Two Faces of Veil in the Quran: Reinventing Makna Jilbab dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Maqāshidi dan Hermeneutika Ma’nā cum Maghzā
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0302-05Keywords:
Maqashidī, Ma’nā cum Maghzā, HijabAbstract
Contemporary Qur’an and Hadith scholars are challenged in their way to develop comprehensive research while observing the realia in a multidisciplinary and cognitive perspective so that authoritative and arbitrary interpretations would not appear. This article examines the theory of Maqāshid al-Qur’an and Ma’nā cum Maghzā promoted by two scholars, Abdul Mustaqim and Sahiron Syamsuddin, especially in the context of reinventing the meaning of jilbab/hijab. The validity of Maqashidī and Ma’nā cum Maghzā interpretation is equivalent based in its process on identifying values of the Qur’anic text to develop moral-based interpretations. Through the maqāshidi interpretation approach, the development of hijab is observed as an effort of protection, prevention the rights of the mind, soul, body, family, financial, and ishahah to the legal, political, and sharia implications. On the other side, through the Ma’nā cum Maghzā approach, the development of hijab has experienced the axiological shift from ethical values to aesthetic one so that societal reception on its magnificence and sublimities have changed its position from within the fundamental-productive aspects of hifzh al-nasl which were originally istihsan towards dharuriyyat. Interpretation products emerged from the methodology of Maqāshidi and Ma’nā cum Maghzā are inclined to the conclusion that the use of the hijab in Indonesia needs to be adjusted to the needs of the community which underlining the dimensions of temporality and locality, so that an interpreter needs to observe the ahhām marhaliyāt (temporal law) philosophically, critically, and contextually.
[Sarjana Alquran dan Hadis kontemporer dituntut untuk mengembangkan kajian yang komprehensif dengan mengamati realita dalam perspektif multidisiplin dan rasional sehingga tafsir otoritatif dan sewenang-wenang tidak akan muncul. Artikel ini membahas teori Maqāshid al-Qur’an dan Ma’nā cum Maghzā yang dikemukakan oleh dua ulama, Abdul Mustaqim dan Sahiron Syamsuddin, terutama dalam konteks memaknai kembali arti jilbab/ hijab. Validitas interpretasi Maqashidī dan Ma’nā cum Maghzā dalam hal ini setara kedudukannya berdasarkan prosesnya dalam mengidentifikasi nilai-nilai teks Alquran untuk mengembangkan interpretasi berbasis moral. Melalui pendekatan interpretasi maqāshidi, pengembangan jilbab diamati sebagai upaya perlindungan, pelanggaran hak-hak pikiran, jiwa, tubuh, keluarga, keuangan, dan ishahah terhadap implikasi hukum, politik, dan syariah. Di sisi lain, melalui pendekatan Ma’nā cum Maghzā, pengembangan jilbab telah mengalami pergeseran aksiologis dari nilai-nilai etis ke nilai estetika sehingga penerimaan masyarakat atas kemegahan dan keagungannya telah mengubah posisinya dari dalam aspek fundamental-produktif dari hifzh al-nasl yang awalnya istihsan menuju dharuriyyat. Produk tafsir yang berasal dari metodologi Maqāshidi dan Ma’nā cum Maghzā cenderung pada kesimpulan bahwa penggunaan jilbab di Indonesia perlu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang menggarisbawahi dimensi temporalitas dan lokalitas, sehingga seorang penafsir perlu mengamati ahhām marhaliyāt (hukum temporal) secara filosofis, kritis, dan kontekstual.]
Downloads
References
Abdullah. (2013). Metodologi Penafsiran Kontemporer: Telaah Pemikiran Sahiron Syamsuddin Tahun 1990-2013 [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga]. http://digilib.uin-suka.ac.id/12918/
Abdullah, M. A. (2012a). Metode Kontemporer dalam Tafsir Al-Qur’an: Kesalingkaitan Asbab al-Nuzul al-Qadim dan al-Jadid dalam Tafsir Al-Qur’an Kontemporer. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, 13(1), 1–21.
Abdullah, M. A. (2012b). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif (2x0.072 ABD i c.15). Pustaka Pelajar.
Abdullah, M. A. (2019). Memaknai Al-Ruju’ ila Al-Qur’an wa al-Sunnah: Dari Qira’ah Taqlidiyyah ke Tarikhiyyah-Maqashidiyyah. Dalam S. Almirzanah (Ed.), Kitab Suci dan Para Pembacanya. Stelkendo.
al-Maraghi, A. M. (1987). Tafsir al-Maraghi. Toha Putra.
al-Qurthubi, I. (2009). Tafsir al-Qurtubi. Pustaka Azam.
Arkoun, M. (1994). Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru. INIS.
ar-Rifa’i, M. N. (2012). Kemudahan dari Allah: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 3). Gema Insani.
’Asyur, M. T. ibn. (2012). Maqashid al-Syari’ah al-Islamiyyah (Nasyr Musytarak). Dar Suhnun li al-Nasyr wa al-Tawzi’.
Auda, J. (2008). Maqasid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. International Institute of Islamic Thought (IIIT).
