Akhlak Guru dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Pesantren Menurut Kitab Adab Ad - Dunya Wa Ad - Diin

Authors

  • Siti Chusnit Tamamir Rodhiyah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Moh Aan Khunaifi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.14421/panangkaran.2021.0501-04

Keywords:

Akhlak, Teacher, Learning, Boarding School.

Abstract

Humans have been equipped with a mind, to develop these minds humans must have a high willingness to learn. In the learning process must pay attention to manners / morals, not only students, teachers also have to pay attention to these morals. From this background, researchers are interested in conducting research that aims to understand more about the morals or manners of teachers in carrying out learning activities and their application in learning in Islamic boarding schools. In this study, researchers used a qualitative descriptive research method. The data collection method used by researchers is by conducting interviews with one of the sources to obtain clear information. From the results of the interview, the researcher concluded that there were 13 adab that the teacher had to pay attention to when the teaching and learning process took place, especially in the pesantren environment.

[Manusia telah dibekali akal pikiran. Untuk megembangkan akal pikiran tersebut manusia harus memiliki kemauan belajar yang tinggi. Dalam proses belajar-mengajar harus memperhatikan adab/akhlak, tidak hanya anak didik saja, namun guru juga harus mempehatikan akhlak. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk memahami lebih lanjut mengenai akhlak atau adab guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran serta penerapannya dalam pembelajaran di pondok pesantren. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan peneliti adalah dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang jelas. Dari hasil kegiatan wawancara tersebut peneliti menyimpulkan bahwa terdapat 13 adab yang harus diperhatikan guru ketika berlangsungnya proses belajar mengajar terutama di lingkungan pesantren.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mawardi, Abu Hasan Ali bin Muhammmad bin Habib. 1994. Adab Ad-dunya Wa Ad-din. Tahqiq. Libanon: Dar Al-Fikr.

A-Mawardi, Imam; Ahmad Farid Nazori; Tim Sahara. 2009. Jalan Meraih Kebahagiaan Dunia & Akhirat / Imam Al-Mawardi; penerjemah, Ahmad Farid Nazori; penyunting, Tim Sahara. Jakarta: Sahara Intisan.

Alquran Karim

Baderun. 2019. Konsep Etika Pendidikan Menurut Imam Al - Mawardi Di Dalam Kitab “Adab Ad Dunya Wa Ad – Din”. Jurnal Al-Fitrah. 1(1) : 98-102.

Dwilaksono, Erry Fujo, M. Miftahul Ulum, Nuraini. 2020. Pemikirian Kh.Hasyim Asy'ari Tentang Pendidikan Akhlak Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia (Telaah Kitab Âdâb al-Âlim wa al-Muta'allim). Jurnal Mahasiswa TARBAWI : Journal on Islamic Education. 4(1) : 37-50.

Hadist Riwayat Muslim No. 1631

Harys. 2020. Triangulasi: Pengertian dan Pada Penelitian Kualitatif. JOPGlass. https://www.jopglass.com/triangulasi/. Diakses pada: 26 Juni 2021.

Husaini, Syabuddin Gade. 2018. Pengamalan Adab Guru dan Anak didik dalam Kitab Khulq ‘Azim di Dayah Darussaadah Cabang Faradis Kecamatan Panteraja Kebupaten Pidie Jaya. DAYAH: Journal of Islamic Education. 1(1) : 85-103.

Kartini, Kartono. 1986. Pengantar Metodologi Sosial, Bandung: Alumni.

Maya, Rahendra. 2017. Karakter (Adab) Guru Dan Anak didik Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. 6(12) : 21-43.

Munawaroh, Ulfatul. 2018. Hubungan Antara Tawadhu dan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Santri [skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Islam Indonesia.

Nurhamim, Ahmad K.. 2015. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din Karangan Iamam Hasan Ali Bin Muhammad Bin Habib Al-Bashari Al-Mawardi [skripsi]. Malang (ID): Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nurkamiden, Ulfa Dj.. 2016. Cara Mendiagnosa Penyakit Ujub dan Takabur. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2) : 115-126

Rahardjo, Mudjia. 2019. Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. https://www.uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html. Diakses pada 26 Juni 2021.

Shiddiq, M. Purnomo. 2021. Akhlak Guru Menurut Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Diin. Hasil Diskusi Klompok Expert Judgement.: 19 Mei 2021, Jember.

Sulistyo, Hadi. 2015. Expert Judgement. Dokumen.tips; Unknow. https://dokumen.tips/documents/expert-judgement.html. Diakses pada 26 Juni 2021.

Sumono. 2019. Adab Guru Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Al-Adab Fi Al-Diin [skripsi]. Ponorogo (ID): Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Ulum, M. Bahrul. 2009. Analisis Konsep Pendidikan Islam Al-Mawardi Dalam Kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-Diin [Skripsi]. Surabaya (ID): Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Wibowo, Hasyim. 2020. "Etika Santri Kepada Kiai Menurut Kitab Ta’lim Muta’allim Di Pp. Kotagede Hidayatul Mubtadi-Ien Yogyakarta", Panangkaran Vol. 4, No. 2.

Yovita. (2021). Teknik Triangulasi dalam Pengolahan Data Kualitatif. Dqlab.id; Kursus Data Science Online Indonesia R Python. https://www.dqlab.id/teknik-triangulasi-dalam-pengolahan-data-kualitatif. Diakses pada 26 Juni 2021.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Tamamir Rodhiyah, S. C., Khunaifi, M. A., & Radianto, D. O. (2021). Akhlak Guru dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Pesantren Menurut Kitab Adab Ad - Dunya Wa Ad - Diin. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 5(1), 64–85. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2021.0501-04

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 749 times | PDF downloaded = 553 times