Mannheim Membaca Tafsir Quraish Shihab dan Bahtiar Nasir Tentang Auliya’ Surah Al-Maidah Ayat 51

Authors

  • Ramli Ramli

DOI:

https://doi.org/10.14421/ref.v18i1.1859

Keywords:

Mannheim, Tafsir, Quraish Shihab, Bachtiar Nasir, Auliya, Al Maidah

Abstract

The author will examine al-Maidah verse 51 according to Quraish Shihab and Bachtiar Nasir, on the one hand, which as the holy book of Muslims with social phenomena arising from events in the Thousand Islands, on the other. It will be analyzed using the sociology of Mannheim’s knowledge. Quraish Shihab interprets auliya ‘not just one meaning: leader, because basically the word comes from a close meaning. So he, in al-Maidah verse 51, then raises the meaning of supporters, defenders, patrons, lovers and more important: all of which refer and have affiliation of the meaning of closeness. So it can be concluded in this conclusion that Quraihs Shihab is extrinsically disagreeing with the leader as the only meaning in the verse. In contrast to Quraish Shihab, Bachtiar Nasir actually interpreted auliya ‘as a leader. This meaning is based on the asbab al- nuzul which he describes in Tadabbur al-Qur’an, that the historicity in this verse has a leadership precedent.

[Penulis akan menelaah Al-Maidah ayat 51 menurut Quraish Shihab dan Bachtiar Nasir, di satu sisi, yang sebagai kitab suci umat Islam dengan fenomena sosial yang muncul akibat dari peristiwa di Kepulaun Seribu, di sisi yang lain. Ini akan dianalisis menggunakan sosiologi pengetahuan Mannheim. Quraish Shihab menafsirkan auliya’tidak hanya satu makn: pemimpin, karena pada dasarnya kata tersebut berasal dari makna dekat. Sehingga ia, dalam Al-Maidah ayat 51 ini, kemudian memunculkan makna pendukung, pembela, pelindung, yang mencintai dan lebih utama: yang kesemuanya merujuk dan memiliki afiliasi makna kedekatan. Sehingga bisa disimpulkan dalam penutup ini bila Quraihs Shihab secara ekstrinsik tidak menyetujui pemimpin sebagai satu-satunya arti dalam ayat yang bersangkutan. Berbeda dengan Quraish Shihab, Bachtiar Nasir justru memaknai auliya’ sebagai pemimpin. Pemaknaan ini dilandasi oleh asbab al-nuzul yang ia jelaskan dalam Tadabbur al-Qur’an, bahwa kesejarahan dalam ayat ini memiliki preseden kepemimpinan.]

Abstract viewed: 694 times | PDF downloaded = 1898 times

References

Abduh, Muhammad. 1972. Al’A’mal al-Kamilah, (Beirut: al-Muassah al-Arabiyah lid-Dirasah wan-Nasyr

Afriansyah Sy., Ade Afriansyah. 2014. “Pemimpin Ideal Menurut Al-ghazali. Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat

Al-Albani, Muhammad Nasiruddin. 2006. Shahih Sunan Abu Daud, terj. Abd. Mufid Ihsan. Jakarta: Pustaka Azzam

Al-Bagdadi, Abdurrahman.1988. Beberapa Pandangan Mengenai Penafsiran al- Qur’an, terj. Abu Laila dan Muhammad Thohir. Bandung: PT al-Ma’arif

Al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Isma’il al-Bukhari. 2006.Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr

Al-Farizi, Mudrik. 2016. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Volume 11, No 1. Ngawi: IAI

Al-Makin. 2017. Antara Barat dan Timur: Batasan, Dominasi, Relasi, dan Globalisasi. Yogyakarta: Suka-Press

Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Terjemah Tafsir al-Maraghi, terj. Bahrun Abu Bakar, et.al. Semarang: PT. Toha Putra

Al-Mawardi, Abu Hasan.Al-Ahkam as-Sulthaniyyah wa al-wilayah ad-Diniyyah. Mesir: Mustafa al-Asab al-Halib

Al-Misri, Ibnu Mukrim Ibn Mansur.Lisan al-Arab. Beirut, Dar-Adl, t.th. Juz XII Al-Munawwar, Said Agil Husein. 2002. Al-Qur ’an Membangun Tradisi Keshalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers

Anis, Ibrahim dkk., 1972. Al-Mu’jam al-Wasth.Kairo, Dar-al Ma’rif

Anwar, Hamdani. “Telaah Kritis Terhadap Tafsir Al-Misbah Karya M. QUraish Shihab” dalam jurnal Mimbar Agma dan Budaya, No. 2, 182

