Implementation of Descriptive and Prescriptive Theory in Mastery of Arabic at SDIT Vinca Rosea Tahfizh International

Implementasi Teori Deskriptif dan Preskriptif dalam Penguasaan Bahasa Arab di SDIT Vinca Rosea Tahfizh Internasional

Authors

  • Ulfi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syamsuddhuha Aceh Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2023.092-10

Keywords:

Descriptive, Prescriptive, Mastery of Arabic, Deskriptif, Pengusaan bahasa Arab, Preskriptif

Abstract

The process of learning and learning Arabic significantly affects students in mastering vocabulary that is obtained directly or indirectly. This study was conducted to know how descriptive and prescriptive theories apply to students' mastery of Arabic and the role of teachers in improving students' mastery of Arabic at Vinca Rosea Tahfizh International Integrated Islamic Elementary School. This descriptive qualitative research targets grade 4 students with data reduction, data display, and conclusion as data analysis. The instruments used were observation, interview, and documentation. The results show that implementing descriptive language in the morning briefing activities and prescriptive language in Arabic lessons can improve students' mastery of Arabic. Namely, students can explain the meaning of Arabic vocabulary, answer simple questions, and get report cards in Arabic lessons. Both activities support each other and encourage the practice of Arabic in the school environment. The teacher's skill in providing vocabulary and uslūb and persistence in practicing the language enables students to understand and use the language in the school environment. Therefore, the equivalence of material between the morning briefing and language lessons must be considered to help students master Arabic appropriately or correctly.

Keywords: Descriptive, Prescriptive, Mastery of Arabic

 

Abstrak

Proses belajar dan pembelajaran bahasa Arab sangat mempengaruhi siswa dalam penguasaan kosakata yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana penerapan teori deskriptif dan preskriptif terhadap penguasaan bahasa Arab siswa serta peran guru dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Vinca Rosea Tahfizh Internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sasaran siswa kelas 4 dengan reduksi data, display data dan conclusion sebagai analisis data. Insturmen yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi deskriptif pada kegiatan birefing (pengarahan) pagi dan preskriptif pada pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa yaitu siswa mampu menjelaskan arti kosakata bahasa Arab, melakukan tanya jawab sederhana dan memperoleh nilai rapor pada pelajaran bahasa Arab sangat baik. Kedua kegiatan tersebut saling mendukung dan mendorong praktik berbahasa Arab di lingkungan sekolah. Keterampilan guru dalam pemberian kosakata dan uslūb serta kegigihan dalam mempraktikkan bahasa mendorong siswa memahami dan menggunakan bahasa di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, kesepadanan materi antara briefing pagi dan pelajaran bahasa perlu diperhatikan agar membantu siswa dalam menguasai bahasa arab secara tepat ataupun benar.

Kata Kunci: Deskriptif, Pengusaan bahasa Arab, Preskriptif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: (Menggelitik PAKEM) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, & Menyenagkan. Riau: DOTPLUS, 2021.

Akrim. Buku Ajar: Strategi Pembelajaran. Medan: UMSU Press, 2022.

Al-Khuliy, Muhammad Ali. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Royyan Press, 2016.

Amral, and Asmar. Hakikat Belajar & Pembelajaran. Indonesia: Guepedia, 2020.

Anwari, Ahmad Mufit. “Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam.” In Landasan, Tujuan Dan Materi Pendidikan Islam. Jawa Barat: EDU Publisher, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Arisnaini. “IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORIS-STRUKTURALIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” SERAMBI TARBAWI: Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam Vol 10, no. No 2 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.32672/tarbawi.v10i2.5048.

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembejaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Ediyani, Muhammad. “المدخل الاتصالي في تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها.” Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 7 (2017): 237–48. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.22373/l.v7i2.3467.

Febriana, Adyra Aradea. “Implementasi Teori Preskriptif Dan Deskriptif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Proceedings Education and Language International Conference Vol 1, no. No 1 (2017).

Hapudin, Muhammad Soleh. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: KENCANA, 2021.

Hayati, Ulfi. “استخدام الصورة في تدريس اللغة العربية بالمدرسة الإبتدائية.” JURNAL AT TARBIYAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM 9439 (2021): 215–25. https://doi.org/https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.100.

———. “التناسب بين المواد والطرق في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية.” Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (2017): 331–52. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-08.

Helaluddin dan Wiyaja, Hengki. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik.Pdf. Jakarta Timur: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

Herminingsih, Askar, Nurdin, and Fatimah Saguni. “Peran Teori Belajar Deskriptif Dan Preskriptif Dalam Pendidikan.” … Kajian Islam Dan … 1 (2022).

Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019.

Latifah, Dewi. “Teori Belajar Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa ARab.” Malang: UM The Learning University, 2016.

Mahmud, Saifuddin, and Muhammad Idham. Strategi Belajar-Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017.

Marzuenda. “Teori Belajar Deskriptif Dan Teori Pembelajaran Preskriptif.” Jurnal Kreatifitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9, no. 2 (2020).

Maulana, Asep. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Bumi Aksara, 2023.

Republik Indonesia, Presiden. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Indonesia, 2005.

Riyanti, Asih. Teori Belajar Bahasa. Magelang: Tidar Media, 2020.

Rosyada, Dede. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan.Pdf. Jakarta: KENCANA, 2020.

Setyosari, Punaji. Desain Pembelajaran. Edited by Bunga Sari Fatmawati. Pertama. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suryadi, Ahmad. Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar. Pertama. Jawa Barat: Jejak, 2022.

Sutiah. Teori Belajar & Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learinign Center, 2016.

Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Keenam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Wahab, Gusnarib, and Rosnawati. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Vol. 3. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021. http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf.

Wangi, Nisaul Barokati Seliro, Yayuk Chayatun Machsunah, and M. Afif Hasbullah. Model Pembelajaran. Pertama. Lamongan: Academia Publication, 2022.

Wekke, Ismail Suardi. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Wicaksono, Andri. “Teori Pembelajaran Bahasa.” In Pendekatan, Metode, Dan Teknik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca, 2016.

Winataputra, Udin S. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.” In Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles