Utilization of Wordwall Media to Improve Learning Outcomes of Madrasah Aliyah Students in Arabic Language Learning in Cianjur, West Java
Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah pada Pembelajaran Bahasa Arab di Cianjur Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2023.092-02Keywords:
Hasil Belajar, Wordwall, Bahasa Arab, Arabic, Learning Outcomes, Media, TarkībAbstract
The results of learning Arabic in Tarkīb learning for grade X students at MAN 2 Cianjur generally have yet to reach the Minimum Completeness Criteria (KKM) set by the madrasah. This is due to the monotonous learning process and the need for more student activity in the learning process. Therefore, using innovative learning media that can make students actively ask questions and provide feedback in the learning process, including word wall learning media, is very important. This study aims to improve the Arabic learning outcomes of grade X MAN 2 Cianjur students on the rule material (tarkīb) using wordwall media. The research method used is classroom action research with data collection techniques in the form of observation, tests, and documentation. The results of this study show that word wall media can improve student learning outcomes in Arabic language subjects and rule material (tarkīb) for grade X students at MAN 2 Cianjur. Thus, word wall learning media can be an alternative solution for Arabic teachers who face problems related to low student learning outcomes on the rule material (tarkīb).
Keywords: Arabic, Learning Outcomes, Media, Tarkīb, Wordwall
Abstrak
Hasil pembelajaran bahasa Arab pada pembelajaran Tarkīb siswa kelas X MAN 2 Cianjur secara umum belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh pihak madrasah. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan perlunya lebih banyak keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran inovatif yang dapat membuat siswa aktif bertanya dan memberikan feedback dalam proses pembelajaran, termasuk media pembelajaran Wordwall, sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN 2 Cianjur pada materi kaidah (tarkīb) dengan menggunakan media Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab dan materi kaidah (tarkīb) siswa kelas X MAN 2 Cianjur. Dengan demikian, media pembelajaran Wordwall dapat menjadi alternatif solusi bagi guru bahasa Arab yang menghadapi permasalahan terkait rendahnya hasil belajar siswa pada materi kaidah (tarkīb).
Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Media, Tarkīb, Wordwall
Downloads
References
Aidah, Nur, dan Nurafni Nurafni. “Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 11, no. 2 (7 Juli 2022). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133.
Alfian, R. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Bahasa Arab Integratif dengan PlatformWordwall.net di Sekolah MTs Qita Kota Malang. skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.
Alkayisy dkk. (2022).Fa’āliyyah Istikhdām Youtube fī Ta’līm al Lughah al ‘Arabiyyah liTarqiyah Mahārah al Kalām Lada al Thullāb bi al Madrasah al Tsānawiyyah al Islāmiyyah al Hukūmiyyah al Ūla Bāthī.Ta’lim al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6 (2).
Andika, M. A. (2016). Media Pembelajaran Game Tarkīb untuk Pembelajaran Tarkīb Kelas XI Madrasah Aliyah.Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II. (2).
Awwiby. M. W. & Chotimah, C. (2019). Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Memahami Tarkīb Na’at dan Man’ut dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Media Audio Visual Pada Siswa Madrasah Aliyah. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Arab, 2 (2).
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1).
Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Fakhruddin, A. (2021). Wordwall Application as a Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Junior High School Students. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5 (2)
Hidayati, Tika N. (2022). Efektifitas Pengembangan Media Belajar Online Game Wordwall Mata Pelajaran PAI SMPN 3 Bengkulu Tengah Di Era New Normal. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2 (2).
Kholis, M. N dkk. (December 2022). Can Wordwall Applications Improve Students' Arabic Mastery? Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 10 (2)
Muhammad, D. & Muassomah, M.(2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tarkīb Berbasis Mind Mapping di Masa Pandemi Covid-19.An-Nabigah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 23 (1).
Mahmuda, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab.An-Nabighah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 2 (1).
Nissa, S F.&Renoningtyas, N.(2021) Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5).
Novyanti dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak dalam Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4 (1).
Pratama, Yoga Adi. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran RADEC dan Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD Pada Perkuliahan IPA”. Tesis. Bandung: UPI.
Rosyidi, Abdul Wahab. (2017) Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Savitri, A.& Kusnarto. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Di Perguruan Tinggi.ISoLEC Proceedings,5 (1).
Sugiyono, Sugiyono. Meode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Susilowati, Dwi. “Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 2, no. 01 (19 Februari 2018). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.
Widayati, Ani. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6, no. 1 (14 April 2014). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.