Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika: Volume 3 Nomor 1 Februari 2021

Higher order thinking skills dalam konteks pembelajaran matematika masih menjadi isu dalam waktu tiga dekade terakhir ini. Keterampilan ini diyakini menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki peserta didik untuk bekal menjalani hidupnya. Banyak persoalan hidup manusia membutuhkan solusi yang lahir dari hasil pemanfaatan higher order thinking.

Konten matematika sekolah memang relatif tidak banyak perubahan dalam tiga dekade terakhir. Namun demikian, pembelajaran matematika terus-menerus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan informasi. Pembelajaran matematika dengan penyampaian materi secara langsung sudah tidak cukup lagi. Proses melakukan aktivitas matematika menjadi lebih esensial dibandingkan pengetahuan matematikanya.

Pembelajaran matematika yang menekankan aktivitas-aktivitas berpikir tingkat tinggi perlu terus-menerus dikembangkan. Riset berkelanjutan, rinci, dan mendalam menjadi suatu keharusan dalam pengembangan pembelajaran matematika berorientasi pada pencapaian higher order thinking skills.

Kegiatan riset yang telah banyak dilakukan pada ranah pengembangan pembelajaran matematika perlu suatu media dalam penyebarannya. Jurnal ilmiah merupakan suatu media yang dianggap tepat karena hasil riset disajikan dengan memenuhi standar ilmiah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) berupaya mengambil bagian dalam penyebaran hasil-hasil riset pengembangan pembelajaran matematika. Harapannya, sajian artikel dalam JPPM dapat memberikan kontribusi secara praktis dan teoretis dalam perbaikan dan penyempurnaan pendidikan matematika baik di Indonesia maupun di level internasional.

Published: 2021-02-28

View All Issues