PENGARUH AKSESIBILITAS DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH: STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS DIFABEL BLORA MUSTIKA

Authors

  • Tufy Supriyanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2018.42-07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh aksesibilitas dan persepsi kualitas pelayanan sebagai variabel independen terhadap minat menabung sebagai variabel dependen di Perbankan Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Data yang diperoleh berasal dari 40 kuesioner yang disebar kepada anggota aktif Difabel Blora Mustika dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square pada tabel Adjusted R Square menunjukkan angka 0,177. Hal ini berarti bahwa variabel dependen (minat menabung) dipengaruhi oleh variabel independen (aksesibilitas dan persepsi kualitas pelayanan) sebesar 17,7% dan sebesar 82,3%  (100% - 17,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,010 artinya variabel dependen (minat menabung) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (aksesibilitas dan persepsi kualitas pelayanan). Secara parsial berdasarkan hasil uji T variabel aksesibilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, sedangkan variabel persepsi kualitas pelayanan menunjukkan hasil yang positif dan signifikan yang berarti berpengaruh signifikan terhadap minat menabung.

Abstract viewed: 989 times | PDF downloaded = 1531 times

References

Abu Ahmadi, Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Buchari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Crow dan Crow, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu, 1980.

Erwan Agus Purwanto et al, Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media, 2012.

Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik: (Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya), Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Imam Ghazali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Jalaludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.

Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gama Insani, 2001.

Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan Syariah dan Kelembagaannya, diakses melalui https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan Kelembagaan.aspx, pada tanggal 05 Februari 2019 pukul 19:19 WIB.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2018.

Tjiptono Fandy dan Gregorius Candra, Service, Quality Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Supriyanti, T., & Fatimah, S. (2018). PENGARUH AKSESIBILITAS DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH: STUDI PADA ANGGOTA KOMUNITAS DIFABEL BLORA MUSTIKA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 4(2), 231–249. https://doi.org/10.14421/jmd.2018.42-07

Issue

Section

Articles