Eksistensi Masyarakat dan Pengaruh Agama

Authors

  • Yakobus Adi Saingo Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.14421/panangkaran.v8i1.3101

Keywords:

Existence, Public, Religion, Agama, Eksistensi, Masyarakat

Abstract

The relationship between society and religion has experienced ups and downs, because there are members of the community who see religion as the foundation of moral and spiritual values, but there are also many people who perceive religion as a mistake that mankind believes in. But even so, the existence of society cannot be separated from religion and its influence. The existence of society is quite identical as religious beings. The purpose of this study is to find out and explain the existence of society and the influence of religion, including the existence of individuals as part of society which is quite influenced by religion, and the functions of religion, as well as the dynamics of religious theory which is quite influencing the existence of society. The research method used is literature research by collecting data from various literature such as journals published in the last 5 years. The results of the study and analysis of the data found that there were developing dynamics of religious theory that sufficiently influenced the existence of society, including: the theory of evolution, the theory of marxism, the theory of thermodynamics and the theory of liberalism. Religion also has an impact through its function for the existence of society, including: as a source of value in maintaining decency, a means of solving problems, a means of satisfying curiosity. Apart from that, in the context of the influence of religion in society, several forms of influence have been identified, namely: educative influence, giving awareness about safety, its effect as conciliation, its influence as social control, its influence in strengthening solidarity, its influence in transformative values, religious encouragement to be productive, motivation sublimative.

[Hubungan masyarakat dengan agama mengalami pasang-surut, karena ada anggota masyarakat yang melihat agama sebagai pondasi nilai moral dan spiritual, namun banyak juga kalangan masyarakat yang menganggap agama sebagai suatu kesalahan yang dipercayai umat manusia. Namun sekalipun demikian, eksistensi masyarakat tidak dapat dipisahkan dari agama dan pengaruhnya. Eksistensi masyarakat cukup identik sebagai makhluk beragama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai eksistensi masyarakat dan pengaruh agama, di antaranya eksistensi individu sebagai bagian dari masyarakat yang cukup dipengaruhi agama, dan fungsinya agama, serta dinamika teori keagamaan yang cukup mempengaruhi keberadaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature research dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur seperti buku jurnal yang diterbitkan 5 tahun terakhir. Hasil kajian dan analisis data ditemukan bahwa terdapat dinamika teori keagamaan yang berkembang sehingga cukup mempengaruhi eksistensi masyarakat, antara lain: Teori evolusi, teori marxisme, teori thermodynamics dan teori liberalisme. Agama juga berdampak melalui fungsinya bagi eksistensi masyarakat, di antaranya: sebagai sumber nilai dalam menjaga kesusilaan, sarana mengatasi permasalahan, sarana memuaskan perasaan ingin tahu. Selain itu pada konteks pengaruh agama dalam Masyarakat maka telah diketahui beberapa bentuk pengaruh, yaitu: pengaruh edukatif, memberi kesadaran tentang keselamatan, pengaruhnya sebagai pendamaian, pengaruhnya sebagai kontrol sosial, pengaruh dalam memperkuat solidaritas, pengaruhnya dalam nilai transformatif, dorongan agama untuk produktif, motivasi yang sublimatif.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., Nugraha, W., Masitoh, F., Sutiyo, & Astutik, R. (2020). Keselamatan Diri dalam Qurban Idul Adha 1441 H sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Penerbangan Palembang. DARMABAKTI: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(1), 48–61.

Abdurrahman, L. T. (2021). Interaksi Sosial Antar Pemeluk Agama di Madinah Era Nabi Muhammad SAW Perspektif Kajian Hadis. PENANGKARAN: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 5(1), 108–128.

Afadil, Rahmawati, S., & Suherman. (2021). Conceptual Changes of Students in Thermodynamics in Physical Chemistry Course Through The Implementation of Blended Learning. Jurnal Akademika Kimia, 10(3), 174–181.

Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen Dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 1–19.

Ansori, F. (2020). Agama dan Magis sebagai Acuan Masyarakat Muslim dalam Dunia Bisnis di Era Modern. PANANGKARAN: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 4(1), 49–71.

Arini, A., & Halida Umami. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. IJIES: Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 104–114.

Astikayasa, I. K. B., & Wismayanti, K. D. (2021). Konsep Penciptaan Alam Semesta dalam Ganapati Tattwa. Swara Vidya: Jurnal Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 1(2), 136–146.

