Ragam Makna Kesahihan Hadis

Authors

  • ainul azhari azhari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • A. Hasan Asy’ari ‘Ulama`i UIN Wali Songo
  • Ahmad Musyafiq Musyafiq

DOI:

https://doi.org/10.14421/livinghadis.2018.1437

Keywords:

kesahihan hadis, Muhammad Haqqi al-Nāzili, Khazīnatul Asrār

Abstract

The scholars of hadith have standards and criteria for determining the validity of the hadith. Therefore, their standards vary and through the different criteria are different in interpreting the authentic hadith. This difference of meaning must be explained in relation to the practice of hadith and its use as an argument. The true meaning according to Muhammad Haqqi al-Nāzilī is a continuous hadith, not narrated through the siqah narrator, in spite of syaż and 'illat and his traditions conveying the privileges of the sunna practices that can motivate someone to carry out the practices of the sunna. So someone who performs these deeds based on authentic hadith and get a reward that doubled because it already knows the virtue of the hadith.

The validity of the traditions contained in the book of Khazīnat al-Asrār Jalīlat al-Ażkār based on the criteria of the jumhur ulama of hadith states that these traditions do not reach the valid degree. But the traditions in it are dominated by hadith hasan and ḍa'īf. From a number of hadiths sampled in this study proves that there are 14 Hadiths, Hadiths that have ḍa'if degree of hadith 24 hadith, and hadith reaching degree ṣaḥīḥ only 8 hadith. However, according to al-Nāzili hadith in the book of Khazīnat al-Asrār are authentic hadiths based on the standard of criteria that he possesses.

 

 

Para ulama hadis mempunyai standar dan kriteria untuk menentukan kesahihan hadis. Maka dari itu, standar mereka berbeda-beda dan melalui perbedaan kriteria tersebut maka berbeda pula dalam memaknai hadis sahih. Perbedaan makna ini harus dijelaskan terkait dengan pengamalan hadis dan penggunaannya sebagai hujah. Makna sahih menurut Muhammad Haqqi al-Nāzilī adalah hadis yang sanadnya bersambung,  tidak diriwayatkan melalui perawi yang ṡiqah, tidak terhindar dari syaż dan ‘illat dan hadis-hadisnya menyampaikan keistimewaan dari amalan-amalan sunah yang dapat memotivasi seseorang untuk melaksanakan amalan-amalan sunah. Sehingga seseorang yang melaksanakan amalan-amalan tersebut berdasarkan hadis sahih dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena sudah mengetahui keutamaannya dari hadis tersebut.

 Kesahihan hadis yang terdapat dalam kitab Khazīnat al-Asrār Jalīlat al-Ażkār berdasarkan standar kriteria jumhur ulama hadis menyatakan bahwa hadis-hadis tersebut tidak mencapai derajat sahih. Melainkan hadis-hadis di dalamnya didominasi oleh hadis hasan dan ḍa’īf. Dari sejumlah hadis yang dijadikan sampel dalam penelitian ini membuktikan bahwa hadis yang berderajat hasan ada 14 hadis, hadis yang berderajat ḍa’if ada hadis 24 hadis, dan hadis yang mencapai derajat ṣaḥīḥ hanya 8 hadis. Tetapi, menurut al-Nāzili hadis dalam kitab Khazīnat al-Asrār merupakan hadis-hadis sahih berdasarkan standar kriteria yang ia miliki.

 

 

Abstract viewed: 1661 times | PDF downloaded = 2033 times

References

Abdullah, Wahyu Hidayat, dkk, 2014, Pengaruh Muhammad Haqqi al-Nazilli (m. 1884) Terhadap Amalan Keagamaan Masyarakat Melayu, Jurnal GJAT, Vol. 4 Issue 2, Desember.

Abdulllah bin Al-Mubārak, 1987, Musnad Abdullah bin Al-Mubārak, Riyāḍ: Maktabah Al-Ma’ārif.

Aceh, Abubakar, 1996, Pengantar Ilmu Tarekat, Solo: Ramadhani.

Al-Albānī, Muhammad Nāṣiruddīn, 2004, Silsilatul Aḥādiṡiḍ Ḍa’īfah wal Mauḍū’ah wa Aṡaruhās Sayyi` fil Ummah, Jilid 13, Riyāḍ: Maktabah Al-Ma’arif.

-------, Tamāmul Minnah fit Ta’līqi ‘Ala Fiqhis Sunnah, t.tp: Dārur Rāyah, t.t.

Al-Anṣārī, Sirājuddin Umar bin ‘Ali bin Ahmad, 1992, Al-Muqni’ fī ‘Ulūmil Ḥadīṡ, Jilid 1, Saudi Arabia: Dar Fawwāz.

Antonio, Muhammad Syafii, 2012, Ensiklopedia Peradaban Islam Istanbul, Jilid 7, Jakarta: Tazkiya Publishing.

Al-Asqalāni, Ibnu Hajar, 1984, An-Naktu ‘Alā Kitābi Ibniṣ Ṣalāḥ, Jilid 1, Madinah: Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah As-Sa’ūdiyah Al-Jāmi’ah Al-Islāmiyah.

Al-Bagdādī, Abū Bakr Ahmad bin ‘Ali bin Ṡābit al-Khaṭīb, 2001, Tārīkhu Madīnatis Salām: wa Akhbāru Muḥaddiṡīhā wa Żikru Quṭṭānihal ‘Ulamā` min Ghairi Ahlihā wa Wāridīhā, Jilid 8, Beirut: Darul Gharbil Islāmī.

