Pemetaan Jejak Pengetahuan: Sebuah Catatan Kronologis Epistemologi Islam perspektif al-Jabiri
DOI:
https://doi.org/10.14421/ref.v24i1.5357Keywords:
Epistemologi, Kronologi, Historisitas, Al jabiriAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan yang cermat terhadap perjalanan dan perkembangan jejak pengetahuan yang telah menjadi bagian integral dari budaya penalaran dalam masyarakat Arab, yang pada gilirannya menjadi pondasi yang kuat dalam pembentukan penalaran dalam Islam secara menyeluruh. Seorang pemikir Islam yang terkenal dari wilayah Maghrib, yaitu al-Jabiri, telah mengembangkan sebuah kerangka pemikiran yang terdiri dari tiga tipologi sistem penalaran yang memengaruhi dan membentuk pengetahuan di kalangan masyarakat Arab tersebut; yakni bayan, ‘irfān, dan burḥān. Penelitian yang disajikan dalam artikel ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berlandaskan pada sumber data dari penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menguraikan bahwa keberadaan ketiga sistem penalaran ini adalah hasil dari dinamika pergulatan ideologis-politis yang saling berkompetisi untuk mendominasi, daripada sekadar menjadi sesuatu yang bersifat transformatif. Epistemologi bayan dan ‘irfān hadir dalam keberagaman unsur pra-Islam yang telah meresap dan semakin berakar kuat pada masa kodifikasi dan gerakan penerjemahan. Sementara itu, epistemologi burḥān muncul pada masa kekuasaan Daulah Abbasiyah di bawah kepemimpinan al-Ma’mun, yang diinisiasi dengan tujuan untuk menekan kelompok-kelompok yang menentang negara, khususnya mereka yang berpegang teguh pada pemikiran 'irfān. Historisitas dari ketiga epistemologi ini saling bersilangan dan membentuk pola penalaran yang khas bagi bangsa Arab.
References
Abdullah, M. Amin. ‘al-Ta’wîl al-‘Ilmî: Ke Arah Perubahan Paradigma Penafsiran Kitab Suci”. Al-Jâmi’ah, Vol. 39, No. 2, (2001).
Ahmad, Khalil ibn. Kitâb al-‘Ain: Murattabâ ‘alâ ẖurûf al-Mu’jam. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2003.
al-Jabiri, Muhammad ‘Abid. Buniyah al-‘Aql al-‘Arabî: Dirâsah Taẖlîliyah Naqdiyah li Nuzhum al-Ma’rifah fî al-Tsaqâfah al-‘Arabiyah. Beirut: Markaz Dirâsât al-Waẖdah al-‘Arabiyah, 2009.
-------. Formasi Nalar Arab, Terj. Imam Khoiri dari judul Takwîn al-‘Aql al-‘Arâb. Jogjakarta: IRCiSoD, 2014.
al-Manzhur, Ibn. Lisân al-‘Arab. t.d,.
Bagir, Haidar. Buku Saku Filsafat Islam. Jakarta: Mizan, 2005.
Bonjour, Laurence. Epistemology: Classic Problems and Contemporary Responses (Second Edition). United Kingdom: Rowman & Littlefield Publishers, Inc, 2010.
Danecki, Janusz. “Early Arabic Phonetical Theory: Phonetics of al-Halil ibn Ahmad and Sibawaihi”, dalam Rocznik Orientalistyczny/Yearbook of Oriental Studies, Vol. 39, No. 2, (1978).
Faisol, M. “Struktur Nalar Arab-Islam Menurut al-Jabiri”. Jurnal Tsaqafah, Vol. 6, No. 2, (2010).
Ilman ZF, Robby Zidni dan Fatima Az-Zahra. “Konstruksi Hermeneutika Al-Qur’an al-Jabiri: Analisis Kritis QS. al-Mukminun Ayat 12-14”. Citra Ilmu, Vol. xvii, No. 32, (2020).
Maliki, Ahmad. “Menggagas Epistemologi dalam Filsafat Islam”. At-Thariq: Jurnal Studi Islam dan Budaya, Vol. 1, No. 2 (2021).
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2010.
Na’im, Zaedun. “Epistemologi Islam dalam Perspektif M. ‘Abid Al Jabiri”. Jurnal Transformatif, Vol. 5 No. 2, (2021).
Nawawi, Abdul Muid. “Konteks dan Basis Epistemologi Ilmu Ladunni”, dalam https://ibihtafsir.id/2023/09/23/konteks-dan-basis-epistemologis-ilmu-ladunni/. Diakses pada 9 Oktober 2023.
Rahman, Fazlur. Islam. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1966.
Rescher, Nicholas. Epistemology: An Introduction to the Theory of Knowledge. Albany: State University of New York Press, 2003.
Ro’uf, Abdul Mukti. Kritik Nalar Arab Muẖammad ‘Âbid al-Jâbirî. Yogyakarta: LkiS, 2018.
Rozi, Ahmad Bahrur. “Menimbang Gagasan Epistemologi Islam al-Jabiri sebagai Solusi Kebangkitan Islam Modern”. Empirisma, Vol. 27, No. 2, (2018).
Runes, Dagobert D. (ed.). The Dictionary of Philosophy. New York: Philosophical Library, t.th.
Sodiq, Akhmad. Epistemologi Islam: Argumen al-Ghazali atas Superioritas Ilmu Ma’rifat. Depok: Kencana, 2017.
Soleh, A. Khudori. filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer. Sleman: Ar-Ruzz Media, 2016.
Sulastriyani, Eva. “Epistemologi sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Muhammad ‘Abid al-Jabiri dan James Frederick Ferrier”. Gunung Djati Conference Series, Vol. 24, (2023).
Titus, Harold H. Persoalan-Persoalan Filsafat, Terj. oleh H.M. Rasjidi dari judul Living Issues in Philosophy. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Wehr, Hans. A Dictionary of Modern Written Arabic. New York: Spoken Language Services, Inc, 1967.
Wijaya, Aksin. Nalar Kritis Epistemologi Islam: Membincang Dialog Kritis Para Kritikus Muslim: al-Gazali, Ibn Rusyd, Thah Husein, Muhammad ‘Abid al-Jabiri. Sleman: Teras, 2014.
-------. Satu Islam Ragam Epistemologi: Dari Epistemologi Teosentrisme ke Antroposentrisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hani Fazlin, Hamka Hasan, Abd. Muid N
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.