PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH PADA KONSENTRASI MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN ISLAM (MLKI) DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)
DOI:
https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%25xAbstract
Penelitian ini akan mengangkat mengenai perbedaan tingkat kepuasan
mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah pada konsentrasi MLKI dan
MSDM. Dimana pelayanan yang diberikan oleh Jurusan Manajemen
Dakwah menjadi sorotan utama. Pelayanan yang berkualitas tentunya
berdampak baik serta dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada
mahasiswa sedangkan pelayanan yang buruk tentunya akan berdampak
pada tingkat kepuasan yakni menimbulkan ketidakpuasan. Dalam
mengukur pelayanan yang diberikan oleh Jurusan Manajemen Dakwah
dilihat dari lima dimensi kualitas jasa, dengan indikatornya bukti langsung
(tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (reponsiveness), jaminan
(assurance), dan empati (emphaty). Penelitian ini menunjukkan manahasiswa jurusan manajemen dakwah
pada kedua konsentrasi paling banyak menyatakan cukup memuaskan pada
dimensi tangible. Pada dimensi reliability tingkat kepuasan mahasiswa
Jurusan Manajemen Dakwah konsentrasi MLKI dan MSDM terjadi
perbedaan. Hal ini disebabkan oleh dosen yang mengampu konsentrasi MLKI
dan MSDM mempunyai kehandalan yang berbeda dalam mengajar. secara
umum konsentrasi MLKI dan MSDM menyatakan cukup memuaskan
berdasarkan dimensi responsiveness. Pada dimensi assuranceantara
konsentrasi MLKI dan MSDM tidak ada perbedaan yang signifikan karena
kedua konsentrasi tersebut paling banyak responden menyatakan cukup
memuaskan dari pernyataan yang diajukan.
Kata Kunci :Kepuasan dan Jurusan Manajemen Dakwah
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).