Pendidikan Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21

Authors

  • Irfan Hania UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suteja IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-10

Keywords:

Pendidikan Islam, Al-Ghazali, Ibn Rusyd, Relevansi Abad-21

Abstract

Tulisan ini memaparkan perbedaan pandangan dua tokoh terkenal dalam filsafat Islam, Al-Ghazali dan Ibn Rusyd, terhadap konsep alam semesta, sumber pengetahuan, dan pendidikan. Metodologi penelitian ini melibatkan analisis literatur yang mendalam untuk memahami argumen dan perspektif kedua tokoh ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ghazali cenderung memprioritaskan keberagamaan dan sufistik dalam pendidikan, sementara Ibn Rusyd menekankan rasionalitas dan pertumbuhan intelektual. Kedua pendekatan ini mempengaruhi paradigma pendidikan Islam kontemporer, khususnya dalam konteks kurikulum dan peran pengetahuan. Limitasi dari penelitian ini melibatkan ruang lingkup studi yang terbatas pada dua tokoh dan kurangnya data empiris. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan adanya kajian empiris untuk memahami implementasi dan dampak dari perspektif ini dalam pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini berdampak penting pada pembuat kebijakan pendidikan, desainer kurikulum, dan edukator yang terlibat dalam pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. Averroisme: Dimensi-Dimensi Pemikiran Ibn Rusyd. Bildung, 2018.

Afif, Muhammad Bahrul. “Menelaah Pemikiran Ibnu Rusyd Dalam Kitab Fasl Al-Maqal Fi Ma Baina Al-Hikmah Wa Al-Syari’ah Min Al-Ittisal.” El-Afkar 8, no. 2 (2019): 1–24.

Agus, Zulkifli. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Antropologi.” Raudhah: Journal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 2 (2018): 21–37. doi:10.18326/mdr.v8i2.201-228.

Al-Ghazali. Tahafut Al-Falasifah Kerancuan Filsafat Terj. Achmad Maimun. Yogyakarta: Forum, 2015.

As-Said, Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2011.

Bahri, Saiful. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 57–76. doi:10.21274/taalum.2015.3.1.57-76.

Carnerio, Roberto, and Alexandra Draxler. “Education for the 21st Century: Lessons and Challenges.” European Journal of Education 43, no. 2 (2008): 149–60. doi:https://doi.org/10.1111/j.1465-3435.2008.00348.x.

Dianna, Daru Nur. “Kontribusi Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Islam; (Studi Analisis Al-Ghazali Dan Ibn Rusyd).” Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Pemikiran Islam 18, no. 1 (2020): 33–49.

Hasan, Muhammad Tholhah. Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Lantabora. Jakarta, 2006.

Ibrahim, Sulaeman. Pendidikan Sebagai Imperialisme Dalam Merombak Pola Pikir Intelektualisme Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Iqbal, Muhammad. Ibn Rusyd & Averroisme. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2004.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Qur’an Kemenag in Microsoft Word Versi 2.0, n.d.

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mulyadi. “Polemik Pemikiran Filsafat Al-Ghazali Dan Ibnu Rusyd.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 8, no. 2 (2008): 154–69.

Nata, Abudin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Ni’amah, Khoirotul. “Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali.” Heutagogia: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2021): 59–71. http://202.0.92.5/tarbiyah/HJIE/article/view/3934.

Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2017): 41–54. doi:10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.

Rachman, Budhy Munawar. Ensiklopedi Nurcholis Madjid Jilid 2 Edisi Digital. Jakarta: Democracy Project, 2012.

Rais, Wendi. “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konsep Manajemen Hubungan Masyarakat Dengan Sekolah.” Jurnal Ekonomi Dan Sosial 10, no. 1 (2019): 55–73.

Sabri, Fahruddin Ali Sabri Fahruddin Ali. “Ibn Rusyd Dan Metode Ijtihâd-Nya Dalam Kitab Bidâyat Al-Mujtahid.” AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial 5, no. 2 (2012): 183–98. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/alihkam/article/download/289/280.

Sjafriani, Ririn. Pendidikan Global: Menggunakan Teknologi Untuk Memperkenalkan Dunia Global Kepada Siswa. Kanisius: Indeks, 2011.

Sodiq, Akhmad. Epistimologi Islam Argumen Al-Ghazali Atas Superioritas Ilmu Ma‟rifat. Jakarta: Kencana, 2017.

Soleh, Khudori. Filsafat Islam Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Wahid, Abdul. Konsep Ilmu Pengetahuan Menurut Al-Ghazali Dan Ibnu Rusyd Serta Implikasinya Terhadap Dunia Pendidikan Di Zaman Modern. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2014.

Wijaya, Aksin. Teori Interpretasi Al-Qur’an Ibnu Rusyd:Kritik Ideologis-Hermeneutis. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 241–251. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-10

Issue

Section

Articles