Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta) Perguruan Tinggi Agama Islam. It published twice a year (in February & August). This publication is available online via open access.

This journal focuses on research in mathematics education including teaching and learning, teacher education, educational technology, educational developments, STEM, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.

Pengumuman Sayembara Artikel Ilmiah JPPM

2024-04-03

Selamat kepada para pemenang sayembara artikel ilmiah JPPM 2023, terimakasih kepada seluruh partisipan. Berikut daftar pemenang sayembara artikel ilmiah JPPM.

Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 6 Nomor 2 August 2024

Pendidikan harus terus melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan global. Adaptasi juga harus dilakukan dalam pembelajaran matematika dengan terus melakukan inovasi dan mengoptimalkan teknologi. Pembelajaran matematika yang hanya berorientasi pada penguasaan materi melalui serangkaian proses hafalan dan latihan sudah mulai ditinggalkan. JPPM volume 6 nomor 2 tahun 2024 ini banyak mengulas penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika yang meliputi google classroom, komik digital, dan implementasi kerangka pendidikan STEM. Pada volume ini, JPPM juga mencoba mengulas kembali kemamampuan berpikir matematika tingkat tinggi yang meliputi kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian soal-soal olimpiade matematika. Selain itu, JPPM juga mengulas secara mendalam bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika dengan mengulas pembelajaran matematika berdiferensiasi dan penguatan profil pelajar Pancasila dan rahmatan lil alamin.

Ruang akademik pada artikel yang terbit pada Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) ini mencoba membahas secara mendalam inovasi pembelajaran matematika dengan beorientasi pada keterampilan abad ke 21. Keterampilan berpikir kritis terus menjadi focus dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran dalam kerangka pendidikan STEM dan implementasi metode pembelajaran RME. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika terus dilakukan terutama di madrasah dan relevansinya dalam mengembangkan karakter pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin. Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika juga diulas dengan rinci melalui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap pemahaman konsep.  

Melalui diskusi dan ulasan yang komprehensif terhadap tema-tema artikel di atas, JPPM berharap dapat menambah khazanah keilmuan pendidikan matematika yang berharga dan menawarkan solusi praktis dalam mengembangkan pendidikan matematika, baik di tingkat lokal maupun global. Artikel-artikel tersebut bisa memberikan inspirasi dalam pengembangan keilmuan pendidikan matematika dan peningkatan kualitas pembelajaran matematika.

Published: 2024-08-31

View All Issues
Journal Title Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Initials JPPM
Abbreviation J. Peng. Pemb. Mat
Frequency 2 issues per year (February and August)
ISSN 2656-0240 (Print) | 2655-8750 (Online)
Editor-in-chief Dr. Ibrahim, M.Pd
Publisher Mathematics Education, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Citation Sinta 3 | Google Scholar Garuda

This journal is accredited by the Ministry of Research, Technology and Higher Education Republic of Indonesia with Third Grade (Sinta 3) according to the decree No. 200/M/KPT/2020. Accreditation is valid for five years, that is: from volume 1 no. 1, 2019, until volume 5 no. 2, 2024.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases: