Pola Komunikasi Pembelajaran Antara Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-06Keywords:
Pola Komunikasi, orang tua dan guru, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pembelajaran antara guru dan orang tua di PAUD Wadas Kelir khususnya di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap, yakni reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi pembelajaran antara guru dan orang tua yakni ada empat pola yang mana setiap pola memiliki lambang bahasa dan media yang berbeda. Adapun yang digunakan oleh guru yakni 1) pola komunikasi primer dengan menggunakan lambang bahasa verbal dan non verbal, 2) pola komunikasi sekunder dengan menggunakan media sosial ataupun media cetak. 3) pola komunikasi linier, dan 4) pola komunikasi sirkuler.
Downloads
References
Agustin, Mubiar, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, and Heni Nafiqoh. “Tipikal Kendala Guru PAUD Dalam Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Implikasinya.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.
Ana Kuswanti, Muqsith Abdul Munadhil, Anna Gustina Zainal, Selly Oktarina. “Manajemen Komunikasi Keluarga Saat Pandemi COVID-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 8 (2020): 707–22. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.16552.
Ardiyanti, Silva, and Erni Munastiwi. “PERAN ORANG TUA DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL BAGI” 4, no. 2 (2020).
Arifin, Anwar. Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995.
Astini, Ni Komang Suni. “Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial.” Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 STAHN Mpu Kuturan, no. 113–121 (2019): 113–20.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT : Raja Grafindo Persada, 2008.
Effendy, Onong Uchjiyana. Pengantar Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Hartati, Jusna. “Pengaruh Pola Komunikasi Dan Motivasi Guru Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Di Mtsn 2 Bengkulu Selatan” 4, no. 2 (n.d.): 234–41.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
HIDAYATURROCHMAN, FAJAR. “POLA KOMUNIKASI KYAI DAN SANTRI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN DARUL MUZANI KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP.” IAIN Purwokerto, 2016.
Husain, Chaidar. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah Tarakan” 2, no. 2004 (2014): 184–92.
Ibrahim, Endin Mujahidin, Didin Saefuddin. “ANALISIS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MAN KABUPATEN KARAWANG).” International Journal Of Islamic Education Ta’dibuna 3, no. 2 (2014): 122–40.
Inah, Ety Nur. “PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA.” Al-Ta’dib 8, no. 2 (2015): 150–67.
Jumliadi, Muhammad Arsyam, and Andi Muhammad Shaleh Alwi. “Strategi Komunikasi Pembelajaran Dari Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Di Masa Pandemi.” Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah 10 (2020): 231–41. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http.
Komalasari, Rita. “Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19.” Tematik 7, no. 1 (2020): 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369.
Kurniawan, Dani. “Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 1 (2018): 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65.
Marwiyati, Sri, and M.Agung Hidayatulloh. “Peran "Cakruk Baca Bergerak” Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 2 (2018): 61. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236.
Masdul, Muh. Rizal. “KOMUNIKASI PEMBELAJARAN.” Jurnal, Iqra Kependidikan, Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2018): 1–15.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Mubin, Muhammad Nurul. “Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Sederajat.” Heutagogia 1, no. 1 (2021): 16–31.
Muslih, Basthoumi. “Urgensi Komunikasi Dalam Menumbuhkan Motivasi Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 5, no. 1 (2020): 57–65.
Prof, Assist, and Eva Kasparova. “E-Learning Online and the Role of Social Communication,” no. July (2012): 117–24.
Rawat, Deepti. “IMPORTANCE OF COMMUNICATION IN TEACHING LEARNING PROCESS Ms Deepti Rawat Research Scholar Shobhit University Meerut.” An International Peer Reviewed & Refered 4, no. 26 (2016): 3058–63.
SANATI, ISTIJABATIS. “POLA KOMUNIKASI VERBAL DAN NON-VERBAL ANTARA MAHASISWA ASING DENGAN MAHASISWA LOKAL.” UNS, 2016.
Sari DA, Mutmainah RN, Yulianingsih I, Tarihoran TA, Bahfen M. “Ke-Siapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, ‘Di Rumah Saja.’” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1, no. 5 (2021): 76–89.
Sholicha, Hestutyani Putri, Siti Fatonah, and Edy Susilo. “Pola Komunikasi Antara Guru Dan Murid Dalam Menyampaikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmu Komunikasi 13 (2015): 225.
Sudrajat, Jajat. “Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis 13, no. 1 (2020): 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb.
Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1138–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.