Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif

Authors

  • Nur Hidayat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03

Keywords:

KKN, Integrative, Interconnected, Creative, Innovative, and Productive

Abstract

 

This research took place in three hamlets; Nganti, Menguri, and Sebatang located in Hargotirto in theregion of Kokap in Kulonprogo. This research stems from the community service known as KKN (Kuliah Kerja Nyata or Work-Study in the Field) that is integrated-interconnected and based on the development of productive, innovative, and creative communities. Work programs include social religious programs, government administration, education, public health, and the local economy. This research is a collaborative study between the students of the 96th batch and PGMI S2 FITK lecturers of UIN Sunan Kalijaga,Yogyakarta. Data is obtained from the research results of observation, interviews, and documentation. This research model needs to be developed for the campus environment as a form of the Tri Dharma of Higher Education; education, research, and service for integrated and interconnected communities.

[Penelitian ini mengambil lokasi di tiga pedukuhan, yaitu Pedukuhan Nganti, Menguri dan Sebatang desa Hargotirto, kokap, Kulonprogo. Penelitian ini merupakan pengembangan dari pengabdian pada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Bentuk KKN yang di maksud adalah Model Kuliah Kerja Nyata yang terintegratif-interkonektif berbasis pada pengembangan masyarakat yang produktif,  inovatif dan kreatif. Program kerja yang digarap meliputi, program sosial keagamaan, administrasi pemerintahan, pendidikan, kesehatan masyarakat, dan perekonomian rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi antara mahasiswa KKN Angkatan 96 dengan dosen dan mahasiswa PGMI S2 FITK UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model penelitian ini perlu dikembangkan untuk dunia kampus sebagai bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang terintegratif dan interkonektif.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Salehudin. 2016. Pelaksanaan KKN Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dalam Menopang Transformasi Masyarakat (Sebuah Rintisan Pendekatan Participatory Action Research), JurnalVolume 16, Nomor 2, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Amin Abdullah. 2008. Desain Pengembangan Akademik IAIN menuju UIN Sunan Kalijaga: dari Pendekatan Dikotomis-anatomis ke Arah integratif-interdisiplinary dalam Bagir, Zainan Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dumasari. 2014. DinamikaPengembanganMasyarakatPartisipatif. Yogyakarta: pustakapelajar.

Edi Suharto. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Laxy J. Muleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosadakarya.

--------------------. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Burhan Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Matthew B. Miles & AS. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.

------------. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian Pengantar. Jakarta: Bina Aksara.

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2019-05-29

How to Cite

Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219–238. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 1828 times | PDF downloaded = 4785 times