PENGARUH KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN NASABAH: STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT DANA INSANI GUNUNGKIDUL

Authors

  • Maya Lestari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Rosyid Ridla Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-05

Abstract

KSPPS BMT Dana Insani merupakan salah lembaga keuangan terbesar yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Kinerja karyawan bagi BMT menjadi hal yang penting untuk di perhatikan, karena pada tingkat organisasi sasaran kinerja dapat dirumuskan dalam bentuk laba (profit), pengembalian modal, hasil penjualan (sales turnover), income generation, pangsa pasar, pengembangan hasil produksi (inovasi), kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan penurunan biaya atau penghematan. Jasa pelayanan dibutuhkan karena secara individu terbatas kemampuannya atau waktunya. Setiap individu menginginkan jasa pelayanan yang diterima, dirasakan sesuai dengan ekspektasinya (harapannya). Nasabah pada umumnya mengharapkan mendapatkan perlakuan pelayanan yang sama dari setiap bank dan mendapat pelayanan yang sama terhadap siapapun juga. Pelayanan yang diberikan diharapkan akan semakin lebih memuaskan dan berkualitas dibandingkan dengan pelayanan instansi atau aparat lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kinerja karyawan yang mempengaruhi kualitas pelayanan kepada nasabah di  KSPPS BMT Dana Insani Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah karyawan KSPPS BMT Dana Insani Gunungkidul baik karyawan cabang maupun karyawan kantor pusat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus, yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara keseluruhan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Selain kuisioner penelitian ini juga didukung dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kinerja karyawan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan nasabah dengan persentase sebesar 36,6%. Sedangkan 63,4% kualitas pelayanan di KSPPS BMT Dana Insani Gunungkidul dipengaruhi oleh faktor lain yaitu adanya reward, kenaikan jabatan dan tuntutan dari organisasi.

Keyword: Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan, KSPPS BMT Dana Insani

 

Abstract viewed: 716 times | PDF downloaded = 668 times

References

Anwar Prabu Mangkunegara, Sumber Daya Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Bayu Mitra A. Kusuma dan Ihsan Rahmat, “Indigenous Performance Management: Menelusuri Praktik Kinerja dalam Perspektif Islam dan Lokalitas”, dalam Bayu Mitra A. Kusuma dan Ihsan Rahmat (eds.), Mozaik Islam dan Manajemen Kinerja, Yogyakarta: Samudra Biru dan MD UIN Sunan Kalijaga, 2018,

Fandi Tjiptono, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Hardiyansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Imam Al Ghazali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: BP UNDIP, 2005.

Inten Pratiwi, “Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung”, Skripsi, Bandung: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan, 2017.

Muhammad Ridwan, Manajemen BMT, Yogyakarta: UII Press, 2004.

Ratminto dan Atik Septi, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju, 2001.

Singgih Santoso, Mastering SPSS Versi 19, Jakarta: Elek Meida Komputindo, 2011.

Sofyan Siregar, Statistik Problematik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Stephen P. Robbins, Perilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh, Jakarta: Indeks, 2006.

Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2003.

Surya Dharma, Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori, dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Lestari, M., & Ridla, M. R. (2020). PENGARUH KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN NASABAH: STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT DANA INSANI GUNUNGKIDUL. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 6(2), 243–255. https://doi.org/10.14421/jmd.2020.62-05

Issue

Section

Articles