Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) is a scientific journal published by Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta incorporating with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika (Admapeta) Perguruan Tinggi Agama Islam. It published twice a year (in February & August). This publication is available online via open access.

This journal focuses on research in mathematics education including teaching and learning, teacher education, educational technology, educational developments, STEM, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.

Pengumuman Sayembara Artikel Ilmiah JPPM

2024-04-03

Selamat kepada para pemenang sayembara artikel ilmiah JPPM 2023, terimakasih kepada seluruh partisipan. Berikut daftar pemenang sayembara artikel ilmiah JPPM.

Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 6 Nomor 1 February 2024

Pendidikan matematika dan pembelajaran matematika terus menerus melakukan transformasi mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan masayarakat. Pendidikan matematika tidak lagi hanya fokus pada penguasaan konsep matematika namun sudah berkembang dengan menyentuh keterampilan berpikir matematis. Keterampilan berpikir matematis sangat dibutuhkan peserta didik dalam menghadapi pergeseran budaya dari yang melalui proses menjadi serba instan. JPPM volume 6 nomor 1 tahun 2024 ini banyak mengulas tentang keterampilan berpikir matematis di antaranya keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan penalaran, dan keterampilan mengajukan argumentasi matematis.
Analisis mendalam tentang bagaimana keterampilan berpikir kritis dikembangkan dalam pembelajaran melalui beragam inovasi pembelajaran matematika menunjukkan bahwa pembelajaran matematika terus berkembang dan menyesuaikan diri. Penerapan strategi pembelajaran yang tepat akan berdampak pada penanaman keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis makin optimal dikembangkan dengan mengintegrasikan sains, teknologi, dan engineering (STEM) dalam pembelajaran matematika dengan dilengkapi media berbasis audio visual (video).
Diskusi tentang bagaimana keterampilan penalaran dan argumentasi matematis dikembangkan juga muncul dalam artikel-artikel pada volume ini. Keterampilan penalaran matematis yang merupakan aspek penting dalam matematika diulas dengan baik keterkaitannya dengan pembelajaran matematika dalam hal ini melalui desain pembelajaran yang melibatkan HOTS problems. Sedangkan keterampilan argumentasi matematis dikaji dengan melihat dari sisi kemampuan awal peserta didik. Sudut pandang kemampuan awal peserta didik merupakan hal yang menarik dan sejalan dengan pembelajaran terdiferensiasi yang dikembangkan dalam kurikulum merdeka.
Ruang akademik pada artikel yang tebit pada Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) ini juga mengkaji aspek psikologis dan afektif dalam pembelajaran matematika. Diskusi tentang penggunaan work example dalam pembelajaran matematika untuk mengurangi cognitive load peserta didik, diulas secara mendalam dan dikaitkan dengan pengembangan keterampilan pemecahan masalah. Pada aspek afektif, pengaruh dari kemandirian belajar dan kecemasan matematis terhadap capaian pembelajaran matematika dikaji secara mendalam dan komprehensif.
Melalui diskusi dan ulasan yang komprehensif terhadap tema-tema artikel di atas, JPPM berharap dapat menambah khazanah keilmuan pendidikan matematika yang berharga dan menawarkan solusi praktis dalam mengembangkan pendidikan matematika, baik di tingkat lokal maupun global. Artikel-artikel tersebut bisa memberikan inspirasi dalam pengembangan keilmuan pendidikan matematika dan peningkatan kualitas pembelajaran matematika.

Published: 2024-03-25

View All Issues

Journal Title Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Initials JPPM
Abbreviation J. Peng. Pemb. Mat
Frequency 2 issues per year (February and August)
ISSN 2656-0240 (Print) | 2655-8750 (Online)
Editor-in-chief Dr. Ibrahim, M.Pd
Publisher Mathematics Education, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Citation Sinta 3 | Google Scholar Garuda

This journal is accredited by the Ministry of Research, Technology and Higher Education Republic of Indonesia with Third Grade (Sinta 3) according to the decree No. 200/M/KPT/2020. Accreditation is valid for five years, that is: from volume 1 no. 1, 2019, until volume 5 no. 2, 2024.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases: