Verifikasi Plagiarisme dalam Repository Tulisan Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.14421/jiska.2017.22-05Abstract
Plagiarisme merupakan pembajakan berupa fakta, penjelasan ungkapan dan kalimat orang lain secara tidak sah. Bahkan Menurut Hartanto, bahwa perilaku plagiat adalah perilaku yang biasa dijumpai dalam dunia pendidikan. Hampir semua mahasiswa mengetahui atau pernah melakukannya. Plagiarisme terjadi bukan hanya di Indonesia, pada penelitian Gaspar Pizarro V. dan Juan D. Velásquez bahwa sekitar lima puluh persen siswa di Chili telah mengambil informasi dari sumber eksternal tanpa kutipan. Mudahnya mengakses informasi dari internet merupakan salah satu penyebab utama dari kegiatan plagiarisme. Tujuan dari perancangan aplikasi verifikasi plagiarisme ini untuk meminimalisir tingkat plagiarisme di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah perancangan alur proses dan pengujian terhadap data serta implementasi menggunakan bahasa pemrograman berbasis web, seperti php,html dan jquery. Kesimpulan setelah dilakukan pengujian pada penelitian ini yaitu tingkat persentase terbesar 94,37% dari data testing/data yang diujikan terhadap karya ilmiah yang ada pada repository, sehingga aplikasi verifikasi plagiarisme ini memungkinkan dipakai untuk meminimalisir tingkat plagiarisme di pendidikan tinggiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms as stated in http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.