Azisi, A. M. (2020). Peran Agama dalam Memelihara Kesehatan Jiwa dan Kontrol Sosial Masyarakat. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 11(2), 55–75.

Badry, I. M. S., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 573–583.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43.

Derung, T. N., Mandonza, M., Suyatno, G. A., & Mete, A. (2022). Fungsi Agama terhadap Perilaku Sosial Masyarakat. In Yheos: Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(11), 373–380.

Embu, A. N. (2018). Tubuh Religius dan Tubuh Konsumen Dalam Masyarakat “Zaman Now". JUMPA: Jurnal Masalah Pastoral, 6(1), 338–359.

Haan, A. E. M. de, & Takene, A. C. (2021). Memahami Konsep Karl Marx “Agama Adalah Candu Masyarakat” Dalam Perilaku Beribadah Jemaat Semau Utara, Klasis Semau. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosia, 8(6), 1596–1609.

Hayati, A. M. U. (2020). Shalat Sebagai Sarana Pemecah Masalah Kesehatan Mental (Psikologis). Jurnal Spiritualita, 4(2), 1–12.

Luji, D. S., Asa, P., & Leobisa, J. (2022). The Unification of Piar Hot Esen the Original Religion of Buna’Ethnic Group and the Catholic Christian Religion in the Society of Loonuna and Lutha Rato Villages, Timor Indonesia (A Pastoral Theology Study). IJLRHSS International, 5(12), 87–95.

Mannuhung, S. (2019). Penanggulangan Tingkat Kenakalan Remaja Dengan Bimbingan Agama Islam. TO MAEGA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9–16.

Masruhin, S., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Sistem Berfikir Kebenaran, Pengetahuan, Nilai (Moralitas). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 844–857.

Munajah, N. (2021). Agama dan Tantangan Modernitas. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 83–92.

Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional: Mempertegas Posisi Pesantren Dalam Mewujudkan Moderasi Keberagamaan Berbasis Kajian Islam Interdisipliner, 127–146. Kediri: Pascasarjana IAIN Kediri.

Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126.

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163–175.

Purwaningrum, S. (2019). Santri Produktif: Optimalisasi Peran Santri di Era Disrupsi. Santri Produktif: Optimalisasi Peran Santri Di Era Disrupsi, 101–116. Kediri: IAIN Kediri.

Rahmat, A. (2021). Abdulkarim Soroush dan Evolusi Pemahaman Agama: Sebuah Asumsi Dasar dalam Ijtihad. Jurnal Ijtihad, 37(2), 91–100.

Rambe, U. K. (2020). Konsep dan Sistem Nilai dalam Persfektif Agama-Agama Besar Di Dunia. Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1), 91–106.

Ramdhani, H. (2019). Realitas Elit Politik Lokal dan Persepsi Masyarakat dalam Proses Pemekaran Daerah. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 7(2), 219–226.

Riani, P., & Fitriyana, N. (2019). Sikap dalam Menghadapi Kematian Menurut Ajaran Buddha Theravada. Jurnal Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 20(1), 34–52.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review p ada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Rifa’i, M. (2018). Kajian Masyarakat Beragama Perspektif Pendekatan Sosiologis. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 23–35.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 8–25.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Studi Lintas Agama, 1(2), 29–44.

Saingo, Y. A. (2022). Tinjauan Apologetis-Teologis Terhadap Skeptisisme Ke-Tuhan-an Yesus Menurut Kitab Injil. Jurnal Luxnos, 8(2), 173–190.

Sari, D. A. (2019). Makna Agama dalam Kehidupan Modern. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 4(1), 16–23.

Setiani, R. E. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 105–116.

Situmorang, J. (2021). Mengenal Agama Manusia: Mempelajari dan Memahami Agama-agama Manusia Untuk Menciptakan Ketentraman dan Rasa Solidaritas. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1-1 8.

Syarif, M. (2023). Rasionalitas Urgensi Beragama Bagi Manusia. Tarbiyatul Aulad: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 9(1), 49–70.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

Widiyastuti, R. (2019). Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti (Mustain, ed.). Semarang: CV. Alprin.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79–96.

Zainuri, A. (2020). Narasi Perdamaian Membangun Keharmonisan Antar Pemeluk Agama di Indonesia (E. Suptianto, ed.). Kota Batu: CV. Prabu Dua Ssatu.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Adi Saingo, Y. (2024). Eksistensi Masyarakat dan Pengaruh Agama. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v8i1.3101

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 22 times | PDF downloaded = 18 times