Kontribusi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Studi Disabilitas di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0301-05Keywords:
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Disability Studies, Inclusive Education, Research and Publication, Inclusive Higher EducationAbstract
Sunan Kalijaga State Islamic University (UIN Sunan Kalijaga) Yogyakarta declared its commitment to become an inclusive university in 2007 with the establishment of its Centre for Disability Studies and Services (now Centre for Disability Services). As a higher education institution, this commitment should be reflected on its organizational structure as well as its three main missions, i.e. teaching and learning, research and publication, and community service and engagement. This study was aimed at examining and mapping UIN Sunan Kalijaga’s contribution to research and publication in the field of disability studies and inclusive education. A mixed-method approach was employed to collect data. Item pooling was conducted through literature study and structured interviews as well as focus group discussion. This was followed by a systematic content analysis to answer the main research question: in what forms has UIN Sunan Kalijaga contributed to research and publication in this field. A further analysis was conducted to examine the extent of its contribution in terms the number and kinds of research and publications and their impact to the academic world.
[Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menyatakan komitmennya untuk menjadi universitas inklusif pada tahun 2007 dengan pendirian Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (sekarang Pusat Layanan Disabilitas). Sebagai lembaga pendidikan tinggi, komitmen ini harus tercermin pada struktur organisasinya serta tiga misi utamanya, yaitu pengajaran dan pembelajaran, penelitian dan publikasi, serta layanan dan keterlibatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memetakan kontribusi UIN Sunan Kalijaga untuk penelitian dan publikasi di bidang studi disabilitas dan pendidikan inklusif. Pendekatan metode campuran digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Pengumpulan dilakukan melalui studi literatur dan wawancara terstruktur serta diskusi kelompok yang terfokus. Penelitian diikuti oleh analisis konten sistematis untuk menjawab pertanyaan penelitian utama: dalam bentuk apa UIN Sunan Kalijaga berkontribusi untuk penelitian dan publikasi dalam bidang ini. Analisis lebih lanjut dilakukan untuk memeriksa sejauh mana kontribusinya dalam hal jumlah dan jenis penelitian dan publikasi serta dampaknya terhadap dunia akademik.]
Downloads
References
Agus, Mulyanto. “Pemetaan Penelitian Berbasis Integrasi-Interkoneksi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Menggunakan Database Management System.” Kaunia Jurnal Sains dan Teknologi 3, no. 2 (2 Oktober 2007): 139–65.
Andayani. Model Pembelajaran Kampus Inklusif. Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Ayo Kuliah. “Beasiswa Pena Inklusi 2019 Bagi 12 Mahasiswa Terpilih | Informasi Beasiswa | AyoKuliah.id.” Diakses 22 November 2019. https://ayokuliah.id/artikel/informasi-beasiswa/beasiswa-pena-inklusi-2019/.
INKLUSI: Journal of Disability Studies. “Editorial Policies.” Diakses 22 November 2019. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/about/editorialPolicies#focusAndScope.
Isnanto, Muh. “Pemetaan Tema Penelitian Pada Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 1991 - 2012 Mapping of Research Theme at Research Institution Uin Sunan Kalijaga 1991-2012.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 3, no. 1 (31 Agustus 2017): 51–65. https://doi.org/10.18784/smart.v3i1.471.g292.
“Jadwal dan Ruang Panel ICODIE.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/2018/11/jadwal-dan-ruang-panel-icodie.html.
Lukman, Fadhli. “Integrasi-Interkoneksi Dalam Studi Hadis Disertasi Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” RELIGIA, 20 Februari 2017, 1–11. https://doi.org/10.28918/religia.v19i2.746.
Maftuhin, Arif. Epistemologi Tafsir Akademis: Studi Kritis Atas Penafsiran Al-Qur’an Dalam Diseratas-Disertasi Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga (1989-2002), 2003.
———. Masjid Ramah Difabel. Yogyakarta: LKiS, 2019.
———. Melawan Mustahil: Kisah Sembilan Difabel Melewati batas Kemungkinan. Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2019.
Muslih, Mohammad. “Tren Pengembangan Ilmu Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 12, no. 1 (3 Juni 2017): 103–39. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.1.103-139.
“PLD UIN Sunan Kalijaga.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/search?q=relawan.
“PLD UIN Sunan Kalijaga.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/search?q=monthly.
“Riset.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/p/riset.html.
Ro’fah. Fikih (Ramah) Difabel. Yogyakarta: Q Media dan Jurusan Perbandingan Mazhab, 2015.
Ro’fah, Andayani, dan Muhrisun. Membangun Kampus Inklusif: Best Practices Pengorganisasian Unit Layanan Difabel. 1 ed. Yogyakarta: Pusat Studi dan Layanan Difabel, 2010.
“Sejarah.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/p/sejarah.html.
Tim Relawan PLD. Menemani Difabel: Coretan pena Relawan PLD. Yogyakarta: Mahaka, 2019.
“UIN Sunan Kalijaga Raih Inclusive Education Award.” Diakses 22 November 2019. http://pld.uin-suka.ac.id/2013/11/uin-sunan-kalijaga-raih-inclusive.html.
www.uin-suka.ac.id. “Core Values UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Diakses 22 November 2019. http://www.uin-suka.ac.id/id/page/universitas/61-corevalues.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.