Pembelajaran matematika sekolah merupakan kunci dalam peningkatan kualitas pendidikan matematika. Fokus pembelajaran matematika mengalami pergeseran yang signifikan mengikuti perkembangan dunia yang sangat cepat. Pembelajaran matematika terus menerus berbenah dalam upaya membantu peserta didik yang tidak saja harus menguasai konsep-konsep matematika namun harus mampu menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. JPPM volume 5 nomor 1 tahun 2023 ini banyak mengulas tentang inovasi pembelajaran matematika di sekolah baik strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi, dan integrasi dengan Islam dan bidang ilmu lainnya dikaitkan dengan kemampuan pemahaman, kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran, dan literasi matematis.
Analisis mendalam tentang keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari gender, tempat tinggal, dan adversity quotient, memberikan informasi bahwa dalam pembelajaran matematika tidak hanya harus memperhatikan kemampuan kognitf tapi juga faktor lain seperti gender atau letak tempat tinggal. Analisis kemampuan penalaran dalam materi statistik mahasiswa calon mengemukakan fakta bahwa kemampuan penalaran mahasiswa calon guru masih harus dikembangkan secara sistematis melalui berbagai inovasi strategi pembelajaran dan media pembelajaran.
Pada bagian lain, diskusi tentang integrasi matematika dengan Islam dan IPA mencoba menawarkan solusi praktis dalam mengembangkan literasi matematika dan kemampuan matematika. Integrasi matematika dengan Islam dan IPA dalam pembelajaran matematika dalam bentuk LKPD dimaksudkan agar konsep matematika bermakna bagi peserta didik dan terkait langsung dengan pengalaman sehari-hari. Pemanfaatan teknologi informasi juga menjadi salah satu pembahasan yang menarik dalam edisi kali ini. Pemanfaatan program android, desmos, dan LMS terbukti berdampak positif pada kemampuan matematika peserta didik.
Ruang akademik pada artikel yang tebit pada Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) secara komprehensif mengulas tema-tema tersebut. Ulasan-ulasan tersebut diharap dapat menawarkan solusi praktis bagi praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika. Temuan-temuan yang diperoleh secara praktis bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah dan menjadi dasar inovasi-inovasi lanjutan oleh guru maupun matematikawan. Artikel-artikel tersebut bisa memberikan inspirasi dalam pengembangan keilmuan pendidikan matematika dan peningkatan kualitas pembelajaran matematika.

Published: 2023-02-28