Mannheim Membaca Tafsir Quraish Shihab dan Bahtiar Nasir Tentang Auliya’ Surah Al-Maidah Ayat 51
DOI:
https://doi.org/10.14421/ref.v18i1.1859Keywords:
Mannheim, Tafsir, Quraish Shihab, Bachtiar Nasir, Auliya, Al MaidahAbstract
The author will examine al-Maidah verse 51 according to Quraish Shihab and Bachtiar Nasir, on the one hand, which as the holy book of Muslims with social phenomena arising from events in the Thousand Islands, on the other. It will be analyzed using the sociology of Mannheim’s knowledge. Quraish Shihab interprets auliya ‘not just one meaning: leader, because basically the word comes from a close meaning. So he, in al-Maidah verse 51, then raises the meaning of supporters, defenders, patrons, lovers and more important: all of which refer and have affiliation of the meaning of closeness. So it can be concluded in this conclusion that Quraihs Shihab is extrinsically disagreeing with the leader as the only meaning in the verse. In contrast to Quraish Shihab, Bachtiar Nasir actually interpreted auliya ‘as a leader. This meaning is based on the asbab al- nuzul which he describes in Tadabbur al-Qur’an, that the historicity in this verse has a leadership precedent.
[Penulis akan menelaah Al-Maidah ayat 51 menurut Quraish Shihab dan Bachtiar Nasir, di satu sisi, yang sebagai kitab suci umat Islam dengan fenomena sosial yang muncul akibat dari peristiwa di Kepulaun Seribu, di sisi yang lain. Ini akan dianalisis menggunakan sosiologi pengetahuan Mannheim. Quraish Shihab menafsirkan auliya’tidak hanya satu makn: pemimpin, karena pada dasarnya kata tersebut berasal dari makna dekat. Sehingga ia, dalam Al-Maidah ayat 51 ini, kemudian memunculkan makna pendukung, pembela, pelindung, yang mencintai dan lebih utama: yang kesemuanya merujuk dan memiliki afiliasi makna kedekatan. Sehingga bisa disimpulkan dalam penutup ini bila Quraihs Shihab secara ekstrinsik tidak menyetujui pemimpin sebagai satu-satunya arti dalam ayat yang bersangkutan. Berbeda dengan Quraish Shihab, Bachtiar Nasir justru memaknai auliya’ sebagai pemimpin. Pemaknaan ini dilandasi oleh asbab al-nuzul yang ia jelaskan dalam Tadabbur al-Qur’an, bahwa kesejarahan dalam ayat ini memiliki preseden kepemimpinan.]
References
Abduh, Muhammad. 1972. Al’A’mal al-Kamilah, (Beirut: al-Muassah al-Arabiyah lid-Dirasah wan-Nasyr
Afriansyah Sy., Ade Afriansyah. 2014. “Pemimpin Ideal Menurut Al-ghazali. Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat
Al-Albani, Muhammad Nasiruddin. 2006. Shahih Sunan Abu Daud, terj. Abd. Mufid Ihsan. Jakarta: Pustaka Azzam
Al-Bagdadi, Abdurrahman.1988. Beberapa Pandangan Mengenai Penafsiran al- Qur’an, terj. Abu Laila dan Muhammad Thohir. Bandung: PT al-Ma’arif
Al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Isma’il al-Bukhari. 2006.Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr
Al-Farizi, Mudrik. 2016. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Volume 11, No 1. Ngawi: IAI
Al-Makin. 2017. Antara Barat dan Timur: Batasan, Dominasi, Relasi, dan Globalisasi. Yogyakarta: Suka-Press
Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Terjemah Tafsir al-Maraghi, terj. Bahrun Abu Bakar, et.al. Semarang: PT. Toha Putra
Al-Mawardi, Abu Hasan.Al-Ahkam as-Sulthaniyyah wa al-wilayah ad-Diniyyah. Mesir: Mustafa al-Asab al-Halib
Al-Misri, Ibnu Mukrim Ibn Mansur.Lisan al-Arab. Beirut, Dar-Adl, t.th. Juz XII Al-Munawwar, Said Agil Husein. 2002. Al-Qur ’an Membangun Tradisi Keshalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers
Anis, Ibrahim dkk., 1972. Al-Mu’jam al-Wasth.Kairo, Dar-al Ma’rif
Anwar, Hamdani. “Telaah Kritis Terhadap Tafsir Al-Misbah Karya M. QUraish Shihab” dalam jurnal Mimbar Agma dan Budaya, No. 2, 182
Ar-Raziq, Ali Abd ar-Raziq. 2002. Islam Dasar-Dasar Pemerintahan Kajian Khafah dan Pemerintahan dalam Islam, terj. M. Zaid Su’di. Yogyakarta: Jendela
