Aktivitas pada desmos guna memfasilitasi siswa dalam memahami konsep himpunan penyelesaian
Main Article Content
Abstract
Peneliti mendapati sebuah masalah matematika pada peserta didik dalam pemahaman konsep di materi program linier. Oleh karena itu, peneliti mencari solusi agar pemahaman konsep peserta didik pada materi program linier dapat teratasi. Pada penelitian ini peneliti menawarkan solusi berupa media pembelajaran materi program linear berbasis aplikasi Desmos. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti metode ADDIE: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Sementara itu dalam pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur kepada beberapa siswa dan guru kelas XI SMA. Hasil validasi terhadap produk dilakukan oleh beberapa para ahli, dihasilkan dengan ahli yang pertama yaitu ahli materi menilai 75 persen dengan hasil produk dikategorikan valid serta pada ahli media menilai juga 71 persen produk yang dikembangkan memiliki kategori valid. Selain itu, menurut penilaian siswa yang telah menggunakan produk mengungkapkan bahwa produk yang dihasilkan sebesar 83 persen dikatakan praktis.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Duffin, J. M., & Simpson, A. P. (2000). A Search for Understanding. Journal of Mathematical Behaviour, 18(4), 415- 427.
Ernawati, I., & Sukadiono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 2.
Faruq, F., Dafik, D., Suharto, S., Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basic. KadikmA, 9(2), 89-97.
Haerunnisa, N., Abdillah, A., Pramita, D., Mahsup, M., Mandailina, V., Syaharuddin, S., ... & Anam, K. (2021, September). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 1, pp. 1-8).
Husna, U., Setiawani, S., & Hussen, S. Developing Interactive Learning Media using Classflow with Desmos Web On Subject Application of Definite Integral.
Kusumaningtyas, N., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Desmos pada Kelaskita Materi Program Linier Kelas XI SMA. Kadikma, 9(3), 118-128.
Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.
Maure, Y. L., Djong, K. D., & Dosinaeng, W. B. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa Sma Pada Materi Program Linear. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 47-56.
Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857-1868.
Mungan, C. E. (2021). Using Desmos to Understand the Difference Between Phase and Group Velocity. The Physics Teacher, 59(1), 30-33.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Supriyono, S., Setiawan, T. B., & Trapsilasiwi, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model student facilitator and explaining setting contextual teaching and learning (CTL) pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Pancaran Pendidikan, 3(2), 53-62.
Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan,K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (1st ed.). Graha Ilmu.
Ulia, N. (2018). Efektivitas Colaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT terhadap pemahaman konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1-11.