Representasi Gaya Hidup Wanita Muslim Indonesia dalam Iklan Televisi
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-02Keywords:
Representation, Muslim Women, Television Cosmetic CommercialAbstract
Wardah cosmetic products heavily use television advertisements in promoting their products. Wardah’s “In My Life” advertisements show the public a particular representation of the lifestyles of Indonesian Muslim women. In this study, it was seen how the advertisements showedIndonesian Muslim women carrying out their daily activities. Through the semiotic method it was found that Muslim women in Indonesia are shown to have an active and dynamic lifestyle in carrying out various activities. All activities were still carried out using Muslim clothing and veils, but the use of Muslim clothing and headscarves was tailored to the type of activity being carried out. This is indicated by various types of Muslim clothing and models of hijabs that the models used when doing several different activities.
[Produk kosmetik Wardah gencar menggunakan iklan televisi dalam mempromosikan produknya. Melalui iklan televisi Wardah versi in my life menampilkan kepada masyarakat tentang representasi gaya hidup wanita muslim Indonesia. Dalam penelitian ini dilihat bagaimana wanita muslim Indonesia dalam akifitas kesehariannya ditampilkan dalam iklan. Melalui metode semiotika ditemukan bahwa wanita muslim di Indonesia ditampilkan memiliki gaya hidup aktif dan dinamis dalam melakukan berbagai aktivitas. Segala aktivitas tetap dilakukan dengan menggunakan pakaian muslim dan berjilbab. Namun penggunaan pakaian muslim dan jilbab tersebut disesuaikan dengan jenis aktivitas yang dilakukan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai jenis pakaian muslim dan model jilbab yang digunakan wanita sebagai model iklan tersebut saat melakukan beberapa aktivitas yang berbeda.]
Downloads
References
Assael, Henry. 1984. Consumer Behavior and Marketing Action.Second Edition. California: Kent Publishing co
Barnard, Malcolm. 1996. Fashion as Communication. London: Routledge
Baldwin, Huntley. 1989. How to Create Effective TV Comercials. Illionis: NTC Business Books.
Brenner. Suzzane. 1996. Reconstructing Self and Society: Javanese Muslim Women and “the
Veil” dalam American Enthologist, Vol. 23, No. 4. American Anthropological
Association. Diunduh melalui link http://links.jstor.org/sici?sici=00940496%28199611%2923%3A4%3C673%3ARSASJM%3E2.0.CO%3B2-N
Burton, Graeme. 2000. Membincangkan Televisi, Yogyakarta: Jalasutra
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: PT. LkiS
Fiske, John. 1987. Television Culture. New York: Routledge.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran 2, Edisi, Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo
Lusri Virga, Rika. 2014. Dakwah Islam dalam Pembentukkan Moral Anak di Iklan Televisi. Jurnal ActaDurna Vol 10 No 2. Diunduh melalui link http://komunikasi.unsoed.ac.id/sites/default/files/DAKWAH%20ISLAM%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20MORAL%20ANAK%20DI%20IKLAN%20TELEVISI%20%28%20Rika%20Lusrivirga%20%29.pdf
Minor, M. dan Mowen, John, C. (2002), Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan), Erlangga, Jakarta
Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. 2004, Reka Reklame, Sejarah Periklanan Indonesia 1744 – 1984. Yogyakarta: Galangpress
Ratna Novinian, 2012. Religi Siap Saji: Pentas Agama di Layar Kaca. Yogyakarta: Bursa Ilmu Noviani.
Suratno, B., & Rismiati, C. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius. Yogyakarta
Tester, Keith.2009. Immortalitas Media. Yogyakarta: Juxtapose.
Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Yasraf Amir Piliang. 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya dan Matinya Makna. Bandung: Pustaka Matahari.
Website
http://bmtkhalifa.com/jadi-syari-tak-berarti-merugi/,
http://www.marketing.co.id/wardah-lari-kencang-bersama-komunitas/
http://enikkirei.multiply.com/journal/item/12/Jenis_Iklan_dan_Contohnya. update tanggal, 2 mei
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.