Manajemen Keterbukaan Informasi Sekolah Guna Membangun Kepercayaan Masyarakat Dalam Pendidikan Di SDIT Qurrota A’yun Kabupaten Ponorogo

Authors

  • Riris Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.14421/panangkaran.v9i1.3239

Keywords:

Information Disclosure, Trust, Education

Abstract

The success of building public trust in education at an institution is inseparable from how that institution manages its information disclosure. This study was conducted to describe the results related to school information disclosure in order to build public trust in the educational process at SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. The method used in this study was descriptive-qualitative analysis. Data was collected through observation, interviews, school documents, and infrastructure. The results of this study indicate that information transparency in education will build trust between the school and the community, thereby indirectly attracting the community's attention to the school. At SDIT Qurrota A’yun, information transparency management is carried out by managing information policies, where the school must have information policies that are stored, accessed, and shared within the school. The school always manages information about school activities and programs, which is shared through social media and posted on the school bulletin board. The school always maintains effective communication among various parties within the school, such as students, parents, teachers, staff, and school administration, and always practices financial transparency, where the school must provide access to parents and relevant parties to understand how school funds are used and allocated. This may include the school budget, financial reports, expenditures, and revenues.

 

[Keberhasilan membangun kepercayaan masyarakat dalam pendidikan di suatu lembaga tidak lepas dari bagaimana lembaga tersebut melakukan manajemen keterbukaan informasinya. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan hasil terkait keterbukaan informasi sekolah guna membangun kepercayaan masyarakat pada proses pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-analisis kualitatif. Data yang dikumpulkan yakni melalui observasi, wawancara, dokumen-dokumen sekolah, serta sarana prasarana. Hasil dari penelitian ini yaitu keterbukaan informasi pada pendidikan akan membangun kepercayaan antara pihak sekolah dan masyarakat, sehingga secara tidak langsung akan menarik perhatian masyarakat itu sendiri terhadap sekolah tersebut. Di SDIT Qurrota A’yun manajemen keterbukaan informasi dilakukan dengan mengelola kebijakan informasi, dimana sekolah harus memiliki kebijakan informasi yang disimpan, diakses, dan dibagikan dalam sekolah. pihak sekolah selalu mengelola informasi kegiatan dan program-program sekolah, di mana informasi ini dibagikan melalui sosial media dan ditempel di mading sekolah. Pihak sekolah selalu melakukan komunikasi yang efektif antara berbagai pihak di sekolah, seperti siswa, orangtua, guru, staf, dan administrasi sekolah, dan selalu melakukan transparansi keuangan, dimana Sekolah harus memberikan akses kepada orangtua dan pihak terkait untuk mengetahui bagaimana dana sekolah digunakan dan dialokasikan. Hal ini dapat meliputi anggaran sekolah, laporan keuangan, pengeluaran, dan penerimaan.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Zaerudin, M. (2023). Transparansi Pengelolaan Program Keluarga Harapandi Kabupaten Buton Selatan. 6(1), 164–175.

Arsyad, M. (2021). Fungsi Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(2), 217–231. http://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/144

Ashfahani, S. (2019). Implementasi Keterbukaan dan Dukungan dalam Komunikasi Antarpribadi (Studi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 11(01), 187. https://doi.org/10.38041/jikom1.v11i01.69

Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 64–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444

Deraman, Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Pendidikan yang semakin meningkat. Al-Iltiza: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156–172.

Faraday, et al. (2018). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Dasar ( Studi Pada SDN Wates Kabupaten Kediri ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(11), 4777-4784ggg.

Halik, W., Nawawi, J., Rusli, A. M., & Makassar, U. H. (2022). 284-Article Text-1019-1-10-20220226. IX, 10–26.

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur’an dan Hadist). Edukasi, 04(01), 128–153.

Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat, 02(01), 1–16.

Ikhwan, A. (2019). Sistem kepemimpinan islami: instrumen inti pengambil keputusan pada lembaga pendidikan islam. Pendidikan, 3(2).

Juhji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Karismanto, Y. D., & Tanaem, P. F. (2022). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Sd Negeri Samirono Menggunakan Metode Ward and Peppard. Sebatik, 26(2), 761–767. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1884

Mahaswari, M. (2018). Keterbukaan Informasi Mengawal Pendidikan Inklusif. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1506–1518. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/206

Makmur Jaya, Evanirosa, & Marlina. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.137

Melhana, M., Tanti, R., & Yantoro, Y. (2022). Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5846–5850. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1304

Muchsinin, M. (2022). Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Pada Era Digital Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (Studi Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Pandeglang). Jurnal Governansi, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i2.4732

Nababan, S. (2020). Strategi Pelayanan Informasi untuk meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 166. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3694

Nurhatatti, Fadhillah, & HR Jauhari Ahmad. (2022). Model Transparansi Tatakelola Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Wilayah Jakarta Timur. Peningkatan Mutu Pendidikan, 9(1), 82–104.

Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/984

Purwaningsih, Y. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Borobudur Educational Review, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.31603/bedr.6546

Rahmatiah, & Nurhattati. (2022). Pengaruh Ketersediaan Informasi , Ketepatan Media Dan Aksesibilitas Informasi Terhadap Partisipasi Orang Tua. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 68–79.

Sholihin, A. (2019). Key factor keberhasilan transfer of knowledge Pendidikan Agama Islam dalam perspektif keterbukaan Informasi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 3(1), 129–136. https://doi.org/10.32616/pgr.v3.1.172.129-136

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Wijaya, W. M., & Risdiansyah, D. (2020). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah The Impact of the Implementation of Education Management Information Systems on Academic Activities in Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 129–135.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Riris. (2025). Manajemen Keterbukaan Informasi Sekolah Guna Membangun Kepercayaan Masyarakat Dalam Pendidikan Di SDIT Qurrota A’yun Kabupaten Ponorogo. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 9(1), 35–52. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v9i1.3239

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 114 times | PDF downloaded = 127 times