PERKEMBANGAN INFORMATION TECHNOLOGY USAHA RESTORAN DI SOLO

Andi Asrihapsari, Titik Setyaningsih, Doddy Setiawan

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan information technology usaha restoran di wilayah Solo. Metoda pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria 1) restoran ada di wilayah Solo, dan 2) data selama periode penelitian dapat diperoleh. Sedangkan metoda pengumpulan datanya menggunakan survey kuesioner. Kuesioner sebanyak 200 disebar ke restoran yang ada di wilayah Solo. Dengan pengembalian kuesioner melalui media WhatsApp, sebanyak 30 kuesioner berhasil dikumpulkan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2016, yang mana dibagi menjadi dua tahapan, yaitu menyusun data dalam bentuk diagram dan menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian, yang mana ditunjukkan dengan persentase sebesar 50-90%, fasilitas IT yang diadopsi oleh mayoritas restoran di Solo untuk menunjang performa restoran meliputi: 1) fasilitas Wi-Fi, 2) fasilitas pembayaran non tunai, 3) fasilitas IT terkait pembayaran pesanan, 4) fasilitas mitra transportasi online, 5) fasilitas IT kasir, 6) fasilitas media online. Berdasarkan temuan tersebut, baiknya restoran sesegera mungkin mulai melakukan secara bertahap adopsi teknologi informasi di atas (sesuai hasil penelitian), agar dapat tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

 

ABSTRACT

The purpose of this styudy was to find out the development of information technology in restaurant businesses in the Solo region. The sampling method uses purposive sampling, with criteria 1) restaurants are in the Solo region, and 2) data during the study period can be obtained. While the data collection method uses questionnaire survey. 200 questionnaires were distributed to restaurants in the Solo area. By returning the questionnaire through WhatsApp media, 30 questionnaires were collected.

This type of research is descriptive. Data is processed using Microsoft Excel 2016 application, which is divided into two stages, namely compiling data in the form of diagrams and analyzing data. Based on the results of the study, which indicated a percentage of 50-90%, IT facilities adopted by the majority of restaurants in Solo to support restaurant performance included: 1) Wi-Fi facilities, 2) non-cash payment facilities, 3) IT facilities related to payments orders, 4) online transportation partner facilities, 5) IT cashier facilities, 6) online media facilities. Based on these findings, it is good for the restaurant as soon as possible to start doing the gradual adoption of information technology (according to the research results), so that they can survive in the increasingly fierce competition.


Keywords


descriptive research, IT in restaurant

Full Text:

PDF

References


Asrihapsari, Andi. 2012. Pengaruh Adopsi IT Fashion terhadap Kinerja Perusahaan dan Legitimasi Perusahaan. Tesis, Universitas Gadjah Mada.

Aziz , Abdul, dan Ubaidilah. 2015. Peran Iklan, Promosi Penjualan Dan Acara Khusus Pada Brand Awareness Restaurant Dixie Easy Dining Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu 6 (2) : 40 45.

Defriana, D. dan D.P. Lestari. 2017. Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Online Berbasis Mobile Browser Pada Restoran Tiga Saudara. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer 22(3): 158-170.

Hubeis, Musa, dan S. A. Banuhapsari. 2001. Penerapan Teknik Penyusunan Menu Di Restoran Bengawan Solo Hotel Sahid Jaya. Jurnal Teknol Dan Industri Pangan 12(2) :133-140.

Kusumawati, Tyas. 2013. Pembuatan Media Promosi Berbasis Website Pada Graha Prima Restaurant Pacitan. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FT Universitas Surakarta 2(1) : 7-12.

Lee, Christopher.2012. Rahasia Fungsi Excel 2007 dan 2010. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo

Mandasari, Vina, dan Bayu Adhi Tama. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ. Jurnal Generic 6 (1) : 25-28.

Negara, I Dewa Gede Dirga, A.B.Tjandrarini, dan Sulistiowati. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dewi Sinta Hotel And Restaurant. Jurnal Sistem Informasi (3) 1 : 27-32.

Panca, anang. 2018 . Cara Daftar dan Sistem Biaya Bagi Hasil Go-Food. https://harga.web.id/cara-daftar-dan-sistem-biaya-bagi-hasil-go-food.info .24 november 2018 (02.30).

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 Standar Usaha Restoran. 10 Juli 2014. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 968. Jakarta.

Putro, Shandy Widjoyo, Prof. Dr.Hatane Semuel, Ms., Ritzky Karina M.R. dan Brahmana, S.E., M.A. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 2(1) : 1-9.

Qudratullah, Mohammad Farhan. 2017. Statistik Nonparametrik Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan IBM SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Saputra, A. dan C. Wongosudono. 2017. Analisis Pengaruh Penerapan E-commerence dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis 27(1): 53-62.

Staw, B. M., dan Epstein, L. D.. 2000. What Bandwagons Bring: Effects of Popular Management Techniques on Corporate Performance, Reputation, and CEO Pay. Administrative Science Quarterly (45:3). Hlm 523-556.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Statistika Deskriptif dan Probabilitas. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Supriyanto, Antok dan Bre Sukma Kirana. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Makanan Cepat Saji Melalui Internet Dengan Multi Outlet. Seminar Nasional Informatika. Yogyakarta : 342-348.

Syahid. 2018 . cara mendaftar sebagai mitra grab food. http://majels.com/Cara-Mendaftar-Sebagai-Mitra-Grab-Food.html . 24 november 2018 (03.10).

Wang, Ping. 2010. Chasing the Hottest It: Effects of Information Technology Fashion on Organizations. MIS Quarterly (34:1). Hlm 63-85.

Wardoyo, L. Sularto, dan T. Yunitasari. 2015. Analisis Penggunaan dan Kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Restoran Skala Kecil di Jabodetabek. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Padang. 5 Mei: 176-182.

https://www.bi.go.id/id/statistik. Diakses 30 Juli 2018.




DOI: https://doi.org/10.14421/EkBis.2018.2.1.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andi Asrihapsari, Titik Setyaningsih, Doddy Setiawan

EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

ISSN: 2549-4988 (cetak); 2550-1267 (online)
Diterbitkan oleh: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks Oleh:

googlescholargarbamoraref crosscross
neliti