Analysis of Arabic Reading Skills at Modern Islamic Boarding School Arafah Sungai Penuh, in The 12th Grade Of Aliyah

Analisis Kemampuan Membaca Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh, pada Kelas XII Aliyah

Authors

  • Sindi Febria Fitri Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
  • Musdizal Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2024.0101-08

Keywords:

Arabic, Proficiency, Reading, Bahasa Arab, Kemampuan, Membaca

Abstract

Reading and understanding Arabic is crucial as it facilitates comprehension of texts, improves communication, and enhances reading skills. In Arabic, reading skills are known as "mahārah qirā’ah" This research aims to determine Arabic reading and comprehension proficiency among Modern Islamic Boarding School students, Arafah Sungai Penuh. The research method used is a case study with data collection techniques through a test of 14 multiple-choice questions. The population of this study consists of the 12th-grade students of Aliyah. The researcher employed the total sampling technique to collect data based on the population size, meaning all 12th-grade students were included as samples. The results of the study show that vocabulary meaning can be mastered by students with an average score of 52% in the "fair" category, while word position is at 87% in the "excellent" category, sentence translation at 94% in the "excellent" category, identifying the main idea at 88% in the "excellent" category, and identifying the title at 95% in the "excellent" category.

Keywords: Arabic, Proficiency, Reading

 

Abstrak

Kemampuan membaca dan memahami bahasa arab merupakan hal yang penting untuk dikuasai karena dapat memudahkan kita untuk memahami teks, menyampaikan ide, dan dapat meningkatkan keterampilan membaca. Dalam bahasa arab keterampilan membaca di kenal dengan istilah maharoh qiro’ah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca dan memahami bahasa arab pada santri dan santriwati Pondok Pesantren Modern Arafah Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui tes dalam bentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 14 soal. Populasi dari penelitian ini adalah santri dan santriwati kelas XII aliyah. Mengacu pada jumlah populasi, peneliti menggunakan teknik total sampling untuk mendapatkan data. Artinya, seluruh santri dan santriwati kelas XII aliyah dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan untuk arti kosa kata dapat dikuasai oleh siswa dengan rata-rata nilai 52% dengan kategori cukup, Sedangkan untuk kedudukan setiap kata 87% dengan kategori bagus sekali, menerjemahkan kalimat 94% dengan kategori bagus sekali, menemukan ide pokok 88% dengan kategori bagus sekali, dan untuk menemukan judul 95% dengan kategori bagus sekali.

Kata Kunci: Bahasa Arab, Kemampuan, Membaca

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, Moh. Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi, 2019.

Anastasi, Anne;, and Susana Urbina. Tes Psikologi (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: PT. Prenhallindo, 1998.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Arrsyad, Azhar. Bahasa Arab Dan Metode Pembelajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Devi Rafika Sari, Faradilla Zulvanni Anggraini, Maulidia Rahmita. “Perspektif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Penggunaan Vlog ( Video Blogging ) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Di Iain Samarinda.” Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III Tahun 2019 HMJ Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, 2019, 175–91. file:///C:/Users/genap/Downloads/368-694-1-SM.pdf.

Diah, Halimatus, and Melvi Azizatun Ni’mah. “Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah.” Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 3, no. 1 (2023): 26–41. https://doi.org/10.62825/revorma.v3i1.35.

Dilla, Ubaidillah Fajar Anky, and Najih Anwar. “Analysis of Maharah Qira’ah Learning in Grade VI Students: Challenges and Solutions Analisis.” Indonesian Journal of Innovation Studies 13, no. 2 (2020): 1–12. https://ijis.umsida.ac.id/index.php/ijis/article/view/1664/1957?download=pdf.

Fahmi, AH. Akrom. Ilmu Nahwu Dan Sharaf (Tata Bahasa Arab) Praktis Dan Aplikatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2003.

Fatihah, Aisya, Diyan Rahmayani, Muhammad Dzikrul Maula, and Kisno Umbar. “Analisis Kesalahan Dalam Membaca Teks Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.” Ad-Dhuha : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam 4, no. 1 (2023). https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/23033.

Fauziah, Istianah, and Muhammad Ibrahim. “Analisis Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Perumnas Makassar.” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 9 (2023): 4240–49. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2156.

Febrianingsih, Dian. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2, no. 2 (2021): 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/335.

Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak.” Lisanul Arab 4, no. 10 (2015). file:///C:/Users/genap/Downloads/7634-Article Text-15271-1-10-20150917.pdf.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Cipta, 2011.

Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. London: Longman, 1991.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

———. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Hidayah, Nurul, and Siti Naimah. “Analisis Kemampuan Membaca Kitab Gundul Menggunakan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Denanyar Jombang.” Jurnal Ilmiah Bashrah (Jurnal Prodi PBA STIT Pemalang) 02, no. April (2022): 1–14. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/article/view/440.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Kamal, Helmi, and Wihdatul Ummah S. “Analisis Kemampuan Membaca Teks Arab Gundul Santriwati Tabaqah Syarh Al- ‘ Ajrumiyyah Pondok.” Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 157–75. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/180.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir:Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Mustika, Dina, Efi Nur Fitriyanti, and Imroatul Azizah. “Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab.” Prosiding Semnasbama IV UM JILID 1, no. 1 (2020): 62–67. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/579.

Mustofa, Bisri. Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Amzah, 2012.

Ni’mah, Khoirotun, M Rizal Rizqi, and Elis Ismawati. “Implementasi Metode Takrir Pada Materi Fi’Il Dalam Pembelajaran Maharah Qiroah Bahasa Arab Siswa Kelas X Smk Nu 1 Sukodadi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 1. https://repository.unisda.ac.id/1134/1/2. Metode Takrir Pada Materi Fi%27il.pdf.

Rathomi, Ahmad. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah Melalui Pendekatan Saintifik.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 558–65. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315.

Rohman, I. “Arabic Puzzle Book Pengembanngan Media Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Bagi Siwa Kelas IV MI Di Kota Semarang.” Journal of Arabic Learning and Teaching 5, no. 1 (2016): 28–32.

Sari, Ana Wahyuning. “Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu Pada Siswa Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016.” Journal of Arabic Learning and Teaching 6, no. 1 (2017): 17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.

Sekaran, Uma. Research Method For Business. New York: John Wiley and Sons, 2003.

Shofiana, Laila. “Minat Dan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab ( Studi Korelasional Di MTs Ma ’ Had Islamy Kotagede ),” 2008. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2386/1/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Stake, Robert. The Art of Case Research. Thousand Oaks: CA: Sage Publications, 1995. https://doi.org/10.2307/329758.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung, 2019.

Utara, MIN 17 Hulu Sungai. “Analisis Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Min 17 Hulu Sungai Utara.” Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 4 (2022): 312–18. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/language.v2i4.1874.

Downloads

Published

2024-06-13

Issue

Section

Articles