Ar-Rumi, Fahd bin ‘Abdurrahman. 1996. ‘Ulumul Qur’an: Studi Kompleksitas al-Qur’an, terj. Amirul Hasan dan Muhammad Halabi. Yogyakarta: Titian Ilahi Press
As-Saluts, Ali As-Saluts. 1997. Imamah dan Khilafah dalam Tinjauan Syar’I, terj. Asmuni Solihan Zamakhsyari. Jakarta: Gema Insani Press
As-Shiddiqi, Teungku Muhammad Hasbi. 2000. Tafsir al-Qur’anul Majid an-Nur. Semrang: Pustaka Rizki Putra. Cet. II, Jilid V
Azra, Azyumardi. “Populisme Islam”. 2017.http://www.republika.co.id/berita/
kolom/resonansi/17/12/28/p1ng1k440-populisme-islam-1
Bachtiar Nasir, Tadabbur al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani), Juz 1 & 2
Bachtiar Nasir, Tadabbur al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani), Juz 3
Bachtiar, Edi Bahtiar. 1999.“Mencari Format Baru Penafsiran di Indoensia: Telaah Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab”, Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Bachtiar, Edi. 1999. “Mencari Format Baru Penafsiran di Indonesia: Telaah Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab”, Tesis Master IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Baldan, Nashiruddin. 1997. Metodologi Penafsiran al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baum, Gregory Baum. 1999.Agama Dalam Bayang-Bayang Relativisme: Agama, Kebenaran, dan Sosiologi Pengetahuan, terj. Achnad Murtajib Chaeri dan Masyuri Arow. Yogyakarta: Tiara wacana
Ba-Yunus, Ilyas. 1988. “Contemporary Sociology: an Islamic Critique”, dalam Islam Source and Purpose of Knowledge Procedings and Selected Paper of Second Conference on Islamization of Knowledge 1402
AH/1982 AC. Virginia: International Institute of Islamic Thought
Berger, Peter L., dan Thomas Luckman. 2012. Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan, terj. Hasan Basari. Jakarta: LP3ES
Brue, Steve dan Steven Yearley. 2006. The Sage Dictionary of Sociology. London, Thousand Oaks, New Delhi: Sage Publications
Cawidu, Harifuddin. 1991. Konsep Kufur Dalam al-Qur’an: Suatu Kajian Teologis Dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Jakarta: Bulan Bintang Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Al-Huda,
Kelompok Gema Insani
Fanani, Muhyar. 2010. Metode Studi Islam: Aplikasi Sosiologi Pengetahuan Sebagai Cara Pandang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Faqih, Ainur Rahim dan wijayanto. 2001. Kepemimpinan Islam. UII-Press Yogyakarta
Frederspiel, Howard M.. 1996. Kajian Al-Qur’an di Indonesia dari Mahmud Yunus hingga Quraish Shihab, alih bahasa Tajul Arifin. Bandung: Mizan
Ghafur, Saiful Amin. 2008. Profil Para Mufassir Al-Qur’an.Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Gusmian, Islah. 2003. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Jakarta: Teraju
H. A. Djazuli. 2003. Fiqh Siyasah: Implementasi Kemaslahatan Umad dalam Rambu-Rambu Syari’ah. Bogor: kencana
Hadi, Sutrisno Hadi. 1989. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Hafidhuddin, Didin. 2003. hendri Tanjung, Manajemen Syari’ah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani
Hamka. 1982.Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas
http://liputanislam.com/opini/metamorfosis-ustadz-bachtiar-nasir/ diakses pada
tanggal 10 april 2017 pukul 14.00 WIB. https://id.wikipedia.org/wiki/Aksi_Bela_Islam, diakses tanggal 14 januari
, Pukul 13.00 WIB.
https://seword.com/politik/jadi-gnpf-mui-itu-sebenarnya-apa diakses tangal 05 Desember 2017
https://tirto.id/ahok-tandatangani-berkas-dugaan-penistaan-agama-b6cU diakses tanggal 17 Desember 2017
https://tirto.id/di-balik-susutnya-massa-aksi-bela-islam-cl14 diakses tanggal 17 Desember 2017
https://tirto.id/kronologi-kasus-dugaan-penistaan-agama-b457 diakses tanggal 17 Desember 2017
Inilah Profil Ustadz Bachtiar Nasir, https://jurnalpriangan.com/2016/11/04/inilah- profil-ustad-bachtiar-nasir-pimpinan-demo-bertemu-jk/ diakses tanggal 10 April 2017, pukul 17.00 WIB.