Ar-Raziq, Ali Abd ar-Raziq. 2002. Islam Dasar-Dasar Pemerintahan Kajian Khafah dan Pemerintahan dalam Islam, terj. M. Zaid Su’di. Yogyakarta: Jendela

Ar-Rumi, Fahd bin ‘Abdurrahman. 1996. ‘Ulumul Qur’an: Studi Kompleksitas al-Qur’an, terj. Amirul Hasan dan Muhammad Halabi. Yogyakarta: Titian Ilahi Press

As-Saluts, Ali As-Saluts. 1997. Imamah dan Khilafah dalam Tinjauan Syar’I, terj. Asmuni Solihan Zamakhsyari. Jakarta: Gema Insani Press

As-Shiddiqi, Teungku Muhammad Hasbi. 2000. Tafsir al-Qur’anul Majid an-Nur. Semrang: Pustaka Rizki Putra. Cet. II, Jilid V

Azra, Azyumardi. “Populisme Islam”. 2017.http://www.republika.co.id/berita/

kolom/resonansi/17/12/28/p1ng1k440-populisme-islam-1

Bachtiar Nasir, Tadabbur al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani), Juz 1 & 2

Bachtiar Nasir, Tadabbur al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani), Juz 3

Bachtiar, Edi Bahtiar. 1999.“Mencari Format Baru Penafsiran di Indoensia: Telaah Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab”, Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Bachtiar, Edi. 1999. “Mencari Format Baru Penafsiran di Indonesia: Telaah Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab”, Tesis Master IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Baldan, Nashiruddin. 1997. Metodologi Penafsiran al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baum, Gregory Baum. 1999.Agama Dalam Bayang-Bayang Relativisme: Agama, Kebenaran, dan Sosiologi Pengetahuan, terj. Achnad Murtajib Chaeri dan Masyuri Arow. Yogyakarta: Tiara wacana

Ba-Yunus, Ilyas. 1988. “Contemporary Sociology: an Islamic Critique”, dalam Islam Source and Purpose of Knowledge Procedings and Selected Paper of Second Conference on Islamization of Knowledge 1402

AH/1982 AC. Virginia: International Institute of Islamic Thought

Berger, Peter L., dan Thomas Luckman. 2012. Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan, terj. Hasan Basari. Jakarta: LP3ES

Brue, Steve dan Steven Yearley. 2006. The Sage Dictionary of Sociology. London, Thousand Oaks, New Delhi: Sage Publications

Cawidu, Harifuddin. 1991. Konsep Kufur Dalam al-Qur’an: Suatu Kajian Teologis Dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Jakarta: Bulan Bintang Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Al-Huda,

Kelompok Gema Insani

Fanani, Muhyar. 2010. Metode Studi Islam: Aplikasi Sosiologi Pengetahuan Sebagai Cara Pandang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Faqih, Ainur Rahim dan wijayanto. 2001. Kepemimpinan Islam. UII-Press Yogyakarta

Frederspiel, Howard M.. 1996. Kajian Al-Qur’an di Indonesia dari Mahmud Yunus hingga Quraish Shihab, alih bahasa Tajul Arifin. Bandung: Mizan

Ghafur, Saiful Amin. 2008. Profil Para Mufassir Al-Qur’an.Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Gusmian, Islah. 2003. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Jakarta: Teraju

H. A. Djazuli. 2003. Fiqh Siyasah: Implementasi Kemaslahatan Umad dalam Rambu-Rambu Syari’ah. Bogor: kencana

Hadi, Sutrisno Hadi. 1989. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Hafidhuddin, Didin. 2003. hendri Tanjung, Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani

Hamka. 1982.Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas

http://liputanislam.com/opini/metamorfosis-ustadz-bachtiar-nasir/ diakses pada

tanggal 10 april 2017 pukul 14.00 WIB. https://id.wikipedia.org/wiki/Aksi_Bela_Islam, diakses tanggal 14 januari

, Pukul 13.00 WIB.

https://seword.com/politik/jadi-gnpf-mui-itu-sebenarnya-apa diakses tangal 05 Desember 2017

https://tirto.id/ahok-tandatangani-berkas-dugaan-penistaan-agama-b6cU diakses tanggal 17 Desember 2017

https://tirto.id/di-balik-susutnya-massa-aksi-bela-islam-cl14 diakses tanggal 17 Desember 2017

https://tirto.id/kronologi-kasus-dugaan-penistaan-agama-b457 diakses tanggal 17 Desember 2017

Inilah Profil Ustadz Bachtiar Nasir, https://jurnalpriangan.com/2016/11/04/inilah- profil-ustad-bachtiar-nasir-pimpinan-demo-bertemu-jk/ diakses tanggal 10 April 2017, pukul 17.00 WIB.

