PERBANDINGAN PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Shirley Khumaidah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Keywords:

Ibnu Khaldun, Imam al-Ghazali, Pendidikan Islam

Abstract

Ibnu Khaldun dan al-Ghazali adalah pemikir- pemikir Islam yang sangat masyhur dikalangan masyarakat luas, dari pemikir muslim sampai non muslim. Pemikiran Ibnu Khaldun yang tertuang dalam kitabnya, yaitu Muqaddimah banyak menjadi referensi orang-orang dalam menetapkan sistem pendidikan Islam yang ideal. Corak pemikirannya yang mengalami percampuran antara al-Ghazali dan Ibnu Ruysd membuatnya mempunyai pemikiran baru yaitu rasionalisti-sufistik. Dalam pemikiran tersebut Ibnu Khaldun mendudukan secara proposional antara wahyu dan rasio. Kemudian, pemikiran-pemikiran al-Ghazali yang telah dituangkan disetiap karyanya, membuat banyak pemikir lainnya baik muslim maupun non muslim menjadikannya rujukan dan juga menerjemahkan karyanya dalam bahasa mereka. Corak pemikirannya yang berupa sufistik, banyak memperngaruhi karya-karyanya juga memperngaruhi pemikirannya tentang pendidikan yang ideal menurutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shirley Khumaidah, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Mahasiswa pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2019

References

A. Mukti Ali. Ibnu Khaldun Dan Asal-Usul Sosiologinya. Yogyakarta: Yayasan Nida, 1970.

Abd. Moqsith Ghazali. “Corak Tasawuf Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Konteks Sekarang.” al-Tahrir vol 13, no. 1 (Mei 2013).

Abdul Qoyum. Surat-SUrat al-Ghazali Terj. Haidar Baqir. Bandung: Mizan, 1985.

Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Raja GRafindo Persada, 2005.

———. Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Islam. Jakarta: PT.Raja GRafindo Persada, 2003.

Ahmad Syar’i. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.

Ali Abdul Wahid Wafi. Ibnu Khaldun Riwayat Dan Karyanya. Jakarta: Grafiti Press1, 1985.

al-Rasyid, and Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005.

At-Toumy. Manusia Dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Pustaka al-Husna, 1989.

Bagas Mukti Nasrowi. “Konsep Pendidikan Islam Prespektif Kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No. 2 (Desember 2017).

Djalaludin, and Usman Said. FIlsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Raja GRafindo Persada], 1994.

fathiyyah Hasan Sulaiman. Pandangan Ibnu Khaldun Tentang Ilmu Dan Pendidikan, Terj. Herry Noer Ali. Bandung: CV. Diponegoro, 1987.

Hafidz Hasyim. Watak Peradaban Dalam Epistemologi Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Harun Nasution. Falsafat Dan Mistisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Ibnu Khaldun. Muqaddimah, Terj. Akhmad Thoha. Cet II. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1986.

Imam Syafe’i. Konsep Guru Menurut Al-Ghazali. Cet ke-10. Yogyakarta: Duta Pustaka, 1992.

Juwariyah. “Ibnu Khaldun Dan Pemikirannya Tentang Filsafat Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Islam Vol 4, No. 1 (2008).

M. Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Muh. Barid Nuzaruddin Wajdi. “Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah.” Jurnal Lentera Vol 1, No. 2 (September 2015).

Mujahidin Muhayan. Jalan Menuju Penyucian Jiwa Terj. Ihya’ Ulumuddin. Cet II. Jakarta: Pene Pundi Aksara, 2010.

Muzayyin Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.

Ramayulis, and Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan Dan Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Siti Rohmah. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern.” Forum Tarbiyah Vol. 10, No. 2 (Desember 2012).

Yayat Hidayat. “Pendidikan Dalam Prespektif Ibnu Khaldun.” STITNU al-Farabi Pangandaran (n.d.).

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Khumaidah, S. (2022). PERBANDINGAN PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 4(2), 144–176. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2160

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 2188 times | pdf downloaded = 1467 times