Badruzaman, A. (2014). Dari ‘Illah ke Maqasid: Formula Dinamisasi Hukum Islam di Era Kekinian melalui Pengembangan Konsep Maqasid. Ijtihad : Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 14(1), 65–80. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v14i1.65-80
Dewi, O. S. (2013). Hijab I’m in Love! Mizania.
Fadl, K. A. E. (2014a). Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority and Women. Oneworld Publications.
Fadl, K. A. E. (2014b). Reasoning with God: Reclaiming Shari‘ah in the Modern Age. Rowman & Littlefield.
Fadl, K. A. E. (2009). The Great Theft: Wrestling Islam from the Extremists. Harper Collins.
Gadamer, H.-G. (2010). Truth and Method (A. Sahidah, Penerj.; Cetakan II). Pustaka Pelajar.
Hallaq, W. B. (2011). Maqasid and the Challenges of Modernity. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 49(1), 1–31. https://doi.org/10.14421/ajis.2011.491.1-31
Hamidi, A. al-Karim al-. (2007). Al-Madkhal ila Maqashid al-Qur’an. Maktabah al-Rusyd.
Hanafi, H. (2000). Islam in the Modern World. Dar Kebaa.
Makluf, L. (2004). Al-Munjid fi al-Lughah wa al-Adab wa al-A’lam. Matba’ah al-Istiqamah.
Mokhtar, A. I., & Albaraka, J. I. (2016). Publications in the Maqasid Al-Shari’ah. Global Journal Al-Thaqafah, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.7187/GJAT12120160602
Mustaqim. (2013). Maqasid al-Shari‘ah sebagai Filsafat Hukum Islam: Pendekatan Sistemik Versi Jasser Auda. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 6(1), 1–19.
Mustaqim, A. (2007). Epistemologi Tafsir Kontemporer: Studi Komparatif antara Fazlur Rahman dan Muhammad Syahrur (Disertasi). UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/14300/
Mustaqim, A. (2019, April 29). Pancasila dalam Perspektif Tafsir Maqashidi. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga. http://iat.uin-suka.ac.id/
Putri, W. E. (2010). Hermeneutika Hadis Fazlur Rahman. Dalam Hermeneutika Al-Qur’an dan Hadis (hlm. 325–345). Elsaq Press.
Rahman, F. (2017). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. University of Chicago Press.
Schleiermacher, F. (1996). On Religion: Speeches to Its Cultured Despisers. Cambridge University Press.
Schleiermacher, F. (1998). Hermeneutics and Criticism: And Other Writings. Cambridge University Press.
Shahab, H. (2013). Hijab Menurut Al-Qur’an dan Sunnah: Pandangan Muthahhari dan Al-Maududi. Mizania.
Shahrour, M. (1992). Al-Kitab wa Al-Qur’an: Qira’ah Mu’ashirah. Al-Ahaly.
Shahrour, M. (2018). Prinsip dan Dasar Kermeneutika Hukum Islam Kontemporer (S. Syamsuddin & B. Dzikri, Penerj.). Kalimedia.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.
Siauw, F. Y. (2013). Yuk, Berhijab! Mizania.
Suryadi. (2002). Pemahaman Hadis Kontemporer Muhammad Al-Ghazali. Dalam Tafsir Baru Studi Islam dalam Era Multi Kultural (hlm. 101–121). Panitia Dies Natalis IAIN SUKA dan Kurnia Kalam Semesta.
Syafei, Z. (2017). Tracing Maqasid al-Shari‘ah in the Fatwas of Indonesian Council of Ulama (MUI). JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM, 11(1), 99-124–124. https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.1.99-124
Syamsuddin, S. (1999). An Examination of Bint Al-Shāti’s Method of Interpreting the Qur’ān (XXI). Indonesian Academic Society.
Syamsuddin, S. (2009). Die Koranhermeneutik Muhammad Sahrurs und ihre Beurteilung aus der Sicht muslimischer Autoren: Eine kritische Untersuchung. Ergon.
Syamsuddin, S. (2017). Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an (II). Pesantren Naweswa Press.
Syathibi, A. I. al-. (2004). Al-Muwāfaqāt fi Ushūl al-Syarī’ah. Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.
Wahyudi, Y. (2007). Maqashid Syari’ah dalam Pergumalan Politik: Berfilsafat Hukum Islam dari Harvard ke Sunan Kalijaga. Pesantren Nawesea Press.
Wahyudi, Y. (2015). Hukum Islam: Antara Filsafat dan Politik. Pesantren Nawesea Press.
Zarkasyi, M. ibn. (2006). Al-Burhan fi Ulum al-Qur’an (Vol. 2). Dar al-Hadist.
Zayd, N. Ḥāmid A. (2004). Rethinking the Qur’ān: Towards a Humanistic Hermeneutics. University of Humanistics.
Zuhdi, N. (2019). Dinamika Studi Al-Qur’an dan Tafsir di Perguruan Tinggi Islam Negeri: Telaah Disertasi Studi Al-Qur’an dan Tafsir pada Program Doktor PAscasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1984-2013 [Ringkasan Disertasi]. UIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.