PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH PADA KONSENTRASI MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN ISLAM (MLKI) DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)

Authors

  • Hanifah Nur’aini
  • Siti Fatimah

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%25x

Abstract

Penelitian ini akan mengangkat mengenai perbedaan tingkat kepuasan
mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah pada konsentrasi MLKI dan
MSDM. Dimana pelayanan yang diberikan oleh Jurusan Manajemen
Dakwah menjadi sorotan utama. Pelayanan yang berkualitas tentunya
berdampak baik serta dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada
mahasiswa sedangkan pelayanan yang buruk tentunya akan berdampak
pada tingkat kepuasan yakni menimbulkan ketidakpuasan. Dalam
mengukur pelayanan yang diberikan oleh Jurusan Manajemen Dakwah
dilihat dari lima dimensi kualitas jasa, dengan indikatornya bukti langsung
(tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (reponsiveness), jaminan
(assurance), dan empati (emphaty). Penelitian ini menunjukkan manahasiswa jurusan manajemen dakwah
pada kedua konsentrasi paling banyak menyatakan cukup memuaskan pada
dimensi tangible. Pada dimensi reliability tingkat kepuasan mahasiswa
Jurusan Manajemen Dakwah konsentrasi MLKI dan MSDM terjadi
perbedaan. Hal ini disebabkan oleh dosen yang mengampu konsentrasi MLKI
dan MSDM mempunyai kehandalan yang berbeda dalam mengajar. secara
umum konsentrasi MLKI dan MSDM menyatakan cukup memuaskan
berdasarkan dimensi responsiveness. Pada dimensi assuranceantara
konsentrasi MLKI dan MSDM tidak ada perbedaan yang signifikan karena
kedua konsentrasi tersebut paling banyak responden menyatakan cukup
memuaskan dari pernyataan yang diajukan.
Kata Kunci :Kepuasan dan Jurusan Manajemen Dakwah

Abstract viewed: 431 times | PDF downloaded = 1354 times

Downloads

How to Cite

Nur’aini, H., & Fatimah, S. (2015). PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH PADA KONSENTRASI MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN ISLAM (MLKI) DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM). JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 1(1). https://doi.org/10.14421/jmd.2015.%x

Issue

Section

Articles