Ta‘zῑz Al-Qayyim al-Akhlāqiyyah Bi Istirātijiyyah Al-Tawāṣul Asnā’a Ta‘lῑm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Fi ‘Asr Al-Ta‘allumi Al-Mustaqilli Bi Ma‘had Dāru as-Salām Jombang

Authors

  • Lailatul Qomariyah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Akhmad Sauqi Ahya STKIP PGRI JOMBANG
  • Faishol Mahmud Adam Ibrahim University Of The Holy Qur’an and Islamic Science, Sudan

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2022.081-04

Keywords:

Character Value, Independent Learning, Speaking Strategies, Nilai Karakter, Merdeka Belajar, Strategi Bertutur

Abstract

The aim of this study is to describe the speaking strategies in strengthening character values at learning arabic at the independent learning’s era in Darus Salam Islamic Boarding School.This research was designed with a qualitative approach, with the type of case study. A method for collecting data by observations in teaching Arabic language, and documenting the teacher's speech act’s strategy, and interviewing the context of these teacher’s actsand is analyzed by interactive model analysis. The results of this research are, strengthening character values by the communication strategy with two strategies: A) the direct strategy with five functions, 1) the request, 2) the command, 3) the invitation, 4) The hope, 5) The advice; b) the indirect strategy has two functions, 1) The request, and 2) The command. The results of this study contribute to the teacher's communication strategy in using appropriate verbal verbs as an attempt to build students who have a moral character and become more interactive and communicative learning while teaching Arabic. Therefore, it is necessary to conduct the following research to understand moral values through the educational materials for writing skill that include moral values in them in Arabic learning.

Keywords: Character Value, Independent Learning, Speaking Strategies

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bertutur dalam penguatan nilai karakter Pada pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darus Salam Jombang di era Merdeka Belajar. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data dengan observasi pembelajaran bahasa Arab, dan mendokumentasikan strategi tindak tuturnya, dan mewawancarai kontekstersebut dan Kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini adalah, penguatan nilai karakter melalui strategi bertutur dengan dua strategi: A) strategi langsung dengan enam fungsi, 1) permintaan, 2) perintah, 3) ajakan, 4) Harapan, 5 ) Nasihat; b) strategi tidak langsung memiliki dua fungsi, 1) Permintaan, 2) Perintah. Hasil penelitian ini berkontribusi pada strategi bertutur guru dalam menggunakan tindak tutur yang tepat sebagai upaya untuk membentuk siswa yang memiliki nilai karakter dan menjadi pembelajaran yang lebih interaktif dan komunikatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian berikut untuk memahami nilai-nilai karakter melalui materi pendidikan keterampilan menulis yang memuat nilai-nilai karakter di dalamnya pembelajaran bahasa Arab.

Kata kunci: Nilai Karakter, Merdeka Belajar, Strategi Bertutur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Ngurah, and Riski Restuaji. “Tindak Tutur Dan Nilai Karakter Pada Seni Tari Gambuh Yang Berjudul ‘ Swayamwara ’ Sesuai Dengan 18 Nilai Karakter Kurikulum 2013 Pendahuluan.” Linguistika 26, no. 2 (2019): 1.

Ahmad, Musta’in, Giyoto Giyoto, and Rochmat Budi Santoso. “Manajemen Pengembangan Karakter Muslim Moderat Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 1 (2021): 475. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2290.

Arani, Shohreh Shahpouri. “A Study of Directive Speech Acts Used by Iranian Nursery School Children: The Impact of Context on Children’s Linguistic Choices.” International Journal of Applied Linguistics and English Literature 1, no. 5 (2012): 163–75. https://doi.org/10.7575/ijalel.v.1n.5p.163.

Arifudin, Iman Syahid. “Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 2 (2015): 175–86.

Azhari, Ahmad Syaifudin, - Priono, and - Nuriadi. “Speech Acts of Classroom Interaction.” International Journal of Linguistics, Literature and Culture 4, no. 2 (2018): 24. https://doi.org/10.21744/ijllc.v4i2.639.

Daga, Agustinus Tanggu. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar” 7, no. 3 (2021): 1075–90. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

El-Dakhs, Dina Abdel Salam, Jawaher Nasser Alhaqbani, and Sofia Adan. “Female University Teachers’ Realizations of the Speech Act of Refusal.” Linguistics and Culture Review 5, no. S2 (2021): 1308–28. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns2.1821.

Fajar Nugraha, Riga Zahara. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 2156–63.

Fidia Tri Hera Ditaningsih, , Kartika Nur Septianti, Rini Puji Rahayu. “Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Amal Pendidikan 1, no. 2 (2020): 96–105.

Frafika Sari, Ima. “Indirect Speech Act of Spongebob Squarepants the Movie.” International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL) 1, no. 3 (2021): 203–6. https://doi.org/10.47709/ijeal.v1i3.1220.

George Yule. Al-Tadāwuliyyah. Beirut: Al-Dār Al-’Arabiyyah Li Al-’Ulūm Nāsyirūn, 2010.

Ibrahim, Rustam. “Deradikalisasi Agama Dalam Pemahaman Teks-Teks Literatur Pendidikan Pesantren.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 2, no. 2 (2016): 51. https://doi.org/10.21580/wa.v2i2.378.

