The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students
Metode Fonetik dalam Pembelajaran Aswat dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2022.082-03Keywords:
Phonic Method, Aṣwat, Student Ability, Reading Skills, Metode Fonik, Kemampuan Siswa, Keterampilan MembacaAbstract
The application of traditional methods in learning Arabic is considered less successful, especially in introducing hijaiyyah letters, which results in stronger students' reading skills at the beginning level. The phonics method in Aṣwat learning is one of the many innovative language learning methods. A phonics method is a sound-based approach to teaching reading. This study aimed to see how much influence the phonics method had in teaching Aṣwat on students' reading skills at MIN Al-Muawanah Karawang. This research is an experimental one-group pretest-posttest design with the type of one-shot case study experiment. The research data were obtained from the pretest and posttest results, which who tested on a sample of 21 students at MIN Al-Muawanah Karawang. Data analysis and hypothesis testing used the normality test, one sample t-test, and paired sample t-test. The results of this study indicate that the difference in the average score of students before and after using the phonics method reached a difference of 55.89, where the initial, middle score was 7.22, and the average post-treatment score was 63.11. The difference in the mean scores was tested using a paired sample t-test with a significance value of 0.00 <0.05, which means that the use of the phonics method for nine fourth-grade students significantly affected students' beginning reading ability. Therefore, the results of this study can be used as an alternative to solving student problems in Aṣwat learning by educators, which has implications for increasing students' reading skills at the beginning level.
Keywords: Phonic Method, Aṣwat, Student Ability, Reading Skills
Abstrak
Penerapan metode tradisional dalam pembelajaran bahasa Arab dianggap kurang berhasil, terutama materi pengenalan huruf-huruf hijaiyyah yang berakibat pada lemahnya kemampuan membaca siswa pada level permulaan. Metode fonik dalam pembelajaran Aṣwat merupakan satu dari sekian banyak inovasi metode pembelajaran lingusitik. Metode fonik merupakan metode dengan pendekatan berbasis suara untuk mengajar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh metode fonik dalam pembelajaran Aṣwat terhadap kemampuan membaca siswa di MIN Al-Muawanah Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental one group pretest-porstest design dengan jenis ekperimen one-shot case study. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang diujikan pada sampel penelitian yang berjumlah 21 siswa MIN Al-Muawanah Karawang. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji normalitas, uji t Satu Sampel, dan Uji T Sampel Berpasangan. perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode fonik mencapai selisisih sebesar 55,89, di mana rata-rata nilai awal sebesar 7,22, dan rata-rata nilai pasca treatment sebesar 63,11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan nilai rata-rata tersebut diuji menggunakan paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti penggunaan metode fonik kepada 9 siswa kelas IV tersebut memiliki pengaruh yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini agar dapat dijadikan sebagai alternatif pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Aṣwat oleh para pendidik yang berimplikasi pada meningkatnya kemampuan membaca siswa pada level permulaan.
Kata Kunci: Metode Fonik, Aṣwat, Kemampuan Siswa, Keterampilan Membaca
Downloads
References
Abdullah, Mastura, Nor Mashitah Mohd Radzi, and Azizah Zain. “The Evaluation of Come and Read, Sayang! English Phonic Software as Teaching Aid to the Preschool Teachers.” Southeast Asia Early Childhood Journal 10, no. 1 (2021): 72–85. https://doi.org/https://doi.org/10.37134/saecj.vol10.1.7.2021.
Alfirdaus, Ahmad Zainun ’Amali. “Pengaruh Intonasi Dan Nada Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Kalam.” In Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 5:302–8, 2021. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/800.
Anggraini, Dinda Tri, and Ujang Efendi. “Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 9, no. 1 (2022): 19-3-. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602.
Apsari, Yanuarti. “Reflective Reading Journal in Teaching Writing.” Indonesian EFL Journal 4, no. 2 (2018): 39. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i2.1374.
Aranda, M.a Ángeles García. “La Enseñanza Del Español En Estados Unidos: El Componente Fónico En La Spanish Grammar, En El Vingut’s Ollendorff’s New Method y En Le Maître d’espagnol de Francisco Javier Vingut (1848, 1850, 1853 y 1854).” Onomázein 52, no. 04 (2021): 37–62. https://doi.org/10.7764/onomazein.52.04.
Astina, and Rahman. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Aṣwat.” Jurnal Ilmiah Studi Islam 3, no. 2 (2018): 35–44.
Aulina, Choirun Nisak. “Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2012): 131–44. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36.
Azhar Arsyad. Bahasa Dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Brooks, Greg. “Joseph Neef (1770-1854): A Forgotten Pioneer of Applying Phonetics and Regularised Phonic Materials To The Initial Teaching of Literacy In English.” Language & History 64, no. 1 (2021): 1–26. https://doi.org/10.1080/17597536.2020.1864983.
Ch, Hendrawanto. “Hots (Higher Order Thinking Skills) Through SPPKB (Learning Strategy for Improving Thinking Ability) in Learning ‘Qiroah’ Reading Skills Based on Contextual Learning As Implementation of 21st Century Learning in Higher Education.” Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE) 2, no. 1 (2020): 28–48. https://doi.org/doi.org/10.21009/ISLLAE.02103.
