Strategi Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam lembaga pendidikan adalah karakter siswa di Indonesia masih memprihatinkan berdasarkan fenomena yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama ini di kelas lebih mementingkan pengembangan kemampuan kognitif siswa daripada pengembangan sikap afektif (karakter) siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika pada siswa SMP, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran matematika, serta penerapan pendidikan karakter dalam media pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tiga tahapan yaitu tahapan sebelum pengumpulan data, pengumpulan data penelitian, dan analisis data. Subjek pada penelitian ini yaitu 8 orang guru matematika SMP dan 6 orang siswa SMP di Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan meliputi daftar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru matematika merencanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa nilai karakter yang sesuai pada RPP. guru memberikan contoh keteladan dalam menerapkan nilai karakter pada saat pembelajaran. Selain itu, guru juga menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Guru menggunakan instrumen tes dan non tes dengan menyisipkan nilai karakter pada permasalahan. Guru menggunakan media pembelajaran alat peraga dan media berbasis teknologi dengan menyisipkan nilai karakter siswa didalamnya. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu guru matematika telah mampu menumbuhkankan beberapa nilai-nilai karakter kepada siswa seperti religius, disiplin, kejujuran, kreatif, tanggung jawab, mandiri, suka membaca, toleransi, dan rasa ingin tahu dalam rangka menciptakan generasi bangsa yang berkarakter pada saat proses perencanaan, pembelajaran, evaluasi dan penggunaan media pembelajaran berlangsung.
Downloads
Article Details
References
Asdarina, O., dan Arwinda, N. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema Journal. 2(1). 1-11. https://core.ac.uk/download/pdf/287227523.pdf
Baginda, M. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra. 10 (2). 1-12. http://journal.iain- manado.ac.id/index.php/JII/article/view/593/496
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Batubara, H.H. dan Ariani, D.N. (2015). Internalisasi Pendidikan Karakter ke dalam Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika : Mengembangkan Kepribadian melalui Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. 22 Desember 2015. Banjarmasin : STKIP PGRI Banjarmasin. http://pmat.stkipbjm.ac.id/wp-content/uploads/2018/07/Prosiding-Matematika-2015-ISBN1.pdf
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Literasi. 4(1). 42-51.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/download/6216/4609/
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.depdiknas.go.id
Dewi, Y.K. (2015). Character Education in Mathematics Learning. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 124-131. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/13/9
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung : Alfabeta .
Hartoyo, A. (2015). Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 8-22. https://media.neliti.com/media/publications/176877-ID-pembinaan-karakter- dalam- pembelajaran-ma.pdf
Hudha, M.A. (2014). Character Education Model In Mathematics And Natural Sciences Learning At Muhammadiyah Junior High School. International Journal of Education, 2(4). 33-47. https://www.eajournals.org/about-ecrtd/
Marini, A. (2017). Character Building Through Teaching Learning Process: Lesson In Indonesia. PONTE : International Journal of Science and Research. 73(5). 177-182. http://dx.doi.org/10.21506/j.ponte.2017.5.43
Maryati, I., dan Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa. 6(3). 333-344. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_3
Munawaroh, Kusmayadi, T.A., Usodo, B. (2015). Studi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Pada Kelas Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (Cibi) SMP Negeri 2 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(2). 179-189. https://media.neliti.com/media/publications/122505-ID-studi-implementasi- pendidikan-karakter-p.pd
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan. 9(3). 464-468. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0
Pertiwi, I., dan Marsigit, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2). 153- 165. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm
Pradana, H.P. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016. 17 Desember 2016. (Hal. 92-100). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5851
Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 8(1). 1-26. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/article/view/879
Rusmana, A.O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Eduscience. 4(2). 74-80. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/download/2734/2338
Safitri, N.M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SMP N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 5(2). 173-183. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/viewFile/8621/7114
Salsabila, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid-19 Kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematic (IJELM). 1(2).68-73. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/312/152
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter : Sebuah Pendekatan Nilai. Jurnal Al-Ta’dib. 9 (1). 120- 143. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/505
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4(1). 220-234. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2119
Syaikhudin, A. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Sekolah Dasar Ma’rif Ponorogo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 1(1).1-17. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1301/1030