Digital Literacy in Arabic Language Learning in Madrassas Aliyah 2 Tanah Datar
Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah 2 Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2023.092-04Keywords:
Arabic, Digital Literacy, Literacy, Bahasa Arab, Literasi, Literasi DigitalAbstract
The research is to find out how digital literacy is applied to Arabic language learning in madrasas. The qualitative research method was used where the data was taken from interviews and observation. The informants of the research involved three Arabic language teachers and 30 grade 11 students selected randomly. The research showed that the use of digital literacy in Arabic language learning at State Madrasah Aliyah 2 had been used well and had a positive impact on students' interest in understanding Arabic language material provided by the teachers. Students are generally more enthusiastic, more creative, and more challenged to learn Arabic using digital learning media. The digital media used in the madrasah are InFocus projectors, laptops, and Android cellphones using the applications available on the media platform. For example, WhatsApp, YouTube, TikTok, Kahoot, and Quiziz applications. The research recommended, Increasing the procurement of projectors in each classroom and increasing the internet connection in schools to make it more stable so that it can be easily accessed by teachers and students in the learning process.
Keywords: Arabic, Digital Literacy, Literacy
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana data diambil dari wawancara dan observasi. Informan penelitian ini melibatkan tiga orang guru bahasa Arab dan 30 orang siswa kelas 11 yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 telah dimanfaatkan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap minat siswa dalam memahami materi bahasa Arab yang diberikan oleh guru. Siswa umumnya lebih antusias, kreatif dan tertantang untuk belajar bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran digital. Media digital yang digunakan di madrasah adalah proyektor infocus, laptop, handphone android dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada platform media. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, YouTube, Tiktok, Kahoot dan Quiziz. Penelitian ini merekomendasikan, menambah pengadaan alat proyektor di setiap kelas dan menambah koneksi internet disekolah agar lebih stabil, sehingga dapat dengan mudah di akses oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Literasi, Literasi Digital
Downloads
References
Admin, Admin, and Noor Amirudin. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” TAMADDUN, November 4, 2017, 1. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66.
Akhsan, Akhsan, and Ahmadi Muhammadiyah. “Model Belajar Dan Pembelajaran Bahasa Arab Generasi Milenial.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (July 14, 2020): 105–19. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.817.
Arifin, Muhamad Zainal. “Literasi Berbasis Aplikasi Digital Sebagai Upaya Politik Bahasa Di Sekolah Menengah,” n.d.
“Buku Memahami Konsep Dasar.Pdf,” n.d.
Chaldun, Windi. “Literasi Digital: Plus dan Minus dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Milenial,” 2022.
Hanifah, Umi. “Pengembangan Literasi Berbicara Bahasa Arab (Mahārat Al-Kalām) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI)” 6, no. 2 (2018).
Harjono, Hary Soedarto. “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 8, no. 1 (April 24, 2019): 1–7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706.
Hilmi, Mustafiqul, and Nur Hasaniyah. “Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab,” 2023.
Jessica, Arbania Romadonna Amanda, Sri Harmianto, and Lia Mareza. “Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2, no. 2 (July 31, 2020): 139–46. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.529.
Lestari, Frita Dwi, Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, and Pance Mariati. “Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (October 14, 2021): 5087–99. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436.
“Metode Penelitian Kualitatif (Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa) - Dr. Farida Nugrahani, M.Hum.Pdf,” n.d.
Nahdi, Dede Salim, and Mohamad Gilar Jatisunda. “Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Cakrawala Pendas 6, no. 2 (July 31, 2020). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133.
Naufal, Haickal Attallah. “Literasi Digital.” Perspektif 1, no. 2 (October 31, 2021): 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.
Putri, Izzah Iswara Mundhofir, Rmiyanti Rmiyanti, and Endang Rahayu Ningsih. “Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 2, no. 2 (December 8, 2020): 87–99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836.
Ridho, Ubaid. “Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 01 (June 24, 2018): 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124.
Ritonga, Mahyudin, Alwis Nazir, and Sri Wahyuni. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3, no. 1 (June 28, 2016): 1–12. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879.
Suparlan, Henricus. “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia.” Jurnal Filsafat 25, no. 1 (August 14, 2016): 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614.
Sutrisna, I Putu Gede. “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi COVID-19,” May 31, 2020. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3884420.
Syagif, Ahmad. “Peluang Dan Tantangan Pengembangan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Jenjang Pendidikan Dasar.” FASHLUNA 4, no. 1 (July 12, 2023): 87–100. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.492.
Ulfah, Yetty Faridatul. “Strategi Implementasi Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Mpls) Virtual Di Sekolah Dasar Islam Terpadu.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 7, no. 1 (June 17, 2022): 25–34. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.14032.
Yamin, Moh, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Penggunaan Literasi Digital di Madrasah Aliyah Negeri” 4, no. 4 (2022).
Yusuf, Nilawaty, Irwan Wunarlan, and Sultan A.A.F. Rizqi. “Madrasah Hijau Menuju Kota Hijau.” Jurnal Teknik 16, no. 2 (December 2, 2018): 73–84. https://doi.org/10.37031/jt.v16i2.26.