Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim)

Authors

  • Fitriana Firdausi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03

Abstract

Menghafal al Qur’an merupakan kegiatan yang terkesan sangat berat dan membosankan. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai monoton dan hanya mengaktifkan belahan otak kiri. Berbagai macam metode pun coba diteorikan dan dipraktekkan oleh para h{a>fiz} demi membuat proses tersebut terasa lebih ringan, atau bahkan menyenangkan. Salah satu metode yang belum lama ini ditemukan adalah metode Ilham. Keberadaan metode ini menjadi solusi atas kebuntuan yang dihadapi para penghafal al Qur’an. Metode ini berupaya uuntuk memadukan beberapa metode sehingga proses menghafal tidak membosankan. Metode ini juga berusaha mengaktifkan belahan otak kiri dan otak kanan sekaligus sehingga diharapkan bisa diterapkan kepada penghafal al Qur’an dengan semua tipe belajar.
Kata kunci: Tahfidz al Qur’an, Metode Ilham, Kecerdasan Majemuk
Abstract viewed: 2454 times | PDF downloaded = 7456 times

References

As}baha>ni>, Abu Nu’aim al. al Musnad al Mustakhraj ‘ala> Sahi>h Muslim li Abi> Nu’aim, http://library.islamweb.net/hadith/hadithsearch. php

Atabik, Ahmad. “The Living Qur’an: Potret Budaya Tahfidz al Qur’an di Nusantara”. dalam Jurnal Penelitian. Vol. 8, no. 1, 2014

Bukha>ri>, Muh}ammad bin Isma>il al>. S}ahi>h al Bukha>ri. http://library.islamweb.net/hadith/hadithsearch.php

Fathoni, Ahmad. Kaidah Qira’at Tujuh menurut Thariq al Syathibiyyah. Jakarta: Yayasan Bengkel Metode Maisura, 2016

Gardner, Howard. dkk. Intelligence: Multiple Perspective. USA: Thomson, 1996

Gede, Fithriani. “Implementasi Metode Takrar dalam Pembelajaran Menghafal al Qur’an”. dalam Jurnal Ilmiah Didaktika. vol. 14, no.2

Hafidz, Ahsin W al. Bimbingan Praktis Menghafal al Qur’an. Jakarta: Bina Aksara, 2005

Hakim, Lukman dan Ali Khosim. Metode Ilham: Menghafal al Qur’an serasa Bermain Game. Bandung: Humaniora, 2016

http://jsit-indonesia.com/2017/03/14/sukseskan-munas-4-jsit-indonesia/

http://www.rumahtahfidz.or.id/content.php?ct=berita&idb=1

Jalil, Abdul. “Sejarah Pembelajaran al Qur’an di Masa Nabi Muhammad SAW”. dalam Insania. vol. 18, no. 1, 2013

Jasmine, Julia. Metode Mengajar Multiple Intelligence. terj. Purwanto. Bandung: Nuansa Cendekia, 2012

Khoeron, Moh. “Benang merah Huffadz di Indonesia”. dalam Suhuf: Jurnal Kajian al Qur’an dan Kebudayaan. vo. 4, no. 2, 2011

Muhammad, Ahsin Sakho’. “Menghafal al Qur’an serasa Bermain Game”. dalam Muqaddimah Metode Ilham: Menghafal al Qur’an serasa Bermain Game. Bandung: Humaniora, 2016

Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an

Vol. 18, No. 2, Juli 2017 71

Qat}t}an, Manna’ al. Maba>h}is| fi> ‘Ulu>m al Qur’a>n. ttp: Mansyu>ra>t al ‘As}r al H}adi>s|, 1990

Quzwaini>, Abu> Abdulla>h Muh}ammad bin Yazi>d bin Abdulla>h bin Ma>jah al. Sunan Ibn Ma>jah, http://library.islamweb.net/hadith/hadithsearch.php

Shihab, M. Quraish. Tafsir al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al Qur’an. vo. 6. Jakarta: Lentera Hati, 2011

Solso, Robert L. dkk. Psikologi Kognitif. terj. Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Jakarta: Erlangga, 2007

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks, 2010

Suyu>t}i>, Jala>luddi>n ‘Abd al Rah}ma>n bin Abi> Bakr al. al Itqa>n fi> ‘Ulu>m al Qur’a>n. Beirut: Da>r al Kutub al ‘Ilmiyyah, 2012

Zarqa>ni>, Muh}ammad ‘Abd al ‘Az}i>m al. Mana>hil ‘Irfa>n fi> ‘Ulu>m al Qur’a>n. Beirut: Da>r al Kutub al ‘Ilmiah, 2010

Downloads

Published

02-07-2017

How to Cite

Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(2), 189–210. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03

Issue

Section

Articles