Telaah Kesiapan Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Angkatan 2023 Dalam Wacana Pembelajaran Daring Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords:
E-learning, Readiness Factors, Qur’anic and Tafsir Studies Students, E-learning ReadinessAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir angkatan 2023 siap menghadapi pembelajaran daring di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, peneliti menggunakan kuesioner yang dirancang berdasarkan enam faktor kesiapan e-learning yang dikembangkan oleh Chapnick, yaitu aspek psikologis, sosiologis, lingkungan, peralatan, finansial, dan teknologi. Sebanyak 87 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini dengan mengisi kuesioner yang mengukur berbagai aspek kesiapan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa siap dalam wacana pembelajaran daring. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan agar universitas meningkatkan dukungan infrastruktur dan menyediakan program pelatihan e-learning yang lebih responsif. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sistem pembelajaran daring yang lebih inklusif dan mendukung kebutuhan mahasiswa.
Downloads
References
chapnick, S. (2000). Are You Ready For E-Learning? Astd’s Online Magazine All About E-Learning.
Ambarwati, D., & Dkk. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 8, No. 2, 173-184.
Herdiana, D., & Dkk. (2021). Kejenuhan Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 293-305.
Pratama, H. B., & Dkk. (2024). Transformasi Lingkungan Belajar Di Era Society 5.0 Terhadap Kompetensi Mahasiswa Ponorogo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 418-428.
Dinana, A., & Dkk. (2021). Analsis Swot Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Perguruan Tinggi Islam. Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, 3-15.
Akmal, M. I. (2024). Pemikiran Amin Abdullah Seputar Integrasi Keilmuan. Fathir: Jurnal Studi Islam, 120-136.
Darmayanti, T., & Dkk. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh:Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikanterbuka Dan Jarak Jauh, 99-113.
Anggraeni, L., & Ramdani, A. H. (2021). Academic Civil Communication Patterns In Virtual Spaces In The Time Of Adaptation To New Habits. Jurnal Sosial Humaniora P-Issn 2087-4928 E-Issn 2550-0236 , 156-170.
Permana, B. S., & Dkk. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 19-28.
Hadi, A. (2020). Metodologi Tafsir Dari Masa Klasik Sampai Masa Kontemporer. Salatiga: Griya Media.
Meuthia, R. F. (2021). Analisis E-Learning Readiness Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi : Studi Kasus Di Politeknik Negeri Padang. Jurnal Politeknik Caltex Riau , 45-54.
Fetesond, M., & Cakranegara, P. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemampuan Akademis, Dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 9 No. 1 , 259–274.
Saputra, J. R., & Dkk. (2022). Adaptasi Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Dengan Pendekatan Teori Adaptasi Calista Roy. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (Jkfn), 14-19.
Jiwandono, I. S., & Dkk. (2021). Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru Di Jenjang Perguruan Tinggi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 39-46.
Muslimatun, R. E., & Dkk. (2023). Manajemen Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Dalam Akreditasi Fibaa Tahun 2022. Ál-Fâhim:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 83-99.
Lubis, M. I., & Dkk. (2023). Implementasi Konsep Integrasi Islam Dan Sains Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 15-28.
Stambol, A., & Dkk. (2019). Bab 3 Pendekatan Kualitatif. Dalam I. S. Wekke, & Dkk, Metode Penelitian Sosial (Hal. 33-40). Yogyakarta: Gawe Buku (Group Penerbit Cv. Adi Karya Mandiri).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tria Feri Ardona

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



