengan rata-rata 90,45. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa rata-rata siklus I ke siklus II menurun, dan setelah diadakan siklus III mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar, Nawu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, Mahaishis Kusuma dan Muhammad. “Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal BASICEDU 5 no. 4 (2021).

Aidah, Siti Nur. Cara Efektif Penerapan Metode Dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: KBM Indonesia, 2020.

Ari Septian, Deby Agustina, Destysa Maghfirah. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisioon (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.” Mathema Journal 2, no. 2 (2020).

Artini, Ni Nyoman Mariani. “Pembelajaran Model STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara.” Jurnal Pedagogy 3, no. 1 (2016).

“Belajar,” n.d.

Dakhi, Agustin Sukses. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 8, no. 3 (2020): 350–61.

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: CV Budi Utama, 2017.

Dr.Hj.Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Endah, and Nashirudin. “Eksperimentasi Metode Mind Map Pada Pembelajaran Naḥwu Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2019): 85–100. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-05.

Gusbandono, Toto. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Dilengkapi Media Animasi Macromedia Flash Dan Plastisin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun Pel.” Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 2 No. (2013).

Hakim, Arif Rahman. “Jurnal Al-Maqoyis, Vol. 1 No. 1, Jan-Juli 2013 Mempermudah Pembelajaran Ilmu Naḥwu Pada Abad 20 Oleh: Arif Rahman Hakim” 1, no. 1 (2013).

Halim, Purnomo. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2019.

Hasanah, Aswatun, and Faiq Ilham Rosyadi. “Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar.” Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 4, no. 1 (2019): 89–103. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-06.

Hasyimi, Ahmad. “Al-Qowaid Al-Asasiyah Li-l-Lughoh Al-’Arabiyah.” Beirut Libanon: Daar Kutub Al-’Ilmiyah, n.d.

Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 2 (2017): 196.

Ir. Yendri Wirda, Dkk. “Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Jufri, Muhammad. “Efektivitas Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parepare.” Studi Pendidikan XV no. 2 (2017).

Khotidjah, Dewi. “Peningkatan Penggunaan Past Tense Dalam Text Recount Melalui Model STAD Pada Siswa.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 1 (2021).

Kurniawan, Yusep. Penerapan Model Pembelajaran KOPIBER Dengan Pemanfaatan Media Animasi Powerpoint Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Materi KPK Dan FPB Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kedungurang Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta: CV Kekata Group, 2019.

Kusnadi. Metode Pembelajaran Kolaboratif Penggunaan Tools SPSS Dan Video Scribe. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. (2013).

Mahdiansyah, Malem Sembiring, Teguh Supriyadi, Ikhya Ulumudin, and Sisca Fujianita. “Penilaian Pendidikan Sistem Penilaian Hasil Belajar Dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013,” 2017.

Mahmuddin, Ronny, Sekolah Tinggi, Ilmu Islam, and Arab Stiba. “Techniques in Learning Arabic Rules ( Naḥwu Science ) Based on Integration Theory” 6, no. 1 (2020): 142–50.

Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11 No (2017).

Nikmah, Erlita Hidaya, Achmad Fatchan, and Yuswanti Ariani Wirahayu. “Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Stad), Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Geografi 3, no. 3 (2016): 1–17.

Normasintasari. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 2 No. (2018).

Nugroho, U, and S S Edi. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berorientasi Keterampilan Proses.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5, no. 2 (2012): 1–1.

Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. Inovasi Model Pembelajaran. Nizmania Learning Center, 2016.

Nurhasanah, Siti. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. (2016).

Praptiwi. “Efektifitas Metode Kooperatif Tipe GI Dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Awal.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 3 No. (2012).

Pujiono, Rudi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VB SDN 047 Tarakan.” Journal of Education Research and Evaluation 1 no. 4 (2017).

Putrawangsa, Susilahudin. DESAIN PEMBELAJARAN Design Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Ed. 1 Cet. Mataram: CV. Reka Karya Amerta, 2018.

Rahman, Anwar Abd. “Sejarah Ilmu Naḥwu Dan Perkembangannya.” Jurnal Adabiyah Vol. X No (2010).

Rijal, Syamsu. “Hubungan Antara Sikap, Kemdirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. (2015).

Rini. “Ushul Al-Nahwi Al-Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Naḥwu.” Arabiyatuna Vol. 3 No. (2019).

Sehri, Ahmad. “Metode Pengajaran Naḥwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 7, no. 1 (2010): 47. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i1.108.47-60.

Suardi, Moh. Belajar Dan Pembelajaran. Sleman: Deepublish, 2012.

Suhendri, Huri. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar.” Jurnal Formatif Vol. 3 No. (2013).

Suwarsa, Wayan. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Educational Development 1 no. 2 (2020).

Taniredja, Tukiran, Efi Miftah. Faridli, and Sri Harmianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Utami, Santi. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22, no. 4 (2015).

Wahyuning, Ana. “Analisis Kesulitan Pembelajaran Naḥwu Pada Siswa Kelas Viii Mts Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 6, no. 1 (2017): 16–17.

Widodo, and Lusi Widayanti. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Fisika Indonesia 17, no. 49 (2014): 32–35.

Winarto. Penelitian Tindakan Kelas. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Seni dan Budaya, 2016.

Wirasanti, Swesty. “Efektifitas Metode Kooperatif STAD Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum.” Economic Education Analysis Journal Vol. 1 No. (2012).

Downloads

Published

2022-05-11

Issue

Section

Articles