Innovation of CBL-STEM based teaching materials integrated learning videos on creative thinking skills

Main Article Content

Raivo Simarmata
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia tergolong rendah, oleh karena itu perlu adanya tindakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Bahan ajar inovatif menjadi salah satu tindakan yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D SMPN 3 Semarang sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII E SMPN 3 Semarang sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket dengan teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif serta beberapa uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji z, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji N-Gain. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu persentase skor rata-rata uji kelayakan yaitu 93,30%, persentase skor rata-rata uji keterbacaan yaitu 97,25%, efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dan persentase skor rata-rata respon siswa yaitu 95,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan sangat layak, mudah dipahami, efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Selanjutnya, saran yang diajukan yaitu bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar di sekolah.

Downloads

Article Details

How to Cite
Simarmata, R., & Ardiansyah, A. S. (2024). Innovation of CBL-STEM based teaching materials integrated learning videos on creative thinking skills. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.14421/jppm.2024.61.27-40
Section
Articles

References

Ardiansyah, A.S. et al. (2022). Pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika terintegrasi challenge based learning dan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 45–65. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1096

Ardiansyah, A.S., Junaedi, I. and Asikin, M. (2018). Student's creative thinking skill and belief in mathematics in setting challenge-based learning viewed by adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61-70. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/24217

Ardiansyah, A.S. and Pratama, N.T. (2021). Belajar dan berwisata melalui objek wisata bledug kuwu pada bahan ajar materi barisan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 319-330. https://doi.org/10.24014/juring.v4i4.14115

Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 pada era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(1), 77–83.

Bahtiar, E.T. (2015). Penulisan bahan ajar. IPB

Binkley, M. et al. (2012). Defining twenty-first century skills. In: Griffin, P., McGaw, B., Care, E. (eds) Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2

Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fadillah, A. and Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.

Gazali, R.Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.

Heryandi, Y., & Nur`aini, N. (2022). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi matematika siswa. Integral: Pendidikan Matematika, 13(1), 13–25. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3108

Jawad, L.F., Majeed, B.H. and Alrikabi, H.T.S. (2021). The impact of teaching by using STEM approach in the development of creative thinking and mathematical achievement among the students of the fourth scientific class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(13), 172–188. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i13.24185

Kurniawan, D.T. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilme pengetahuan sosial siswa kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 21–26.

Pangesti, K.I., Yulianti, D. and Sugianto (2017). Bahan ajar berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58.

Pertiwi, R.S., Abdurrahman and Rosidin, U. (2017). Efektivitas LKS STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 11–19.

Rofiah, E., Aminah, N.S. and Ekawati, E.Y. (2013). Penyusunan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 17–22.

Sa’dun. (2016). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Saefudin, A.A. (2012). Pengembangan Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 4(1), 37–48.

Supena, I., Darmuki, A. and Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students' learning outcomes. International Journal of Instruction, 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Sutawidjaja, A. and Afgani, J. (2015). Konsep dasar pembelajaran matematika. International Journal of Interdisciplinary Social Sciences, 4(9), 51–57. https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v04i09/51542

Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. In Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 527–530). Universitas Negeri Yogyakarta

Widodo, W. (2017) Efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis kontekstual berbantuan video pembelajaran untuk SMK Teknik Mesin pada materi elektrokimia. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2(3), 365–372.

Wulandari, P., Putra, D., & Faradita, M. (2022). Penerapan model open ended problems berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 3 Surabaya. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 18-32.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Proceeding in 2nd Science Education National Conference, (October 2018), pp. 1–18.