Application Of The Two Stay-Two Stray Cooperative Learning Model In Arabic Learning In Mts Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul
Penerapan Metode Two Stay-Two Stray dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2023.092-01Keywords:
Cooperative learning, Two stay-two-stray method, Arabic Learning, Pembelajaran Kooperatif, Metode two stay-two stray, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
This study's research focus is applying the two Stay-two-study methods in Arabic language learning at Mts Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul. The research method used in this study is a descriptive qualitative approach. This type of research is a case study. The subjects of the study were selected in a Purposive way. Data collection uses three techniques, namely observation, interview, and documentation. The data analysis used is descriptive. The validity of the data uses triangulation of sources and techniques. Research Results: 1) Preparation for the application of the two stay-two stray method by a) Making a Learning Implementation Plan (RPP), b) Preparation of Media to be used in class, c) Preparation of teaching materials to be delivered in class d) Preparing learning strategies to be applied in class. 2) The process of applying the two stay-two-stray methods in Arabic Learning, namely, initial activities which include: a) conveying learning objectives, b) conveying the learning methods to be used, and c) explaining the introductory material about commendable morals. Core Activities are a) conveying information to students, b) forming students into groups, and c) guiding groups to work together. The closing activities convey conclusions and reflections on learning.
Keywords: Cooperative learning, Two stay-two-stray method, Arabic Language Learning
Abstrak
Penelitian ini adalah Bagaimana Proses Penerapan Metode Two Stay-Two Stray dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTs Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian: 1) Persiapan penerapan metode two stay-two stray dengan cara: a) Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) b) Persiapan Media yang akan digunakan dikelas c) Persiapan Materi ajar yang akan di sampaikan dikelas d) Mempersiapkan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dikelas. 2) Proses Penerapan metode two stay-two stray dalam pembelajaran bahasa arab yaitu: kegiatan awal yang meliputi: a) menyampaikan tujuan pembelajaran, b) menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan, c) menjelaskan materi dasar tentang akhlak terpuji. Kegiatan Inti, yaitu: a) menyampaikan informasi kepada siswa, b) membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, c) membimbing kelompok untuk bekerjasama. kegiatan penutup yaitu: menyampaikan kesimpulan, refleksi terhadap pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Metode two stay-two stray, Pembelajaran Bahasa arab
Downloads
References
Alifia Nurrahmawati, dkk, S W Priwantoro, F Setyawan, U Khasanah, and D Astuti. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif Dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika ). UAD PRESS, (2021). https://books.google.co.id/books?id=m2E1EAAAQBAJ.
Andi Prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana, (2017). https://books.google.co.id/books?id=_JBBDwAAQBAJ.
Andri Kurniawan, Ramlan Mahmud, Dkk. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Asmara, Yeni, and Dina Sri Nindianti. “Urgensi Manajemen Kelas untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah 1, no. 1 (2019): 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192.
Aziza Hasibuan, Irda. “Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Keywords: Two Stay Two Stray Model, Learning Outcomes Kata Kunci: Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.” Journal of Basic Education Studies 4, no. 1 (2021): 193.
Bt Rusli, Liarti. “Metode Pembelajaran dalam Alquran (Analisis terhadap Ayat-Ayat Tarbawi).” Inspiratif Pendidikan 8, no. 1 (2019): 231–38. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7889.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana, (2015). https://books.google.co.id/books?id=Y9xDDwAAQBAJ.
Education, Islamic Religious. “Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Naratif Berbahasa Arab Mazidatulfaizah Institut Agama Islam Tribakti Kediri PENDAHULUAN Bahasa Arab Adalah Salah Satu Bahasa Asing Yang Menjadi Mata Pelajaran Wajib” 5, no. 2 (2021): 136–47.
Fitriani, Ainikke Zakiyyatul. “Evaluasi Program E-Learning Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dengan Model CIPP.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (2021): 109–27. https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10481.
Hani Zahrani, Rubini,. “Kajian Teoritis Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Ihtimam 3, no. 1 (2021): 25–44. https://doi.org/10.36668/jih.v3i1.220.
JUrnal Pendidikan Konvergensi: Juli 2019. Jurnal Pendidikan Konvergensi. Sang Surya Media, n.d. https://books.google.co.id/books?id=BurRDwAAQBAJ.
Masnu’ah, Syafira, Nyayu Khodijah, and Ermis Suryana. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (SISDIKNAS).” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 1 (2022): 115–30.
Musthofa, A A, and H F H Firmansyah. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) dalam Pembelajaran Mutolaah Kelas 2 Kmi Di Pondok Pesantren ….” Prosiding Nasional Bahasa Arab VII, 2021, 472–83. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1002%0Ahttp://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/viewFile/1002/943.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 2 (2017): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Presiden Republik Indonesia. “Standar Nasional Pendidikan,” no. 102501 (2021).
Rahmat. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019.
Rostini, Rena, and Siti Ghaida Sri Afira Ruhyadi. “Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Tingkat MI/SD.” Gendering Asa: Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021): 1–13. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.150.
Tias, Tri. Variasi Permainan Pembelajaran,Metode, Dan Ic Breaking. The First Of Publisher in Indonesia: Guepedia, 2021.
Yuniati, Safrida, and Sugeng Prayoga. “Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Mataram.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 5, no. 2 (2019): 133. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1811.
ساني كورنييا, رزقي. “ترقية نتيجة تعلم اللغة العربية باستخدام طريقة التعليم Two Stay Two Stray لدى طلبة الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية المدثرية,” 2022, 379–94.