Jusoh, Yahya, Kamarul Azmi Jasmi. 2006. Pendidikan Politik dan Khilafah Islam dalam Pelbagai Perspektif.Johor: Darul Ta’zim
Kamil, Syukron. 2007. Syariah Islam dan HAM Dampak Perda Syariah Terhadap Kebebasan Sipil, Hak-Hak Perempuan, dan Non-Muslim.Jakarta: CRSC Karena Suarakan Al-Maidah 52, Bachtiar Nasir Dicekal dalam Salah Satu Acara TV http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/11/09/ ogc8tg396-karena-suarakan-al-maidah-51-bachtiar-nasir-dicekal-dalam-satu-acara-tv diakses tanggal 17 November 2017
Kasmantoni. 2008. Lafadz Kalam dalam Tafsir al-Misbah Quraish Shihab Studi Analisa Semantik.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Tesis
Kettler, David. Colin Loader, dan Volker Meja. 1987. Karl Mannheim and the Legacy of Max Weber Retrieving a Researh Programme (Hampshire: Ashgate Publishing Limited, 2008), 5;SN. Eisenstadt, “The Classical Sociology of Knowledge and Beyond”, Minerva, Vol. 25, Issue 1-2
Khalik, Abu Tholib. 2014. Analisis:Jurnal Studi KeIslaman, Volume 1, No 1. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung
Kusmana. 2002. “Membangun Citra” dalam Badri Yatim dan Hasan Nasuhi, (ed), Membangun Pusat Keunggulan Studi Islam: Sejarah dan Profil Pimpinan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: IAIN Press
Mannheim, Karl. 1991. Ideologi dan Utopia: Menuingkap Kaitan Pikiran dan Politik, terj. F. Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius
Mastuhu, M. DendeRidwan. Tradisi Baru Penulisan Agama Islam,Pusjarlit: Penerbit Nusantara, Jakarta
Mubarok, M. Shobri. 2008.“Sabar Menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir al-Misbah”, Skripsi. Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama Dan Filsafat
Muhajir, Noeng Muhajir. 1993. Metode Penulisan Kualitatif. Rake Sarasin, Jakarta Mujahidin, Anwar Mujahidin. 2011.“Konsep Kekuasaan dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya Dengan Transformasi Masyarakat Indonesia Di Era Global, Disertasi. Yogyakarta: Pasca
Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Dalam Bidang Ilmu Agama Islam Mujar, Ibnu Syarif. 2006. Presiden Non Muslim di Negara Muslim: Tinjauah
dari Perpektif Politik Islam dan Relevansinya dalam Konteks Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan
Munawir, Ahmad Warson. 1997. Kamus al-Munawwir, Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Progressif
Naldi, Wahyu. 2015. “Penafsiran Terhadap Ayat-ayat Larangan Memilih Pemimpin Non Muslim Dalam al-Qur’an (Studi Komparatif antara M. Quraish Shihab dan Sayyid Quthb), Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat
Nasir, Bachtiar, Makna dan PeristiwaYou Tube, Makna dan Peristiwa: mentadaburi al-Qur’an Surah al-Maidah ayat 51, diakses tanggal 14 januari 2016, pukul 16.00 WIB
Nasir, Bachtiar. 2017. Dibanding 212, Massa Bela Palestina Lebih Beragam, https://news.detik.com/berita/d-3773656/bachtiar-nasir-dibanding-212- massa-bela-palestina-lebih-beragam
Nasir, Ustadz Bachtiar: Tadabbur Surah Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/
watch?v=RLe6ppaTS38 diakses tanggal 27 Novermber 2017, jam 01.25
Nasir, Ustadz Bachtiar: Tadabbur Surah Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/
watch?v=RLe6ppaTS38 diakses tanggal 27 Novermber 2017, jam 01.25
Natsir, Ridwan. 2003. Memahami al-Qur’an: Perspektif Baru Tafsir Muqarin. Surabaya: CV. Indera Medika
Penjelasan Prof. Dr. M. Quraish Shihab Mengenai Ahok dan Surat Al-Maidah 51, https://www.youtube.com/watch?v=rCHY6qRMY3g diakses tanggal 17 November 2017
Profil dan Biodata Ustadz Bachtiar Nasir, https://profilbiodataustadz.blogspot. co.id/2016/11/profil-dan-biodata-ustadz-bachtiar.html diakses tanggal 10 April 2017
Qurthubi, Syaikh Imam. 2008. Tafsir al-Qurthubi, terj. Dudi Rosyadi, et.al. (Jakarta: Pustaka Azzam