Jusoh, Yahya, Kamarul Azmi Jasmi. 2006. Pendidikan Politik dan Khilafah Islam dalam Pelbagai Perspektif.Johor: Darul Ta’zim

Kamil, Syukron. 2007. Syariah Islam dan HAM Dampak Perda Syariah Terhadap Kebebasan Sipil, Hak-Hak Perempuan, dan Non-Muslim.Jakarta: CRSC Karena Suarakan Al-Maidah 52, Bachtiar Nasir Dicekal dalam Salah Satu Acara TV http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/11/09/ ogc8tg396-karena-suarakan-al-maidah-51-bachtiar-nasir-dicekal-dalam-satu-acara-tv diakses tanggal 17 November 2017

Kasmantoni. 2008. Lafadz Kalam dalam Tafsir al-Misbah Quraish Shihab Studi Analisa Semantik.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Tesis

Kettler, David. Colin Loader, dan Volker Meja. 1987. Karl Mannheim and the Legacy of Max Weber Retrieving a Researh Programme (Hampshire: Ashgate Publishing Limited, 2008), 5;SN. Eisenstadt, “The Classical Sociology of Knowledge and Beyond”, Minerva, Vol. 25, Issue 1-2

Khalik, Abu Tholib. 2014. Analisis:Jurnal Studi KeIslaman, Volume 1, No 1. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung

Kusmana. 2002. “Membangun Citra” dalam Badri Yatim dan Hasan Nasuhi, (ed), Membangun Pusat Keunggulan Studi Islam: Sejarah dan Profil Pimpinan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: IAIN Press

Mannheim, Karl. 1991. Ideologi dan Utopia: Menuingkap Kaitan Pikiran dan Politik, terj. F. Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius

Mastuhu, M. DendeRidwan. Tradisi Baru Penulisan Agama Islam,Pusjarlit: Penerbit Nusantara, Jakarta

Mubarok, M. Shobri. 2008.“Sabar Menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir al-Misbah”, Skripsi. Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama Dan Filsafat

Muhajir, Noeng Muhajir. 1993. Metode Penulisan Kualitatif. Rake Sarasin, Jakarta Mujahidin, Anwar Mujahidin. 2011.“Konsep Kekuasaan dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya Dengan Transformasi Masyarakat Indonesia Di Era Global, Disertasi. Yogyakarta: Pasca

Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Dalam Bidang Ilmu Agama Islam Mujar, Ibnu Syarif. 2006. Presiden Non Muslim di Negara Muslim: Tinjauah

dari Perpektif Politik Islam dan Relevansinya dalam Konteks Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan

Munawir, Ahmad Warson. 1997. Kamus al-Munawwir, Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Progressif

Naldi, Wahyu. 2015. “Penafsiran Terhadap Ayat-ayat Larangan Memilih Pemimpin Non Muslim Dalam al-Qur’an (Studi Komparatif antara M. Quraish Shihab dan Sayyid Quthb), Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat

Nasir, Bachtiar, Makna dan PeristiwaYou Tube, Makna dan Peristiwa: mentadaburi al-Qur’an Surah al-Maidah ayat 51, diakses tanggal 14 januari 2016, pukul 16.00 WIB

Nasir, Bachtiar. 2017. Dibanding 212, Massa Bela Palestina Lebih Beragam, https://news.detik.com/berita/d-3773656/bachtiar-nasir-dibanding-212- massa-bela-palestina-lebih-beragam

Nasir, Ustadz Bachtiar: Tadabbur Surah Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/

watch?v=RLe6ppaTS38 diakses tanggal 27 Novermber 2017, jam 01.25

Nasir, Ustadz Bachtiar: Tadabbur Surah Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/

watch?v=RLe6ppaTS38 diakses tanggal 27 Novermber 2017, jam 01.25

Natsir, Ridwan. 2003. Memahami al-Qur’an: Perspektif Baru Tafsir Muqarin. Surabaya: CV. Indera Medika

Penjelasan Prof. Dr. M. Quraish Shihab Mengenai Ahok dan Surat Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/watch?v=rCHY6qRMY3g diakses tanggal 17 November 2017

