Announcements

Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat merupakan jurnal Asosiasi Peneliti Agama-agama yang bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jurnal Panangkaran mengundang para peneliti, akademisi, dan praktisi dari berbagai bidang keilmuan sosial keagamaan dan keilmuan yang berkaitan lainnya untuk berpartisipasi dalam penerbitan jurnal Volume 5, Juni & Desember 2021 dengan mengirimkan naskah baik berupa hasil riset dan makalah ilmiah, teoritis ataupun studi kasus dalam berbagai isu-isu sosial keagamaan.

PETUNJUK PENULISAN JURNAL PANANGKARAN:

1. Artikel yang dikirimkan adalah artikel asli, tidak mengandung plagiasi dan belum pernah diterbitkan atau diterima untuk diterbitkan, atau sedang dalam pertimbangan untuk penerbitan di jurnal manapun.

2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris menggunakan bahasa akademik dengan standar struktur dan susunan tulisan akademik (diketik dengan font Times New Roman dengan ukuran 12).

3. Susunan artikel meliputi:

  • Judul: Singkat, jelas dan fokus  (maksimal 14 kata)
  • Nama: Nama Penulis dan asal lembaga
  • Abstrak: Abstrak dalam bahasa Inggris diketik  1 spasi ± 250 kata memuat pikiran pokok (main ideas) antara lain: hipotesis, subyek penelitian, metode dan hasil penelitian
  • Bagian I Pendahuluan: Mencakup pengantar, permasalahan, kerangka teori yang dipakai diketik 1,5  spasi
  • Bagian II Metode Penelitian: Mencakup teknik pengumpulan data dan analisis data diketik 1,5 spasi
  • Bagian III Hasil dan Pembahasan: Hasil temuan ± 15 halaman diketik 1,5 spasi
  • Bagian IV Simpulan: Simpulan ± 2 halaman diketik 1,5 spasi
  • Kepustakaan: Kepustakaan diketik  1 spasi
  • Biodata Penulis: Biodata diketik 1 spasi
  • template dapat diunduh di sini

Catatan tambahan:

  1. Artikel merupakan hasil penelitian sosial keagamaan atau isu-isu yang berkaitan
  2. Artikel merupakan karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan
  3. Panjang artikel antara 20 – 25 halaman
  4. Penulis menyerahkan soft copy dengan tipe file .doxc melalui online jurnal system Jurnal Panangkaran (ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/panangkaran
  5. Sumber kutipan ditulis dalam bentuk in note

Contoh:   

Kutipan Buku:  Fazlur Rahman. 1979. Islam, Chicago: The University of Chicago Press, 21.

                       ditulis : (Rahman, 1979: 21)

Kutipan Internet: Muhammd, “Ekonomi Islami:  Redefinisi Sistem, Ilmu dan Metodologi”, dikutip dari: http:/www.msi-uii.net/ -artikel108/ accesed 29 Oktober 204.

  1. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama Penulis, tahun penerbitan, judul buku/majalah/jurnal, kota terbit dan nama penerbit.

Contoh:

Abu Bakar, Ibrahim. 2002. "Scientific and Critical Thinking in al Ghazali’s Thought” dalam Millah Jurnal Studi Agama. Yogyakarta: Magister Studi Islam UII.

Atkins, William, H., 1994. “Multicultural Education: Toward a Historical and Political Inquiry” dalam Journal Winter Online. Illinois University of Illinois, Number 1 volume 44.

Rambe, Ropaun. 2001. Teknik Praktek Advokat, JakartaGrasindo.

Wahyudi, Jarot. Dkk (ed), 2003. Menyatukan Kembali Ilmu-Ilmu Agama dan Umum: Upaya Mempertemukan Epistemologi Islam dan Umum, Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.

E-mail :panangkaran@uin-suka.ac.id

Hp : 082242810017

CALL FOR PAPERS

 

Edisi 2021, Volume 5
Juli & Desember 2021

 
Posted: 2021-01-29 More...
 
1 - 1 of 1 Items