Dahniar. “Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 4, no. 8 (2016): 136–58.
Erdi, Sri Puja Paramitha, and Saridewi. “Pengaruh Metode Fonik Melalui Animasi Powerpoint Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembina.” Jurnal Golden Age 6, no. 01 (2022): 41–45. https://doi.org/https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v5i01.4195 Pengaruh.
Facchin, Andrea. “Whole-Part-Whole Reading Instruction in the Teaching and Learning of Arabic as a Foreign Language at Beginner Level.” Annali Di Ca’ Foscari. Serie Orientale 56 (2020): 177–96. https://doi.org/10.30687/AnnOr/2385-3042/2020/56/007.
Hapsari, Estuning Dewi. “Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa.” AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 20, no. 1 (2019): 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24.
Huda, Nurul. “Komponen-Komponen Pembelajaran Al-Kitâbah Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (2016): 1–26. https://doi.org/10.14421/almahara.2016.021-01.
Izzah, Meladia Aqidatul, and Ali Ma’sum. “Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1, no. 8 (2021): 1081–94. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094.
Khambali. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Qira ’ Ah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (2018): 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2018.041-03.
Kosasih. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 2014.
Layes, Smail, and Torkia Bouakkaz. “Predicting Word and Pseudoword Reading in Arabic-Speaking Children: The Independent Contributions of Phonological and Morphological Awareness and Visual Attention.” British Journal of Special Education 49, no. 2 (2022): 230–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1467-8578.12403.
Layes, Smail, Kheira Lazar, and Soulef Mecheri. “Do Learning Disabilities in Reading, Spelling and Numeracy Have Common Underlying Factors? Evidence from Arabic-Speaking Children Sample.” Applied Neuropsychology: Child 11, no. 4 (2022): 1–13. https://doi.org/10.1080/21622965.2022.2137024.
Marlina, Lina. “Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Pidato Bahasa Arab Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Metalingua 18, no. 2 (2019): 125–34.
———. Pengantar Ilmu Aṣwat. Bandung: Fajar Media, 2019.
Medina, Giovanna Beatriz Kalva, and Sandra Regina Kirchner Guimares. “Reading Of Students With Developmental Dyslexia: Impacts Of An Intervention With Phonic Method Associated With The Executive Functions Stimuli.” Revista Brasileira de Educação Especial 25, no. 1 (2019): 153–71. https://doi.org/https://doi.org/10.1590/S1413-65382519000100010.
Mufidah, Nuril, and Imam Zainudin. “Metode Pembelajaran Al-Aṣwat.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2018): 199–218. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03.
Mufrodi, Mufrodi. “Fonologi Dan Morfologi Bahasa Arab ’Amiyah Mesir.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2015): 192–215. https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2184.
Mulyono, Abdurrahman. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Muttaqiin, Arief. “Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Edusentris 2, no. 2 (2015): 116. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i2.165.
Natalia, Diana, and Lia Kurniawaty. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Indonesia Playschool.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 4948–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049.
Norfienti, Leni. “Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik Di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia Bukittinggi.” Jurnal Pesona PAUD 1, no. 1 (2012): 1–10.
Nurbayan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zain Al-Bayan, 2008.
Puspitasari, Enda. “Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini.” Educhild 01, no. 1 (2012): 67–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1626.
Putri, Soffya, Nadhirotul Laily, Prianggi Amelasasih, and Universitas Muhammadiyah Gresik. “Efektivitas Metode Fonik Terhadap Penurunan Tingkat Keterlambatan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun.” Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 7, no. 2 (2021): 171–84. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.4256.
Rosyidi, Abdul Wahab. “Penerapan Pola Nabr Dan Tanghim Dalam Maharah Al Kalam Mahasiswa Indonesia.” LiNGUA 11, no. 1 (2016): 46–53.
Santi Oktarina, Putu. “Literacy Development Dengan Metode Fonik Bagi Anak Usia Dini.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.707.
Saragih, Abella, and Iwan Wahyu Widayat. “Metode Fonik Dan Proximal Self Motivation Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.” Psikostudia: Jurnal Psikologi 9, no. 1 (2020): 26–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3589.
Shafriyani, Risma, Hasanuddin Hasanuddin, and Febby Apri Wenando. “Penerapan Metode Fonik Untuk Game Edukasi Penyandang.” Jurnal Fasilkom 9, no. 2 (2019): 358–68. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jf.v9i2.1393.
Tampubolon. Meningkatkan Minat Dan Kebiasaan Membaca Anak. Bandung: Angkasa, 2011.
Wulandari, Nawang. “Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 3, no. 01 (2020): 71. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/download/2089/1724.
Zaenudin, Ahmad, and Khozinul Asror. “Metode Mnemonic: Solusi Kreatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Nahwu Bagi Mahasiswa.” In Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 184–95, 2019.
Zakiatunnisa, Dinda Alfian Sukma, and Masiva Nada Faidah. “Problematika Pembelajaran Bahasa Aran Dan Solusinya Bagi Non-Arab.” Prosding SemnasbanaIV UM Jilid 2 4, no. 2 (2020): 489–98.