Implementasi Teori Person Centered Therapy dalam Praktik Mini Konseling Mahasiswa pada Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui permasalahan remaja di tingkat SMP melalui praktik mini konseling 2) menerapkan teori person center therapy dalam praktik mini konseling 3) melakukan praktik mini konseling secara langsung ke peserta didik tingkat SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara secara langsung. Konselor menerapkan teori person centered Therapy setelah itu mengulik permasalahan dengan pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya dapat membuat konseli sadar bahwa permasalahan yang dialaminya adalah sesuatu yang tidak baik. Hasil penelitian ini berhasil mewawancarai 7 peserta didik kelas VII ditingkat sekolah menengah pertama dengan rincian masalah diantaranya kurang percaya diri, ketidakdisiplinan, memiliki crush, dan berpacaran. Teori person centered therapy ini cocok untuk diterapkan dalam bimbingan dan konseling di sekolah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aniatun Sholihah, Mila Haneva Wijaya, Putri Kusuma Dewi, Ananda Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.