Jauhari, Ade. “Realisasi Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas Xi Smkrealisasi Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas Xi Smk.” Diksi 25, no. 1 (2018): 112–21. https://doi.org/10.21831/diksi.v25i1.18851.

Lailatul Qomariyah, Mohammad Arif Setyabudi. “Politeness Strategies in Internalizing Moderation Value Used By Teacher of Arabic Language.” Asalibuna 5, no. 1 (2021): 82–97.

———. “Politeness Strategis in Internalizing Moderation Value Used By Teacher of Arabic Language.” Asalibuna: Majallah Al-Lughoh Al Arobiyyah Wa Ta’limuha 5, no. 1 (2021): 81–97.

Maisaroh. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta.” Pascasarjana UIN SUnan Kalijaga, 2016. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97.

Makruf, Imam, and Anisatul Barokah. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aktivitas Di Madrasah Ibtidaiyah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2020. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.03.

Martinez del Castillo, Jesus. “The Speech Act as an Act of Knowing.” International Journal of Language and Linguistics 3, no. 6 (2015): 31. https://doi.org/10.11648/j.ijll.s.2015030601.15.

Meilanie, R. Sri Martini. “Pengembangan Model Pembentukan Karakter Untuk Kemandirian, Disiplin, Kejujuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 11, no. 2 (2017): 281–92.

Muhammad Yamin, Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020): 126–36.

Muslimin, Rahmatan Idul. “Pengaruh Budaya Literasi Digital Terhadap Pembentukan Sikap Dan Karakter Masyarakat Dalam Pembatasan Sosial Akibat Pandemi Covid-19.” Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya 10, no. 3 (n.d.): 21–36.

Nisa, Khoirul Mudawinun. “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Living Values Education ( LVE ).” 2nd Proceeding Annual Conferemce for Muslim Scholars Kopertais Wilayah IV Surabaya 2nd, no. 2 (2018): 721–30.

Noza Aflisia, Aan Hasanah. “Character Education Model in Arabic Learning at Madrasah Aliyah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 2 (2020): 243. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062-05.

Nurhamida, Nurhamida, and Tressyalina Tressyalina. “Strategi Bertutur Dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia Pada Kegiatan Diskusi.” Pendidikan Bahasa Indonesia 8, no. 4 (2019): 21. https://doi.org/10.24036/106907-019883.

Padmawati, Herlina. “Nilai Pendidikan Karakter Pada Tindak Tutur Ilokusi Dan Perlokusi Dalam Kumpulan Teks Humor Buku Mukidi: Ruang Tertawa Bebas Pajak Karya Soetantyo Moechlas.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Pan, Weiwei. “Linguistic Basis of Humor in Uses of Grice’s Cooperative Principle.” International Journal of Applied Linguistics and English Literature 1, no. 6 (2012): 20–25. https://doi.org/10.7575/ijalel.v.1n.6p.20.

Purwanto, Yedi, Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifatanini, and Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110–24.

Qomariyah, Lailatul, and Mamluatul Hasanah. “Al-Af’al Al-Taujihiyyah Laday Al Muallimin Fi Tafaul Shoffiy Atsna’a Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyyah Ala Dhoui Nadhoriyyah Sinclair Wa Coulthard.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 6, no. 1 (2019): 159–84.

Sakti, Muhamad Fani, Yazida Ichsan, and Ikhsannudin Nur Hidayah. “Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Terhadap Karakter Peserta Didik” 6 (2021): 172–79.

Sampoerno, Mohd. Norma, and Fransisko Chaniago. “Kesantunan Imperatif Dan Strategi Bertutur Guru- Siswa Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Bahasa Indonesia Prima 3, no. 1 (2021): 92–100.

Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.

Siritman, Bahing, and Mayang Meilantina. “English Speech Acts of Directives in Class Interaction.” Ijlecr - International Journal of Language Education and Culture Review 6, no. 1 (2020): 1–8. https://doi.org/10.21009/ijlecr.061.01.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021): 165–73. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251.

Suryatin, Eka. “Penanaman Nilai Karakter Dalam Tindak Tutur Ilokusi Novel Anak Islam Peribahasa Terindah Karya S. Gegge Mappangewa.” Undas 16, no. 2 (2020): 327–40.

Syahnaidi, Muhammad Amin Qodri, and R. Umi Baroroh. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Muhammadiyah.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3, no. 2 (2018): 181. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97.

Ulfah, T. “Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2020, 727–36. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/386.

Uswatun Khasanah, Herina. “Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 21 (2020): 999–1015.

Wahidah, Yeni Lailatul, and Hendriana Wijaya. “Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech Pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahunajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1239.

Wulansari, Yulianti, and Cucu Suhartini. “Directive Speech Acts Realization of Indonesian Efl Teacher.” English Review: Journal of English Education 3, no. 2 (2015): 1–7. http://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE.

Yule, George. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Zaedi, Muhamad, and Redha Dwi Rizkia. “Analisis Model Pembelajaran Berkarakter Dan Relevansinya Tehadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa).” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6, no. 1 (2019): 20–39. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.105.

Downloads

Published

2022-05-23

Issue

Section

Articles