Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kartu Kata Bergambar pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas V di SD Negeri 1 Mendo Barat

  • Nila UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Nurjanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Puzzle, Kartu Kata Bergambar, Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terkait terhadap penilmbelajaran yang digunakan sangat sederhana seperti halnya dalam proses pembelajaran guru memanfaatkan pedoman buku-buku yang ada diperpustakaan, buku lks dan sebagainya yang dapat digunakan dalam proses mengajar.  sehingga membuat peserta didik   menjadi bosan serta ketertarikan dan minat peserta didik kurang dan sulit memahami pembelajaran saat berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengembangan media puzzle berbasis kartu kata bergambar pada materi daur hidup hewan yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) yang menggunakan model Bord and Gall terdiri dari 10 tahapan yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu interview (wawancara), kuesioner (angket), dan dokumentasi. Penilaian ahli media puzzle berbasis kartu kata bergambar sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan yang diberikan oleh ahli materi yaitu 92% (sangat layak), oleh ahli media yaitu 83,1% (sangat layak) dan oleh ahli bahasa yaitu 80% (layak). Hasil uji coba produk (skala kecil) memperoleh presentase sebesar 96,7% (sangat layak) dan hasil uji coba pemakaian (skala besar) memperoleh presentase sebesar 98,8% (sangat layak). media puzzle berbasis kartu kata bergambar pada materi daur hidup hewan yang telah dikembangkan serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Suci, dan Dahlia Patiung. “Pengembangan Media Puzzle untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Bagi Anak Usia Dini” 4 (2021): 53–65.

Darmawan, Lutfi Andi, Fine Reffiane, dan Sunan Baedowi. “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (2019): 14. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17095.

Firmansyah. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olahraga 5, no. 2 (2016): 154–64.

Herabudin. Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Husna & A. Halim Nurul, Sri Adelila Sari. “Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 4 Banda Aceh” 5, no. 1 (2017): 66–77.

Julia, Putry, dan Ati Ati. “Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 3, no. 2 (2019): 112–22.

K.Devi, Poppy. “Metode-metode dalam pembelajaran IPA,” 1 ed. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), 2010.

Kuncara, Dian Wahyu Bima. “Analisis Isi Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vii Kurikulum 2013,” 2016.

Naemah, Tien, Indri Astuti, dan Syahwani Umar. “Pengembangan Media Puzzle Untuk Kecakapan Membaca Peta Buta pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2017, 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19201/16050.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, dan Meidawati Suswandari. “Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 3 (2020): 266–67.

Pendidikan, Jurnal, Sains Indonesia, Nurul Husna, Sri Adelila Sari, dan Jurusan Kimia. “Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 5, no. 1 (2017): 66–71.

Peristiwa, Materi, Lahirnya Pancasila, dan Muatan Ips. “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan Ips.” Joyful Learning Journal 8, no. 2 (2019): 113–18. https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2.31057.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Diedit oleh IKAPI. Cetakan ke. Bandung: Alfabeta, 2013.

Syaodih, Erliany. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.” Educar 5, no. 1 (2007).

Warapsari, Diyah Ayu, and & Saptorini. “Pengembangan Contextual Puzzle Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemaran Dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup” 4, no. 1 (2015).

Widayanti, Ani. “Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar” III, no. 45 (2004): 66–70.

Yasbiati., Oyon Haki Pranata., & Fitriani Fauziyah. “Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum.” Jurnal PAUD Agapedia 1, no. 1 (2017).

Published
2021-12-10
How to Cite
Nila, & Siti Nurjanah. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kartu Kata Bergambar pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas V di SD Negeri 1 Mendo Barat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education , 1(2), 27-37. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-03
Section
Articles