Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematis pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Kepentingan resiliensi belajar dan disposisi matematika untuk dikelola dengan tepat dalam pembelajaran matematika karena diduga mempengaruhi hasil belajar matematika melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relisiliensi belajar matematika dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional-kuantitatif yang dilaksanankan pada seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Sleman tahun pelajaran 2020/2021. Sembilan puluh siswa dari 167 siswa menjadi subjek sampel pada penelitian ini. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sample yaitu simple random sampling. Penelitian ini menggunakan skala resiliensi belajar matematika, skala disposisi matematis, serta instrumen Penilaian Tengah Semester II (PTS II) sebagai instrument untuk meneliti. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan menggunakan aplikasi R. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) resiliensi belajar matematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika 2) Disposisi matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika 3) resiliensi belajar matematika dan disposisi matematis berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Ini artinya resiliensi belajar matematika dan disposisi matematis tinggi akan mengakibatkan tingginya hasil belajar matematika juga.
Downloads
Article Details
References
Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Batam. JIPMat, 1 (2), 158-164. https://10.26877//jipmat.vli2.1242
Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Roheti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembalajaran Matematika Inovatif), 3 (2), 91-98. https://10.22460/jpmi.v3i1.p91-98
Annajmi. (2018). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai. EDUMATICA: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 2. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4730
Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3 (4), 353-362. https://10.22460/jpmi.v3i4.353-362
Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. S., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP. Numeracy, 5 (1), 49-56. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/download/309/277
Creswell, J. W. (2014). Reasearch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding SENAMKU. Prosiding SENAMKU, 1, 352-364. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2757
Dirgantoro , K. P. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (2), 157-166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8. i2.p157-166
Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (2), 221-227. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/viewFile/538/479
Estri, F. K., & Ibrahim. (2021). Kecerdasan Logis Matematis dan Visual Spasial sebagai predikator hasil belajar matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 86-100. https://doi.org/10.33654/math.v7il.1146
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Herlina, E. (2013). Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif matematis melalui pendekatan APOS. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2), 169-182. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/33
Huda, A. (2019). Hubungan Disposisi Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V di SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/38535/1/14480092_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Hutauruk, A. J. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif. SEPREN: Jounal of Mathematic Education and Applied, 1 (1), 7-16. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i01.76
Ibrahim. (2012a). Pembelajaran Matematika dengan ICT Sebagai Sarana Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Menuju Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Fourier, 1 (2), 47-51. https://doi.org/10.14421/fourier.2012.12.47-51
Ibrahim. (2012b). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Infinity, 1 (1), 47-63. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p45-61
Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. , 4 (1), 39-46. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160
Ibrahim, & Suparni. (2012). Pemblejaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga.
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian . Makassar: Gunandarma Ilmu.
Iliana, M., Zuzano, F., & Netti, S. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 1 (2), 52-54. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/18129
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika., 356-360. Diambil kembali dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Kurino, Y. D. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 3 (1), 150-154. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2
Lestari, L. A., Suharto, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3 (1), 40-43. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320
Mursalin. (2016). Pembelajaran geometri bidang datar di sekolah dasar berorientasi teori balajar piaget. Jurnal Dikma, 4 (2), 250-258. http://repository.unimal.ac.id/id/eprint/2482
Selfiana, D., Nurfalah, E., & Wiratsiwi, W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Kooperatif STAD Dengan Media Video. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4 (7), 439-447.
Setiantanti, T. H. (2017). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2016/2017. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1938
Sholihatunnisa, L., Darmawansyah, M. I., Sa'adah, N., & Susilawati, W. (2018). Problematika Pendidik dan Peserta Didik Terhadap Pelajaran Matematika. Jurnal Prisma, 7 (2), 145-163. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.249
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningtyas, N. (2019). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejotangan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Moshafara , 7 (1), 85-93. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344