Anak dan Pendidikan Ruhiyah dalam Keluarga (Studi Pemikiran Khalid Ahmad Al-Syantut)
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.2017.0101-06Keywords:
Spiritual Education, Children, FamilyAbstract
Like an adult, in general a child has several senses of humanity (spiritual, intellectual, physical, and social) that each sense should acquire proper education. This paper discusses the spiritual education should be done by the family for children. The way offered by Khalid Ahmad al-Syantut can be used as a reference for educating the children's spiritual. The aspect of spiritual ideally is placed on the main priority in educating children, as the sense of spiritual has prominent role in strengthening the other senses of humanity. A strong soul will produce positive energy. On the contrary, a weak soul will weaken the whole other senses of humanity.
[Anak seperti manusia dewasa pada umumnya memiliki beberapa sisikemanusiaan dalam dirinya (ruhiyah, fikriyah, jasadiyah, dan ijtimaiyyah). Dimana setiap sisiharus mendapatkan pendidikan yang tepat dan benar. Tulisan ini membahas tentang pendidikan ruhiyah bagi anak yangseharusnya dilakukan oleh keluarga.Cara yang ditawarkan oleh Khalid Ahmad al-Syantut bisa dijadikan salah satu rujukan dalam mendidik sisi ruhiyah anak. Aspek ruhiyahidealnya ditempatkan pada prioritas pertama dalam mendidik anak,karena sisi ruhiyah memiliki peran yang sangat sentral dalam menguatkan sisi kemanusian yang lain. Ruh yang kuat akan menebarkan energi positif. Sebaliknya ruh yang lemah akan melemahkan seluruh sisi kemanusian lainnya.]
Downloads
References
Al-Mubarakfuri, Shofiyyurrahman. Al-Rahiq Al-Makhtum, Sirah Nabawiyah. (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1997).
Ibrahim Anis, at.al.,Al Mu’jam Al Wasith. (Mesir: Dar Al-Kutub Wa Al Wastaiq Al-Qaumiyah, 1972)
Alquran dan Terjemahnya. (Bandung: Syamil, 2009)
Ali Hasyimi, Muhammad. Muslimah Ideal, Pribadi Islami dalam Alquran dan Sunnah. (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004)
Ahmad, al-Syantut Khalid. Al Muslimun Wa At- Tarbiyah Al-‘Askariyyah. (Madinah:1989)
Ali As-Shabuni, Muhammad. At Tibyan Fii ‘Ulum Al Qur’an.I. K. A.Indonesia.1985
Al Jazairi, Abu Bakar. Minhaj Al Muslim. (Surakarta: Insan Kamil, 2012)
Nasir As Sa’di, Abdurrahman. Taisiir Al Kariim Al Rahman Fii Tafsir Kalam Al Mannan.
Nawawi, Imam. Al Adzkar An Nawawiyah. (Semarang: Toha Putra)
Nawawi, Imam. Hadist Al Arbain Al Nawawiyah, Terjemah Hadis Arba’in An Nawawi.(Semarang: Pustaka Nuun, Cet. VI, 2016)
Mulyanto, Kisah-Kisah Teladan untuk Keluarga. (Jakarta: Gema Insani Press, 2004)
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. (Bantul: LKiS, 2009)
Sholeh,Moh. dan Musbikin, Imam. Agama Sebagai Terapi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
Takariawan, Cahyadi. Pernik-Pernik Rumah Tangga Islami. Tatanan dan Peranannya Dalam Kehidupan Masyarakat. (Solo: Era Intermedia,2005)
Ulwan, Nasih. Pendidikan Anak Dalam Islam. (Tahqiq: Ihsan Al ‘Utaibi)
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. (Jakarta: Hidakarya Agung, 1989)
www.wikipedia.org (diakses tanggal 11 September 2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.

