The Application Make Match Teaching Method in Improving the Speaking Skill of Students at Arabic Language Center Al-Qodiri 1 Jember

Penerapan Metode Pengajaran Make a Match dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Santri di Pusat Bahasa Arab Al-Qodiri 1 Jember

Authors

  • Akhmad Irsyad Asshiddiqi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moh. Hesbi Suhadak Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Miftakhul Huda Univesitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2023.091-03

Keywords:

Learning Method, Make a Match, Speaking Skills, Metode Pembelajaran, Keterampilan Berbicara

Abstract

This research has urgency as a way to solve the problem of difficulties in developing Arabic speaking skills for students of the Arabic Language Development Institute (LPBA) Al-Qodiri Islamic Boarding School 1 Jember. The aims of this study are as follows: 1) to explain how the Make a Match Method is used to improve the Arabic speaking skills of students at the Arabic Language Development Institute (LPBA) Al-Qodiri Islamic Boarding School 1 Jember, 2) to find out the obstacles that hinder the Use of the Make a Method Match to improve Arabic speaking skills of students of the Arabic Language Development Institute (LPBA) Al – Qodiri Islamic Boarding School 1 Jember. The Method used by researchers is descriptive qualitative. This study uses observation, interviews, and documentation in the data collection stage. This study uses data analysis with data reduction, presentation, and conclusion. Students of the Arabic Language Development Institute (LPBA) Al - Qodiri Islamic Boarding School 1 Jember were used as research subjects. The results showed that the Arabic speaking skills of students at the Al-Qodiri 1 Jember Islamic Boarding School (LPBA) could be improved through the Use of Make a-Match learning materials. While students who like to joke, students who do not understand the material, and students who are sleepy during learning are obstacles for teachers in using this learning method. Meanwhile, the ustadz's solutions include guiding the students who make jokes, class classifications, and yelling in Arabic to revive the spirit of the students.

Keywords: Learning Method, Make a Match, Learning Method, Speaking Skills

 

Abstrak

Penelitian ini memiliki urgensi sebagai cara untuk memberikan solusi dari masalah kesulitan mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk menjelaskan bagaimana Metode Make a Match digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember, 2) Untuk mengetahui hambatan yang menghalangi penggunaan Metode Make a Match untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa  Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Pondok Pesantren Al – Qodiri 1 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam tahap pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa  Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Pondok Pesantren Al - Qodiri 1 Jember dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab siswa  Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Pondok Pesantren Al - Qodiri 1 Jember dapat ditingkatkan melalui penggunaan materi pembelajaran Make a Match. Sedangkan siswa yang suka bercanda, siswa yang kurang memahami materi, dan siswa yang mengantuk pada saat pembelajaran menjadi kendala bagi guru dalam menggunakan metode pembelajaran ini. Sementaraitu, solusi ustaz antara lain membimbing santri yang membuat lawakan, klasifikasi kelas, dan yel-yel bahasa Arab untuk membangkitkan kembali semangat santri.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Make a Match, Keterampilan Berbicara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif, 2021. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/8793/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif.pdf.

Ahsan, Natasya. “Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata.” Prodising Semnasbama IV UM Jilid 1 1 (2020): 130–41.

Amri, Chusnul Khatimah, Muhammad Anwar, and Sarah Noviyanti Latuconsina. “Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Di Kabupaten Gowa Arabic Speaking Skills for Integrated Islamic Junior High School Students in Gowa Kabupaten Regency.” Pinisi Jurnal of Education 1, no. 1 (2021): 1–1. https://ojs.unm.ac.id/.

Ansari Siregar, Dian. “Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Swasta Baharuddin,” n.d.

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.

Daroeini, N. "Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab MAN 1 Metro." File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx 21, no. 1 (2020): 1–9.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.

Fatihah, A. “فعالية تطبيق نموذج التعليم Make a Match لتعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل السّابع بمدرسة محمّدية المتوسطة الإسلامية ١٥ لامونجان.‎,” 2020. http://digilib.uinsby.ac.id/42899/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/42899/2/Ainiyatul Fatihah_D92216058.pdf.

Hunainah. “Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Pada SDIT Al-Qonita Palangka Raya” 15 (2016).

Khasanah, Nginayatul. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia).” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 3, no. 2 (2016): 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16.

Kurnia, Heri, and Gilang Septera. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Academy of Education Journal 10, no. 02 (2019): 109–21. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.277.

M. Nur, Nala Khoiron. “Konstruksi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Spiritualitas Peserta Didik Di SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang.” Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/ 561, no. 3 (2019): S2–3.

Mega Utami, Sri. “Penerapan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar.” Braz Dent J. 33, no. 1 (2022): 1–12.

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya, 2020. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.

Rajak, Abdul. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah, 2020.

Saimun, S. “Penerapan Metode Make a Match Berbasis Pancingan Kata Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa ….” Jurnal Sosial Humaniora Sigli 5 (2022): 20–28. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH/article/view/628%0Ahttps://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH/article/download/628/609.

Shalihah, Hanifa Hasna. “Penerapan Metode Make a Match Berbasis Pancingan Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab.” ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 1, no. 2 (2018): 137–45. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.23553.

Sopiah, Hani Atus. “Penerapan Metode Make A Match Dalam Penguasaan Kosakata Untuk Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Darussalam Meranndung Jaya.” Skripsi, 2020.

Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.” LISANUNA Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 4, no. 2 (2015): 343–59. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/412.

Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif” 87, no. 1,2 (2017): 149–200.

فائق, صبري،. “فعالية نموذج التعليم التعاوني بنوع Make a Match لمهارة قراءة لدى تلاميذ السابع بمدرسة ‘نور الهدى’ لنهضة العلماء المتوسطة الإسلامية بقدس 2018-2019 (شبه تجريبي),” n.d.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles