The Effectiveness of RADEC Learning Model to Improve HOTS (Higher Order Thinking Skill) in Insya’ Learning
Efektivitas Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Pembelajaran Insya’
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2024.0101-01Keywords:
Menerjemahkan Teks, Model Pembelajaran RADEC, Pembelajaran Insya, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Translating Text, RADEC Learning Model, Insya’ LearningAbstract
HOTS (Higher Order Thinking Skill) is necessary for living in the 21st century. In this century, routine work will be charged to robots, while humans will be charged with creative work. In order to avoid being eroded by the times, HOTS needs to be developed even since elementary school. Therefore, there is a need for methods, strategies, or learning models that can improve student HOTS. Researchers conducted a study to test the effectiveness of implementing the RADEC learning model in improving students' HOTS in learning Insya’; the material translates the text, and how students respond to the learning model. The research method used is quasi-experimental, with the research design of a nonequivalent Control Group. The results showed that it took 135 minutes to implement the RADEC learning model in learning Insya’ material translating text in PP Darussalam. The improvement in higher-order thinking skills (HOTS) after receiving treatment is reported to be 49%, which is classified as a sufficient category. Nevertheless, the RADEC learning model is still considered more effective in enhancing HOTS than the classical model, and the participants' response to this model is highly positive, reaching 81%. Further research on the RADEC learning model, using an equivalent comparative model, is needed to strengthen its effectiveness in enhancing HOTS.
Keywords: HOTS (Higher Order Thinking Skill), Translating Text, RADEC Learning Model, Insya’ Learning.
Abstrak
HOTS (Higher Order Thinking Skill) merupakan keterampilan yang diperlukan untuk hidup di abad 21. Pada abad ini, pekerjaan rutinitas akan dibebankan kepada robot, sedangkan manusia akan dibebankan pekerjaan kreatif. Agar tidak tergerus oleh zaman, HOTS perlu dikembangkan bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Karena itu, perlu adanya metode, strategi, atau model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS peserta didik. Peneliti melakukan sebuah penelitian untuk menguji efektivitas implementasi model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan HOTS peserta didik pada pembelajaran Insya’ materi menerjemahkan teks serta bagaimana respon peserta didik terhadap model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan waktu 135 menit untuk mengimplementasikan model pembelajaran RADEC pada pembelajaran Insya’ materi menerjemahkan teks di PP Darussalam Kersamanah Garut. Kemudian peningkatan HOTS peserta didik setelah diberikan treatment adalah sebesar 49% yang termasuk kategori cukup. Namun demikian, model pembelajaran RADEC tetap dipandang lebih efektif dalam meningkatkan HOTS dibanding model klasik dan respon peserta didik terhadap model ini sangat positif, yaitu sebesar 81%. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang model pembelajaran RADEC dengan model pembanding yang ekuivalen untuk lebih memperkuat bukti efektivitas model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan HOTS.
Kata Kunci: HOTS (Higher Order Thinking Skill), Menerjemahkan Teks, Model Pembelajaran RADEC, Pembelajaran Insya.
Downloads
References
Agriyana, Rifa Kurnia. 2020. “Higher Order Thinking Skills Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And Create Pada Materi Daur Air”. Tesis. Bandung: UPI.
Agustin, Mubiar & Yoga Adi Pratama. 2021. Keterampilan Berpikir dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor (tt). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika. Cet. IV.
Anderson, L. W. dkk. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Ed.1, (terj.) oleh Agung Prihantoro dari buku A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, Abridged Edition. 1st. ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ariandari, Weindy Pramita. 2015. “Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryanto, Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Gunawan Andreas Aldo, HP. Sunardi. 2016. “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Gesit Nusa Tangguh”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol. 16. No. 1.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”. Lentera Pendidikan. Vol. 17 No. 1.
Hasanah, Nurul dkk. 2018. “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak Suatu Benda”. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vo. 5. No. 1.
Ilham, Muhammad S dkk. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Aplikasi Zoom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VI SDN Kalukuang 1 Makassar di Era Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 4. No. 2.
Indra, Syaiful dkk. 2015. “Efektivitas Team Assisted Individualization untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik”. Jurnal Edukasi. Vol. 1. No. 2.
Jumanto, dkk. 2018. "The effect of RADEC and expositional models on creative thinking ability in elementary school students in Surabaya". ICEE 2018 International Conference on Elementary Education.
Khairunnas, Khaidir. 2017. “Kesalahan Nahu dan Saraf dalam Insya’ Tahriri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Mardhiyah, Rifa Hanifa dkk., “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lectura: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (4 Februari 2021) https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
Muhammad, Abu Bakar. 1981. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional.
Pedoman kurikulum Tarbiyatul Muallimin Al- Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Darussalam Sindangsari Kersamanah Garut.
Pratama, Yoga Adi dkk. 2019. “Model Pembelajaran Radec (Read-Answer-Discuss-Explain and Create): Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Konteks Keindonesiaan”. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling. Vol. 2. No. 1.
Pratama, Yoga Adi dkk. 2020. “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar”. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). Vol. 6. No. 2.
Pratama, Yoga Adi, Wahyu Sopandi, dan Yayuk Hidayah, “RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context,” International Journal for Educational and Vocational Studies 1, no. 2 (28 Juni 2019), https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379.
Pratama, Yoga Adi. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran RADEC dan Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD Pada Perkuliahan IPA”. Tesis. Bandung: UPI.
Rahmawati, Nailur. 2018. “Pembelajaran Bahasa Arab: Menuju Higher Order Thinking Skills (HOTS)”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.
Ratminingsih, Ni Made. 2010. “Penelitian Eksperimental dalam Pembelajaran Bahasa Kedua”. PRASI. Vol. 6. No. 11.
Setyanto, A. Eko. 2015. “Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vo. 3. No. 1.
Siddik, Dja’far. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Citapustaka Media.
Sopandi, Wahyu “Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah,” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (28 Februari 2019): 19–34, https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853.
Sopandi, Wahyu dkk. 2021. Panduan Implementasi Model Pembelajaran RADEC di Sekolah. Bandung.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Albaeta.
Tulljanah, Rahmia dan Risda Amini. 2021. “Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review”. Jurnal Basicedu. Vol. 5. No. 6.
Zakiah, Linda & Ika Lestari. 2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.