Game Online Teka-Teki Silang dengan Software Hot Potatoes 6 untuk Mendukung Pembelajaran Ilmu Hadis
DOI:
https://doi.org/10.14421/livinghadis.2019.1777Keywords:
Software, game, teka-teki silang, ilmu hadis.Abstract
Sebagai software yang sengaja dibuat oleh pengembangnya (Universitas Victoria, Kanada) untuk keperluan pendidikan, Hot Potatoes telah dimanfaatkan para praktisi pendidikan (baik guru maupun dosen) untuk membantu pembelajaran di kelas dari berbagai lintas ilmu. Artikel ini menjelaskan tentang plausibilitas penggunaan Software Hot Potatoes untuk membuat game atau permainan interaktif teka-teki silang untuk mendukung pembelajaran ilmu hadis.
Sebagai software yang sengaja dibuat oleh pengembangnya (Universitas Victoria, Kanada) untuk keperluan pendidikan, Hot Potatoes telah dimanfaatkan para praktisi pendidikan (baik guru maupun dosen) untuk membantu pembelajaran di kelas dari berbagai lintas ilmu. Artikel ini menjelaskan tentang plausibilitas penggunaan Software Hot Potatoes untuk membuat game atau permainan interaktif teka-teki silang untuk mendukung pembelajaran ilmu hadis.
References
Yusring Sanusi Baso, “Materi Pelajaran Interaktif” dalam “Jurnal Nadiy al-Adab Tahun ke 4, Nomor 1, Pebruari 2006.
Encep Amir, dkk, “Pengembangan Web Assessment Dengan Hot Potatoes” Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, Vol. 1 No. 1 Mei 2013, hlm. 86
historia.id, diakses via http://seputarsulawesi.com/berita-sejarah-mendatar-menurun-pada-tts.html, pada 1 Februari 2017
Lihat https://hotpot.uvic.ca/wintutor6/tutorial.htm, diakses 1 Februari 2017
Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan PPPK Petra, “Tutorial Hot Potatoes,” dalam http://tutorial.pppkpetra.or.id/etutor/hotpotatoes/hotpotatoes.pdf, diakses
http://ttsindonesia.com/blog/2015/05/8-manfaat-bermain-teka-teki-silang-bagi-kesehatan/, diakses 2 Februari 2017
Umi Proboyekti, “User Interface Design (UID)” bahan kuliah didownload dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/uid.pdf, 1 februari 2017
http://life.viva.co.id/news/read/176502-efek-buruk-main-teka-teki-silang, diakses 2 februari 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.