Relevansi Pendidikan Islam dalam Membangun Kepemimpinan Remaja di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.v9i2.4554Keywords:
Era Digital, Pendidikan Islam, Kepemimpinan RemajaAbstract
Kepemimpinan remaja di era digital menjadi isu penting karena perkembangan teknologi dan globalisasi memengaruhi pola pikir, interaksi, serta perilaku generasi muda. Kondisi ini melahirkan tantangan berupa derasnya arus informasi, penyebaran hoaks, tekanan media sosial, hingga melemahnya nilai moral dan karakter remaja. Rumusan masalah penelitian ini menitikberatkan pada pengaruh era digital terhadap pembentukan kepemimpinan remaja, tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di tengah arus globalisasi, serta perannya dalam mengembangkan kecerdasan emosional, sosial, dan etika kepemimpinan. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji bagaimana pendidikan Islam mampu merespons dampak negatif media sosial dan membentuk kepemimpinan remaja yang adaptif serta relevan dengan tuntutan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran pendidikan Islam dalam membangun kepemimpinan remaja dengan mengintegrasikan nilai agama dan keterampilan praktis sehingga mereka dapat tampil sebagai pemimpin yang bijak, adil, dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif yang menelaah literatur mengenai pendidikan Islam dan kepemimpinan remaja di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam tidak hanya dipahami sebagai sarana pengajaran agama, tetapi juga sebagai fondasi pembentukan karakter dan keterampilan sosial. Integrasi nilai-nilai Islam dengan kecakapan praktis dipandang mampu memberi arah bagi remaja dalam menghadapi arus digitalisasi, sehingga lahir kepemimpinan yang adaptif, visioner, dan bertanggung jawab di dunia nyata maupun maya.
Downloads
References
Amin, M., & Muttaqin, I. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal Di Era Digital. Arfannur: Journal Of Islamic Education, 3(1), 21–30.
Abdul Kahar, H. (2017). Pendidikan Islam: Suatu Pendekatan Integratif- Interkonektif. Jakarta: Kencana.
Alfianto, M. (2020). Nilai-Nilai Lokal Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 34-46.
Dewi, S. (2018). Pendidikan Islam Dan Tantangan Digitalisasi Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Faizah, R., & Maftuhah. (2021). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam Di Kalangan Generasi Milenial. Mumtaz : Jurnal Pendidikanagama Islam, 4(1), 167–186.
Ismael, F., & Supratman. (2023). Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan. Innovative: Journal Of Social Science Research Volume, 3(3), 4526–4533.
Mulyadi, A. (2017). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murdianto. (2024). Pendidikan karakter islami: membangun generasi berakhlak mulia di era digital. Bantul: Lembaga Ladang Kata.
Nasution, S. (2014). Pendidikan Islam: Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prabowo, S. H. (2021). Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital: Tantangan Dan Solusi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 31(2), 89-101.
Rahmawati, N. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Di Era Digital. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sari, N. P., Ramadhan, R., Wijaya, B. M., & Prasetyo, P. (2025). Pengembangan Karakter Kepemimpinan Pada Generasi Muda Di Era Digital. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 2960-2964.
Sulaiman, M. (2020). Pendidikan Islam: Landasan, Tujuan, Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsuddin, R. (2022). Membangun Kepemimpinan Remaja Dalam Konteks Pendidikan Islam. Al-Iqtishad Journal, 23(3), 102-115.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1999). The Concept Of Education In Islam. Kuala Lumpur: International Institute Of Islamic Thought And Civilization.
Wahid, H. (2019). Pendidikan Islam Dan Tantangan Globalisasi: Perspektif Dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 123-135.
Zenaida, Y. C., Ardiansyah, D., & Widodo, W. (2023). Membentuk Generasi Pemimpin Masa Depan: Eksplorasi Pendidikan Dan Pengasuhan Anak Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 257–274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Hasni, Nurhayati Nadra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.
Abstract Viewed = 12 times
|
PDF downloaded = 6 times