Al-Bagdādī, Ismā’il Bāsyā, Hadiyatul ‘Ārifīn Asmāul Mu`allifīn Aṡārul Muṣannifīn, Jilid 2, Beirut: Dār Ihyāit Turāṡ al-Arabiyyah, t.t.

Al-Baihaqī, Abu Bakar Ahmad bin Al-Husain, 2003, Al-Jāmi’ li Syu’abil Īmān, Jilid 4, Riyāḍ: Maktabah Ar-Rusyd.

Barr, Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul, 1967,At-Tamhīd limā fil Muwaṭṭa` minal Ma’ānī wal Asānīd, Jilid 6, Riyāḍ: Dārul Hadīṡ.

Al-Bustī, Abū Ḥātim Muhammad bin Ḥibbān, 1987, Al-Ihsān fī Taqrībi Ṣaḥīḥ ibn Ḥibbān, Jilid 3, Beirut: Muassasah Ar-Risalah.

-------, 1973, Kitābuṡ Ṡiqāt, Jilid 6, India: Maṭba’ah Majlis Ma’ārif Al-‘Uṡmāniyah.

Ad-Dailamī, Abū Syujā’ Syīrawaih bin Syahradār bin Syīrawaih, 1987, al-Firdaus bi Ma`ṡūril Khitāb, Jilid 1, Beirut: Darul Kutub Ilmiah.

Al-Haitamī, Syihabuddin Ahmad bin Hajar, 1324 H, Kitab al-Khairātul Ḥisān fī Manāqibil Imām al-A’ẓam Abu Ḥanīfah an-Nu’mān, Mesir: Maṭba’ah as-Sa’ādah.

Halim, Abdul, 2014, Aswaja Politisi Nahdlatul Ulama: Perspektif Hermeneutika Gadamer, Jakarta: LP3ES.

Ibn Syāhīn, Abu Hafṡ Umar bin Ahmad bin ‘Uṡmān, 1995, At-Targhīb fi Faḍāilil A’māl wa Ṡawāb Żālik, Jilid 1, Riyāḍ: Dar Ibn al-Jauzī.

Ismail, Syuhudi, 1995, Hadis Nabi Menurut Pembela, Pengingkar, dan Pemalsunya, Jakarta: Gema Insani Press.

Kahālah, Umar Riḍā, 1993, Mu’jamul Mu`allifīn Tarājīm Muṣannifil Kutubil Arabiyah, Jilid 3, Beirut: Muassasah Ar-Risalah.

Khaeruman, Badri, 2004, Otenstisitas Hadis: Studi Kritis Atas Kajian Hadis Kontemporer, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Mazī, Jamāluddin bin Abu Al-Hajjāj Yūsuf, 1985, Tahībul Kamāl fī Asmā`ir Rijāl, Jilid 6, Beirut: Mu`assasatur Risālah.

Mujibatun, Siti, 2014, Paradigma Ulama dalam Menentukan Kualitas Hadis dan Implikasinya dalam Kehidupan Umat Islam, ANALISIS: Jurnal Keislaman, Volume 14, Nomor 1, Juni.

Mulyati, Sri (et.al), 2006, Mengenal & Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah di Indonesia, Jakarta: Kencana.

An-Nawawi, Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf, 1971, Al-Ażkar An-Nawawi, Damaskus: Maṭba’ah Al-Mallah.

-------, 1996, at-Tibyān fī Ādābi Ḥamalatil Quran, Beirut: Dār Ibnu Ḥazm.

An-Nāzilī, Muhammad Haqqī Khazīnatul Asrār Jalīlatul Ażkār, t.tp: Al-Haramain, t.t.

Aṣ-Ṣan’āniy, Muhammad bin Ismā’īl Al-Amīr Al-Husni Tauḍīḥul Afkār li ma’ānī Tanqīḥil Anẓār, Madinah: Al-Maktabah As-Salafiyah, t.t.

Sarkīs, Yūsuf Ilyān, Mu’jamul Maṭbū’ātil Arabiyyah wal Mu’arrabah,, Kairo: Maktabah Aṡ-Ṡaqāfah Ad-Diniyyah, t.t.

As-Suyūṭī, Jalāluddin Abdurrahmān bin Abu Bakr, 1431 H, Tadrīburrāwī fī Syarhi Taqrībin Nawāwī, Jilid 1, Beirut: Dār Ibn Hazm. Aṭ-Ṭabrānī, Abu al-Qāsim Sulaimān bin Ahmad, Al-Mu’jam Al-Kabīr, Jilid 12, Kairo: Maktabah Ibn Taimiyah, t.t.

Aṭ-Ṭabrānī, Abul Qāsim Sulaimān bin Ahmad, 1995, Al-Mu’jamul Awsaṭ liṭ Ṭabrānī, jilid 5, Kairo: Darul Al-Haramain.

At-Tahānawī, Ẓafar Ahmad Al-‘Uṡmānī Qawā`idu fī ‘Ulūmil Ḥadīṡ, Beirut: Maktabah Al-Maṭbū’āt Al-Islamiyah, t.t.

Aṭ-Ṭarīfī, Abdul Aziz bin Marzūq, 2011, Ażkāruṣ Ṣabāh wal Masā` Riwayah wa Dirayah, Riyadh: Darul Manāhij.

Al-Qāsimī, Muhammad Jamāluddīn, 2004, Qawā’idut Taḥdīṡ min Funūni Muṣṭalaḥil Ḥadīṡ, Beirut: Muassasatur Risālah Nāsyirūn.

Az-Zuhrī, Abul Faḍl Ubaidillah bin ‘Abdurraḥmān , 1998, Ḥadīṡ Az-Zuhrī, Jilid 1, Riyāḍ: Aḍwāus Salaf.

Downloads

Published

2018-05-19

Issue

Section

Articles