Signifikansi Hadis-Hadis Memanah Dalam Tinjauan Teori Ma’na-Cum-Maghza

Muhammad Syachrofi
* Fakultas Ushuluddin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI: https://doi.org/10.14421/livinghadis.2018.1692

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menggali signifikansi hadis-hadis tentang anjuran memanah, di mana saat ini kebanyakan orang memahaminya sebagai sunah normatif. Teori yang penulis gunakan adalah teori ma’na-cum-maghza, yaitu teori interpretasi yang menyeimbangkan antara pembacaan makna literal (al-ma’na al-ashli) dan pesan utama (al-maghza). Berdasarkan aplikasi dari teori tersebut didapatkan hasil bahwa makna literal (al-ma’na) hadis-hadis tentang memanah merupakan anjuran Nabi yang bersifat targhib (motivasi) untuk para sahabat agar selalu latihan memanah sebagai upaya mempersiapkan kekuatan untuk memerangi orang-orang non-muslim yang memusuhi umat Islam saat itu. Sedangkan pesan utama (signifikansi; maghza) hadis-hadis tersebut adalah menganjurkan umat Islam untuk membangun kekuatan yang mampu mengatasi musuh-musuh umat Islam sesuai konteksnya. Dalam konteks sekarang musuh umat Islam adalah kemiskinan dan kebodohan, maka senjata yang paling efektif untuk memberantaskannya adalah pendidikan dan ilmu pengetahuan.

 


Keywords


hadis; ma’na-cum-maghza; memanah; signifikansi

Full Text:

PDF

References


al-Bakri, M. ’Ali. (2004). Dalil al-Falihin li Thuruq Riyadh al-Shalihin (Vol. 7). Beirut: Dar al-Ma’rifah.

al-Hajjaj, M. I. (1991). Sahih Muslim. (M. F. ’Abd al-Baqi, Ed.). Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiyyah.

al-Hakim, M. ibn A. (2002). al-Mustadrak ’Ala al-Shahihain (Vol. 2). Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

al-Muzhhiri, al-H. ibn M. (2012). al-Mafatih fi Syarh al-Mashabih (Vol. 4). Kuwait: Dar al-Nawadir.

al-Nawawi, Y. ibn S. (t.t.). al-Minhaj Syarh Shahih Muslim (Vol. 13). Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-’Arabi.

al-Qari, ’Ali bin Muhammad. (2002). Mirqah al-Mafatih Syarh Misykah al-Mashabih (Vol. 6). Beirut: Dar al-Fikr.

al-Qazwini, M. I. Y. (1952). Sunan Ibn Majah. (M. F. ’Abd al-Baqi, Ed.). Cairo: Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiyyah.

al-Qurthubi, A. al-’Abbas A. (1996). al-Mafham li ma Asykal min Talkhis Kitab Muslim (Vol. 3). Beirut: Dar Ibn Katsir.

al-Sijistani, A. D. (1997). Sunan Abi Dawud. (’Izzat ’Ubaid Da’as & ’Adil al-Sayyid, Ed.) (Vol. 3). Beirut: Dar Ibn Hazm.

al-Syaukani, M. (1993). Nail al-Authar. (’Isham al-Din al-Shababathi, Ed.) (Vol. 8). Mesir: Dar al-Hadits.

al-Tirmidhi, M. I. ’Isa. (1937). Sunan al-Tirmidhi. (I. ’Atwah, Ed.) (Vol. 4). Cairo: Mustafa al-Babi al-Halabi.

al-Shan’ani, M. (2011). al-Tanwir Syarh al-Jami’ al-Shaghir. (M. Ishaq, Ed.) (Vol. 2). Riyad: Dar al-Salam.

Artanayasa, I. W. (2014). Panahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fauzan, S. I. (1423). al-Mulakhash al-Fiqhi (Vol. 2). Riyadh: Dar al-’Ashimah.

Hanif, M. (2017). Hermeneutika Hans-Georg Gadamer dan Signifikansinya Terhadap Penafsiran Alquran. MAGZĀ: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 2(1), 93–108. https://doi.org/10.24090/magzā.v2i1.1546

Hitti, P. K. (2005). History of The Arabs; From the Earliest Times to the Present. (R. C. L. Yasin & D. S. Riyadi, Penerj.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Irawan, D. (2014). Kontroversi Makna dan Konsep Jihad dalam Alquran Tentang Menciptakan Perdamaian. RELIGI JURNAL STUDI AGAMA-AGAMA, 10(1), 67–88. https://doi.org/10.14421/rejusta.2014.1001-05

Ismail, M. S. (1994). Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual; Telaah Ma’ani tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporal dan Lokal. Jakarta: Bulan Bintang.

Kholis, N. (2014). Pendidikan Islam dalam Usaha Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.549

Manzhur, I. (t.t.). Lisan al-Arab. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS.

Nurcholis, M. (2013). Reorientasi Jihâd Fî Sabîlillah; Menimbang Kebodohan dan Kemiskinan Sebagai Musuh Bersama. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(2), 22–38.

Panahan. (2018). Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Diambil dari https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Panahan&oldid=14346579

Prakosa, H. (2011). Penyingkapan Makna: Sekedar Kembali ke Maksud Pengarang? (Pokok-poko Pemikiran E.D. Hirsch Jr. Tentang Interpretasi. Dalam S. Almirzanah & S. Syamsuddin (Ed.), Upaya Integrasi Hermeneutika Dalam Kajian Alquran dan Hadis (Teori dan Aplikasi) (2 ed.). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga.

Syalbi, A. Z. (2012). Tarikh al-Hadharah al-Islamiyyah wa al-Fikr al-Islami. Kairo: Wahbah.

Syamsuddin, S. (2017). Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Nawesea Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Syachrofi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed By:

 

 

 

 

Jurnal Living Hadis

ISSN 2528-7567  |   E-ISSN 2548-4761

Accredited by Director General of Research and Development Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia. Decree No: 36/E/KPT/2019

 

Creative Commons License

This work is licensed under 
a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International(CC BY-NC-SA 4.0).