Etika Bisnis Islam Kejujuran Menurut Persepsi At-Thabary dan Al-Qurtuby

Authors

  • Ibnu Haitam STIT Madani Yogyakarta

Abstract

Dalam perkembangan kontemporer ini, dunia Islam sedang melewati salah satu fase sejarah dunia yaitu masa krisis global.
Di tengah krisis global dengan sistem kontemporer yang bebas nilai dan hampa nilai, dominasi pusaran paham kapitalis dan
sosialis, kita menemukan Islam sebagai suatu sistem yang mampu memberikan daya tawar positif, dengan menghadirkan
nilai-nilai etika dan moral yang lengkap serta mengajarkan semua dimensi kehidupan. Etika bisnis Islam kejujuran adalah
prinsip yang sangat penting untuk dipegang teguh oleh ekonom Islam karena hal ini dalam rangka mentaati saturan Allah
ta’ala. Allah ta’ala telah memerintahkan seorang muslim untuk bersikap jujur dan meninggalkan ketidakjujuran. Etika bisnis
Islam kejujuran merupakan bentuk bertaqwa kepada Allah ta’ala yang akan mengantarkan pelaku bisnis dalam berbagai
kebaikan dan membuahkan ketaqwaan dan akhirnya mengantar pada surga. Ketika pelaku bisnis tidak menjalankan etika bisnis
Islam kejujuran maka akan menyebabkan keburukan dan pada akhirnya akan mengantar pada neraka.

Keyword: Kejujuran, Etika Bisnis Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Ibnu Haitam. (2022). Etika Bisnis Islam Kejujuran Menurut Persepsi At-Thabary dan Al-Qurtuby. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 3(2), 315–334. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2731

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 49 times | pdf downloaded = 2114 times