Efektifitas Peningkatan Kualitas Lulusan UNBK Melalui E-learning Ujian Online Menggunakan Metode LCM
DOI:
https://doi.org/10.14421/jiska.2019.41-05Abstract
Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) masih menjadi polemik bagi siswa maupun pihak sekolah yang menjadikan index kelulusan dari UNBK tersebut sebagai parameter pencitraan nama baik sekolah dan kualitas lulusan dari sekolah tersebut. Minimnya pengetahuan siswa terhadap penggunaan komputer serta akses internet yang masih belum terjangkau dikarenakan letak sekolah yang jauh dipinggiran kota menjadikan siswa – siswi pada SMAN 5 Dumai memiliki kualitas kelulusan UNBK yang cukup rendah. Untuk meningkatkan kualitas lulusan pada SMAN 5 Dumai dibutuhkan suatu aplikasi e-learning berbasis metode Linear Congruent Methods (LCM) yang dijadikan pra-ujian untuk menghadapi UNBK sebagai solusi dalam upaya peningkatan kualitas lulusan siswa nantinya. Adapun rancang bangun aplikasi tersebut menggunakan metode LCM sebagai generate pengacakan soal yang akan diujiankan,dan dengan adanya aplikasi ini diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan terbiasa dalam menghadapi ujian komputer secara online.
Kata Kunci : e-learning, kualitas lulusan, LCM
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms as stated in http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.