KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN MORAL: Studi Komparasi antara Al Zarnuji dan John Locke

Authors

  • Rubini STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Abstract

Al Zarnuji dan John Locke merupakan tokoh internasional, memiliki karya yang sangat banyak dan menjadi referensi utama bagi para sarjana di Seluruh negara. Mereka memiliki pemikiran pendidikan moral yang akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemikiran pendidikan moral Al Zarnuji dan John Locke, apa persamaan dan perbedaan pemikiran pendidikan moral antara Al Zarnuji dan John Locke. Jenis penelitian ini adalah Library Research ( Kajian Pustaka) dengan pendekatan historis dan filosofis. Tekhnik pengumpulan data dengan dokumentasi. Hasil penelitian konstruksi pemikiran Al Zarnuji adalah mengukur prestasi siswa harus dilihat dari moralnya, Siswa yang prestasi belajarnya baik adalah siswa yang secara moral baik, tetapi tidak sebaliknya, artinya siswa yang moralnya baik belum tentu prestasi belajarnya baik. Sedangkan siswa yang secara moral dianggap kurang, senantiasa prestasi belajarnya tidak baik. Sedangkan konstruksi pemikiran pendidikan moral John Locke adalah moral merupakan bentukan dari masyarakat, sedangkan masyarakat merupakan gabungan dari individu yang membentuk suatu komunitas sosial ketergantungan antara satu dengan lainnya. Persamaan pemikiran mereka adalah Moral merupakan hal yang paling penting dalam diri manusia, memiliki pengaruh yang sangat besar dalam keberlangsungan hidupnya. Sedangkan perbedaannya adalah pemikiran pendidikan Al Zarnuji Moral dalam menuntut ilmu, lebih aplikatif sedangkan John Locke Moral secara umum, kurang aplikatif.
Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan Moral, Akhlak, Etika, Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Rubini. (2022). KONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN MORAL: Studi Komparasi antara Al Zarnuji dan John Locke. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 3(2), 421–462. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2736

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 63 times | pdf downloaded = 117 times