Material Analysis of al-Mahārah al-Kalām in Class XII Madrasah Aliyah Teaching Books with ACTFL Standars

Analisis Materi al-Mahārah al-Kalām dalam Buku Ajar Madrasah Aliyah Berstandar ACTFL

Authors

  • Mahmudah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Tulus Mushtofa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2023.092-03

Keywords:

Analysis, ACTFL, Speaking skill, Textbook, Analisis, al-Mahārah al-Kalām, Buku Ajar

Abstract

Arabic language learning textbooks have fulfilled the elements of the learning system. However, the textbooks for Arabic language learning are considered inadequate to meet students' needs and contemporary social changes. This article describes the analysis of al-mahārah al-kalām material in the Madrasah Aliyah (MA) class XII Arabic language textbook published by the Indonesian Ministry of Religion based on the American Council on the Teaching of Foreign Languages (ACTFL) guidelines. This research uses research procedures and qualitative methods. Based on a content analysis approach, this research seeks to reveal al-mahārah al-kalām learning materials for class XII MA students. al-Mahārah al-kalām was chosen as the object of study because Arabic speaking skills are highly important in a person's motivation to learn Arabic. The data analysis technique used in this research follows the content analysis method, which emphasizes a set of procedures for making valid inferences from text. Methodically, the analysis used in this research is qualitative content analysis in discourse analysis, semiotic analysis, and hermeneutic analysis. This research found three things, namely (1) the use of ACTFL as a basis for standardizing Arabic textbooks necessitates harmonization of textbook material, which so far has not been fully oriented towards ACTFL; (2) confirmation of the standardization of Arabic language learning based-on ACTFL has an impact on restructuring the curriculum for Arabic language learning. ACTFL standardization is also seen as an effort to increase Arabic language mastery globally and (3) redefinition of Arabic language learning using teaching materials for class XII MA students. This redefinition is possible to prepare students to enter the higher education market at a global level. This research confirms the significance of using ACTFL in preparing Arabic language learning textbooks at all levels of Islamic education. Future research can utilize ACTFL to analyze various basic Arabic language skills, especially in each Islamic education unit and Islamic boarding school education.

Keywords: Analysis, Speaking skill, Textbook, ACTFL

 

Abstrak

Kehadiran buku ajar pembelajaran bahasa Arab dalam beberapa hal dianggap telah memenuhi unsur-unsur sistem pembelajaran, namun demikian buku-buku ajar yang saat ini berlaku dianggap kurang memadai lagi untuk memenuhi kebutuhan siswa dan kontemporarisasi perubahan sosial. Artikel ini mendeskripsikan tentang analisis materi al-mahārah al-kalām dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Aliyah (MA) kelas XII yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI berdasarkan pedoman American Council on The Teaching of Foreign Languages (ACTFL). Penelitian ini menggunakan prosedur dan cara kerja penelitian kualitatif. Dengan mendasarkan pada pendekatan content analysis, penelitian ini berupaya mengungkap materi-materi pembalajaran al-mahārah al-kalām untuk siswa MA kelas XII. al-Mahārah al-kalām dipilih sebagai objek kajian dengan pertimbangan bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab memiliki posisi yang tinggi dari sudut motivasi seseorang belajar bahasa Arab. Teknik anlisis data yang digunakan penelitian ini mengikuti prosedur metode content analysis yang menekankan seperangkat prosedur untuk membuat inferensi yang valid dari teks. Secara metodis, analisis yang digunakan penelitian ini yaitu analisis isi kualitatif, berupa analisis wacana, analisis semiotik dan analisis hermeneutika. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan, yaitu (1) penggunaan ACTFL sebagai basis standarisasi buku ajar bahasa Arab meniscayakan penyelarasan-penyelarasan materi buku ajar yang selama ini belum sepenuhnya beroirientasi pada ACTFL; (2) konfirmasi standarisasi pembelajaran bahasa Arab berbasis ACTFL berdampak pada penyusunan ulang kurikulum untuk pembelajaran bahasa Arab. Standarisasi ACTFL juga dipandang sebagai upaya peningkatan penguasaan bahasa Arab dalam konteks global; dan (3) redefinisi terhadap pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan bahan ajar untuk siswa kelas XII MA. Redefinisi ini dimungkinkan dilakukan untuk menyiapkan peserta didik memasuki pasar perguruan tinggi pada tataran global.  Hasil penelitian ini mengonfirmasi tentang signifikansi penggunaan ACTFL dalam penyusunan buku ajar pembelajaran bahasa Arab pada semua jenjang pendidikan Islam. Penelitian berikutnya dapat memanfaatkan penggunaan ACTFL sebagai basis analisis pada berbagai kemampuan dasar bahasa Arab, terutama pada setiap satuan pendidikan Islam dan pendidikan pesantren. 

Kata Kunci: Analisis, al-Mahārah al-Kalām, Buku Ajar, ACTFL

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jumal. “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis).” Research Gate 5, no. 9 (2018): 1–20.

Ainin, Moh. “Menakar Al Maharah Al Lughawiyah Dalam KMA 183 Dengan Standar ACTFL.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 11, no. 1 (2023): 1–18.

El-Hadiky, Islam Yusri. Al-Kafaah Al-Lugawiyyah. Jakarta: Fajar Ulung Indonesia, 2021.