Profil dan Biodata Ustadz Bachtiar Nasir, https://profilbiodataustadz.blogspot. co.id/2016/11/profil-dan-biodata-ustadz-bachtiar.html diakses tanggal 10 April 2017

Qurthubi, Syaikh Imam. 2008. Tafsir al-Qurthubi, terj. Dudi Rosyadi, et.al. (Jakarta: Pustaka Azzam

Qutb, Sayyid. 2002. Tafsir Fi Dzilali al-Qur’an, terj. As’ad Yasin. Jakarta: Gema Insani Press. Cet. I, Jilid III

Rais, M. Amin. 1996. Khilafah dan Kerajaan Evaluasi Kritis atas Sejarah Pemerintahan Islam, terj. Abul A’la Al-Maududi. Bandung: Mizan

Ritzer, Georgedan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern, terj. Alimandan. Jakarta: Kencana

Sahabuddin. 2007. Ensiklopedi al-Qur’an Kajian Kosa Kata. Jakarta: Lentera Hati, 2007

Samuel, Hanneman. 2012. Peter Berger: Sebuah Pengantar Ringkas. Depok: Kepik

Shihab, M. Quraish. 2000. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsīr Al-Miṣbāh, Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati Vol. III

Shihab, M. Quraish. 2004. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan

Shihab, M. Quraish. 2007, Mu’jizat al-Qur’an Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiyyah dan Pemberitaan Ghaib. Jakarta: Mizan

Shihab, M. Qurasih. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, M. Qurasih. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati

Shihab, Muhammad Quraish Shihab. 1999. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan

Shihab, Muhammad Quraish, dkk. 2000.Sejarah dan ‘Ulum al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus

Shihab, Muhammad Quraish. 1999. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan

Shihab, Muhammad Quraish. 2001. Mukjizat al-Qur’an Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Ghaib. Bandung: Mizan

Shihab, Muhammad Quraish. 2003. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudlu’I atas Pelbagai Persoalan Umat. Jakarta: Mizan

Sjadzali, Munawir. 1993. Islam Dan Tata Negara, Ajaran, Sejarah Dan Pemikiran,. Jakarta, UI-Press

Sya’roji Sy. 2015. “Kerjasama Politik Muslim Dan Non Muslim Dalam Al- Qur’an” (Studi Komparatif antara Tafsir al-Manar karya Rasyid Ridha dan Tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab). Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat

Syarif, M. Mujar Ibnu. 2006. Presiden non-Muslim di negara Muslim: tinjauan dari perspektif politik Islam dan relevansinya dalam konteks Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Syarif, Mujar Ibnu Syarif. 2006. Presiden Non Muslim Di Negara Muslim: Tinjauan Dari Perspektif Politik Islam Dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Syarif, Mujar Ibnu, Khamami Zada. 2008.Fiq Siyyasah Doktrin dan Pikiran Politik Islam. Yogyakarta: Erlangga

Taimiyah, Ibnu. 1387. Al-Siyasah al-Syar’iyah fi al- Islah al-Ra’iy Wa al-Ra’iyyah, al-Maktabah al-Salafiyyah wa Maktabatuha. Riyadh

Tamdgidi, Mohammad H. Tamdgidi. 2002. “Ideology dand Utopia ini Mannheim: Towards the Sociology of Self-Knowledge,” Human Architecture: Journal of the Sociology of Self-Knowledge: Vol. 1

Tim Penyusun. 1988. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Jembatan Merah

Tsekeris, Charalambos. 2010. “Relationalism in Sociology: Theoretical and

Methodological Elaborations”, Facta Universtitatis, Vol. 9, No 1

Umar, Nasaruddin. 2014. Deradikalisasi Pemahaman al-Qur’an dan Hadits (Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Wardhawi, Yusuf. 2010. Fiqih Jihad: Sebuah Karya Monumental Terlengkap Tentang Jihad Menurut al-Qur’an dan Sunnah, terj. Irfan Mulana Hakim, et.al. Bandung, Mizan Pustaka

Welson, Achmad. 2011. Solusi mengatasi Konflik Islam-Kristen. Semarang: Borobudur Publishing

Wijaya, Bernadi R. dan Susilo Supardo.2005. Kepemimpinan Dasar-dasar dan Pengembangannya.Yogyakarta: Andi

Zakariya, Abu al-Husain hmad Ibn Faris Ibn. 1979.Mu’jam Maqayis al-Lughah. Beirut: Dar al-Fikr

Zgourides, George D., and Christie S. Zgourides. 2000. Sociologi. Foster City: IDG Books Worlwide

Downloads

Published

2018-01-30

Issue

Section

Articles