Qutb, Sayyid. 2002. Tafsir Fi Dzilali al-Qur’an, terj. As’ad Yasin. Jakarta: Gema Insani Press. Cet. I, Jilid III
Rais, M. Amin. 1996. Khilafah dan Kerajaan Evaluasi Kritis atas Sejarah Pemerintahan Islam, terj. Abul A’la Al-Maududi. Bandung: Mizan
Ritzer, Georgedan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern, terj. Alimandan. Jakarta: Kencana
Sahabuddin. 2007. Ensiklopedi al-Qur’an Kajian Kosa Kata. Jakarta: Lentera Hati, 2007
Samuel, Hanneman. 2012. Peter Berger: Sebuah Pengantar Ringkas. Depok: Kepik
Shihab, M. Quraish. 2000. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsīr Al-Miṣbāh, Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati Vol. III
Shihab, M. Quraish. 2004. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan
Shihab, M. Quraish. 2007, Mu’jizat al-Qur’an Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiyyah dan Pemberitaan Ghaib. Jakarta: Mizan
Shihab, M. Qurasih. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, M. Qurasih. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al- Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, Muhammad Quraish Shihab. 1999. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan
Shihab, Muhammad Quraish, dkk. 2000.Sejarah dan ‘Ulum al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus
Shihab, Muhammad Quraish. 1999. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan
Shihab, Muhammad Quraish. 2001. Mukjizat al-Qur’an Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Ghaib. Bandung: Mizan
Shihab, Muhammad Quraish. 2003. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudlu’I atas Pelbagai Persoalan Umat. Jakarta: Mizan
Sjadzali, Munawir. 1993. Islam Dan Tata Negara, Ajaran, Sejarah Dan Pemikiran,. Jakarta, UI-Press
Sya’roji Sy. 2015. “Kerjasama Politik Muslim Dan Non Muslim Dalam Al- Qur’an” (Studi Komparatif antara Tafsir al-Manar karya Rasyid Ridha dan Tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab). Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Agama dan Filsafat
Syarif, M. Mujar Ibnu. 2006. Presiden non-Muslim di negara Muslim: tinjauan dari perspektif politik Islam dan relevansinya dalam konteks Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Syarif, Mujar Ibnu Syarif. 2006. Presiden Non Muslim Di Negara Muslim: Tinjauan Dari Perspektif Politik Islam Dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Syarif, Mujar Ibnu, Khamami Zada. 2008.Fiq Siyyasah Doktrin dan Pikiran Politik Islam. Yogyakarta: Erlangga
Taimiyah, Ibnu. 1387. Al-Siyasah al-Syar’iyah fi al- Islah al-Ra’iy Wa al-Ra’iyyah, al-Maktabah al-Salafiyyah wa Maktabatuha. Riyadh
Tamdgidi, Mohammad H. Tamdgidi. 2002. “Ideology dand Utopia ini Mannheim: Towards the Sociology of Self-Knowledge,” Human Architecture: Journal of the Sociology of Self-Knowledge: Vol. 1
Tim Penyusun. 1988. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Jembatan Merah
Tsekeris, Charalambos. 2010. “Relationalism in Sociology: Theoretical and
Methodological Elaborations”, Facta Universtitatis, Vol. 9, No 1
Umar, Nasaruddin. 2014. Deradikalisasi Pemahaman al-Qur’an dan Hadits (Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Wardhawi, Yusuf. 2010. Fiqih Jihad: Sebuah Karya Monumental Terlengkap Tentang Jihad Menurut al-Qur’an dan Sunnah, terj. Irfan Mulana Hakim, et.al. Bandung, Mizan Pustaka
Welson, Achmad. 2011. Solusi mengatasi Konflik Islam-Kristen. Semarang: Borobudur Publishing
Wijaya, Bernadi R. dan Susilo Supardo.2005. Kepemimpinan Dasar-dasar dan Pengembangannya.Yogyakarta: Andi
Zakariya, Abu al-Husain hmad Ibn Faris Ibn. 1979.Mu’jam Maqayis al-Lughah. Beirut: Dar al-Fikr
Zgourides, George D., and Christie S. Zgourides. 2000. Sociologi. Foster City: IDG Books Worlwide