Habibie, Faizal, Moh Ainin, Muassomah Muassomah, and Nur Fuady Rahman. “Diskoneksi Antara Kurikulum Bahasa Arab Dan Implementasi Pembelajarannya Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif ACTFL.” Studi Arab 13, no. 1 (2022): 49–65.

Hadi, N. "Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Arab (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013) Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia 2014." Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 1, no. 1 (2018).

Hasanah, Mamluatul, Ahmad Mubaligh, Risna Rianti Sari, Alfiatus Syarofah, and Agung Prasetyo. “Arabic Performance Curriculum Development: Reconstruction Based On ACTFL And Douglas Brown Perspective/Rekonstruksi Kurikulum Bahasa Arab: Berdasarkan Perspektif ACTFL Dan Douglas Brown.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 4, no. 3 (2021).

Husna, Muhammad Ahsanul, Inayah Inayah, Faisal Mubarak, Taufiqurrahman Taufiqurrahman, and Lailatul Qomariyah. “Implementasi Materi Mahârah Al-Kalâm Dalam Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Perspektif Actfl Pada Pondok Pesantren Salaf.” Arabi: Journal of Arabic Studies 7, no. 1 (2022): 38–50.

Izzan, H Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora Utama Press, 2011.

Jailani, M, W Wantini, S Suyadi, and ... “Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik Dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah.” … Pendidikan Agama Islam …, 2021. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/6115.

Jumhana, Nana, and Ali Maksum. “KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA,” n.d.

Khaled Husain Abu Amsha. Tatbiqat Al-Itar Al-Marji’i Al-Auraby Al-Musytarak Fi Ta’lim Al-’Arabiyah Li an-Natiqin Bi Gairiha. Amman Jordan: Dar Kunouz Al-Ma’refah fo Publishing, 2021.

Lia, Apri, and Ubaidillah Ubaidillah. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Era Abad 21 Berbasis Pendekatan Quantum.” Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab 13, no. 2 (2021): 170–85.

Maswani, Maswani. “Profil Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Perspektif Stakeholder.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3, no. 2 (2016): 231–45.

Muslimah, Kiki Cahya, Moh Ainin, and Anwar Sanusi. “Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Standar 5C ACTFL.” Al-Ma ‘Rifah 19, no. 2 (2022): 167–82.

Musthofa, Tulus. “Al-Ithaar Al-Marja’iy Al-Induniisiy Li Ta’liimi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Fi Dhaui Al-Ithar Al-Marja’Iy Al-Eropa Al-Musytarak Li Ta’limi Al-Lughaat.” Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 2018.

Nalole, Darwati. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Melalui Metode Muhadtsah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 129–45.

Nur, Faizah M. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 13, no. 1 (2012): 67–78.

Nurdianto, Talqis. “Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.” Yogyakarta: Zahir Publishing, 2020.

Rahmaini, Rahmaini. “Strategi Pembelajaran Maharah Kalam Bagi Non Arab.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 1, no. 2 (2015).

Raya, Ahmad Thib, and Husni Rahim. “Implementasi Dan Implikasi Kurikulum Bahasa Arab Pada Era Reformasi Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Metro Lampung,” n.d.

Rosyid, Ridho. “Tahlil Al Kitab Al Amadrosiy Fi Al Fasli Al Hadi ‘Asyaro Minal Madrasah As Tsanawiyyah ‘Ala Asasi Al Mi’Yar ACTFL.” Cordova Journal Language and Culture Studies 13, no. 1 (2023): 67–88.

Rosyidi, Abdul Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN-Maliki Press, 2011.

Roviin, Roviin. “Analisis Buku Teks Al-’Arabiyyah Li Al-Nasyiin Karya Mahmud Ismail Shini, Dkk.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (2018): 36–53.

Salman, Salman Alfarisi, and Ari Septiawati. “Suitability of Maharah Kalam Learning Achievement in JSIT Arabic Learning Curriculum With CEFR.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 19, no. 2 (2022): 231–55.

Setyawan, Aris. “Penanganan Keterampilan Dasar Bahasa Asing Dengan Metode Audio Lingual Perspektif Al-Qur’an.” Institut PTIQ Jakarta, 2023.

Siregar, Husnatul Hamidiyyah, Moh Ainin, Dadang Firdaus, and Rendi Pramadi. “Exploring of Arabic Text Book for MA KMA 183 in 2019 Based on Mackey’s Theory and ACTFL Standards.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 1 (2022): 123–52.

Susanti, Rini Dwi. “Studi Analisis Materi Ajar “Buku Teks Pelajaran“ Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidiyah.” Arabia, 2013.

Syaifullah, Muhammad, and Nailul Izzah. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 3, no. 1 (2019): 127–44.

Syarofah, Alfiatus, and Muhammad Yasin Fatchul Barry. “Bahasa Arab MA Kelas XII,” 2020.

Takdir, Takdir. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 40–58.

Zainuddin, Ammar, Imam Asrori, and Miftahul Huda. “Analysis of Standardization of Reading Learning for Non-Native Speakers in the Arab World and the West:(Rusydi Ahmad Thu’aimah, ACTFL, and CEFR).” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 6 (n.d.): 329–48.

Downloads

Published

2023-12-22

Issue

Section

Articles