Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada materi matriks dan SPLTV bagi siswa SMA/SMK di kota Padang
Main Article Content
Abstract
Ketertarikan siswa dalam memahami pembelajaran matematika sangat kurang. Salah satunya di sebabkan kurangnya media pembelajaran terutama media berbasis android yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Mit App Inventor pada materi matriks dan sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) yang valid dan praktis untuk siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, ditetapkan 6 siswa kelas X SMA PGRI 2 Padang dan 6 siswa kelas X UPW SMKN 6 Padang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Pedoman wawancara, lembar validasi, dan lembar praktikalitas. Data yang diperoleh dari metode wawancara, ditelaah secara deskriptif kualitatif. Data dari angket, ditelaah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada materi matriks dan SPLTV sangat valid dengan persentase penilaian 81,88%. Kepraktisan penggunaan dari guru dengan persentase 78,33% dengan kriteria praktis dan sangat praktis dengan persentase 90,73% dari siswa. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada materi Matriks dan SPLTV mudah dan praktis digunakan karena terdapat uraian materi, contoh soal, serta latihan sehingga siswa dapat belajar dengan aktif dan mandiri. Media pembelajaran berbasis android menggunakan MIT App Inventor pada materi Matriks dan SPLTV juga sangat mudah untuk diakses dan digunakan bagi siswa SMA/SMK di kota Padang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Angraini, T. W. P., Rahmi, R., & Delyana, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(1), 54-62. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i1.1744
Aulia, A., Rahmi, R., Jufri, L. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIP App Inventor pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMKN 1 Kinali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2), 1475-1485. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1329
Axel, R. D., Najoan, X., Sugiarso, B. A., Elektro-ft, J. T., & Manado, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan Dan Pelayanan Gereja. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jtek.6.1.2017.15566
Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.1-9
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Gagne, R. M. (2013). Instructional technology: foundations. Routledge.
Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal Media TIK, 4(1), 1-4.
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24-33. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868
Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal informatika, 2(2), 13-21.
Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12(2), 1-10.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning. Boston: Pearson Education, Inc
Market, M. (2015). Q2 2015 Indonesia Mobile Data Report Based on MoboMarket Users Data Research. http.p//sahabatbaidu.id/blog/2015/08/06/mobomarket-merilis-laporan-penggunaan-smartphone-android-di-indonesia-selama-q2-2015/
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Permatasari, A. G., & Turmudi. (2021). Komunikasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar dalam pembelajaran daring. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 12-22. http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2021.031-02
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Enschede : SLO Netherlands institute for curriculum development
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rahmi. (2015). Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) IBM SMP N 25 dan MTsN Model Padang Menggunakan Media Berbasis IT. Prosiding Semnas Mat-PMat STKIP PGRI Suamtera Barat, 1, 2443–1257.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Suryadi. (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada topik persamaan linier. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(1), 53-60. http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2021.031-06
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289